Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penulis Novel Terkenal Dunia yang Harus Kamu Tahu

Kompas.com - 04/04/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Hunger Games#1
Pengarang: Suzanne Collins
|
Editor Almira Rahma Natasya

Di balik kesuksesan sebuah novel, pastinya terdapat peran seorang penulis yang menciptakan cerita fiksi dan membuat pembaca tertarik serta menikmati setiap bagian dari novel tersebut.

Tidak mengherankan jika kehadiran penulis bisa dibilang sangat krusial dalam memeriahkan dunia literasi yang membutuhkan karya-karya terbaik dari para penulis yang mampu menuangkan imajinasi.

Untuk menciptakan sebuah cerita fiksi yang menarik dan membekas di ingatan pembaca, pastinya dibutuhkan perjuangan serta usaha yang tidak mudah, karena selain mengandalkan kreativitas, proses menulis sebuah novel juga memerlukan waktu, konsentrasi, dan riset yang pastinya akan sangat menguras tenaga dan emosi.

Maka saat seorang penulis mampu menyajikan cerita yang mampu menyentuh hati pembaca, tidak jarang penulis tersebut akan dengan mudah mendapatkan pembaca setia yang akan selalu menanti-nantikan karya selanjutnya.

Agar bisa mencapai di titik tersebut, seorang penulis harus mampu, baik secara fisik maupun mental, untuk menerima penolakan dari berbagai penerbit hingga menemukan jalan yang tepat bagi karya yang ingin mereka bagi kepada seluruh dunia untuk dibaca oleh banyak orang.

Berikut lima penulis novel terkenal dunia yang memiliki karya-karya fenomenal dan bisa menyentuh hati para pembaca.

5 Penulis Novel Terkenal Dunia

1. J.K. Rowling

Siapa yang tidak tahu dengan novel fantasi paling populer hingga saat ini, yaitu Harry Potter yang ditulis oleh J.K. Rowling.

Namanya sendiri sudah sangat dikenal banyak orang akibat kepiawaiannya membangun dunia sihir di dalam cerita Harry Potter.

Perjalanan J.K. Rowling sendiri tidak mudah ketika akan menerbitkan naskahnya yang sangat fenomenal ini, sebab beberapa penerbit pernah menolak Harry Potter untuk diterbitkan.

Namun kenyataannya, Harry Potter justru menjadi salah satu novel paling laris yang pernah ada, karena mempunyai world building yang begitu memikat dan menghipnotis.

2. Stephen King

Jika berbicara soal cerita fiksi horor, ilmiah, dan fantasi, nama Stephen King tidak bisa lepas dari itu semua, sebab ia sukses menjual buku-bukunya lebih dari 350 juta kopi serta sudah banyak bukunya yang telah diadaptasi ke dalam bentuk visual, baik film maupun serial televisi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Salah satu bukunya yang paling terkenal ialah Pet Semetary, yang bercerita tentang sebuah makam hewan yang terdapat di dalam hutan jauh di Maine, yang ternyata tidak setenang dan sedamai yang terlihat di permukaan.

3. Mitch Albom

Mitch Albom mampu membawa emosi dan rasa dalam setiap karyanya yang biasanya terasa sangat menyentuh di hati pembaca, sebab mampu membangkitkan sisi emosional melalui tulisan yang indah, ringan, dan dekat dengan realita sehari-hari.

Jika kamu ingin mencicipi karya Mitch Albom, Selasa Bersama Morrie bisa menjadi pilihan yang tepat karena meskipun bukan sebuah novel, tapi kisah nyata tentang sosok seorang Morrie Schwartz mampu menunjukkan betapa beruntungnya hidup Mitch Albom bisa berkenalan dengan orang tulus dan baik hati seperti Morrie Schwartz.

4. Suzanne Collins

Nama Suzanne Collins menjadi booming saat karya triloginya yang berjudul The Hunger Games mampu meledak di pasaran, karena selain mampu menyajikan petualangan menarik yang dijalani oleh Katniss Everdeen, The Hunger Games sendiri bisa membawa ikatan emosi yang kuat pada pembaca.

The Hunger Games sendiri terdiri dari tiga buku, yakni The Hunger Games, Catching Fire, dan Mockingjay yang menceritakan situasi di masa depan yang harus mengorbankan nyawa untuk bisa bertahan hidup melalui sebuah permainan maut yang meminta nyawa sebagai taruhannya.

5. Jodi Picoult

Jodi Picoult adalah salah satu penulis yang mampu membangkitkan berbagai macam emosi di dalam cerita yang ia tulis, dengan racikan berbagai ilmu medis dan hukum yang biasanya ia gabungkan.

Salah satu novelnya yang bisa kamu baca adalah Leaving Time, yang menceritakan tentang seorang anak yang mencari kebenaran akan kematian orang tuanya.

Jodi Picoult mampu menghadirkan cerita yang intens dan membuat bertanya-tanya akan apa yang sesungguhnya sedang terjadi.

Semoga informasi mengenai lima penulis terkenal dunia ini bisa memotivasi kamu untuk membaca atau menulis dengan lebih giat lagi.

Buku-buku dari para penulis novel terkenal dunia ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com