Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Positive Vibes dan Cara Kamu Bisa Menyebarkannya kepada Orang Lain

Kompas.com - 30/03/2022, 10:11 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
The Magic of Positive Thinking:…
Pengarang: Octavia Pramono
|
Editor Almira Rahma Natasya

Positive vibes merupakan sebuah istilah yang saat ini umum digunakan untuk menggambarkan energi positif yang dipancarkan oleh seseorang, sehingga orang-orang di sekitarnya bisa mendapatkan aura positif yang bermanfaat.

Seseorang dengan positive vibes biasanya banyak disukai oleh orang-orang di lingkungannya, karena kehadirannya bisa memberikan semangat kepada orang lain.

Pada dasarnya, siapa saja yang mampu untuk selalu berpikir positif dalam menghadapi berbagai situasi bisa memiliki positive vibes ini.

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyebarkan aura positif pada orang-orang di sekitar kamu.

Cara Menyebarkan Positive Vibes kepada Orang Lain

1. Tersenyum

Sebuah senyuman yang mungkin dianggap sepele bagi sebagian orang, sebenarnya memiliki "kekuatan magis" yang bisa menular kepada siapa saja yang melihatnya.

Oleh karena itu, tersenyumlah ketika bertemu atau saat berpapasan dengan orang lain.

Kemungkinan besar orang tersebut akan secara refleks membalas senyuman kamu dan bisa membuat perasaan mereka menjadi lebih baik.

2. Menyapa

Biasakanlah untuk menyapa seseorang yang kamu kenal ketika tidak sengaja berpapasan dengan mereka meskipun hanya sebentar saja.

Sapaan yang kamu berikan bisa membuat orang lain merasa bahwa dirinya dianggap dan juga dihargai.

Siapa tahu sapaan sederhana yang kamu berikan bisa membuat orang lain yang sebelumnya memiliki suasana hati kurang baik menjadi lebih senang.

3. Mengucapkan Terima Kasih

Terima kasih merupakan sebuah kata ajaib yang bisa membuat siapa pun merasa senang dan dihargai ketika mendengarnya.

Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk mengucapkan kata ini kepada siapa saja yang telah memberikan bantuan kepada kamu, bahkan sekecil apapun bentuknya.

Meskipun jika kamu sudah sangat akrab dengan seseorang, menunjukkan rasa terima kasih tetaplah hal yang penting sebagai ungkapan bahwa kamu menghargai orang tersebut.

4. Menunjukkan Bahasa Tubuh yang Terbuka

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, secara naluri manusia selalu merespon terhadap bahasa tubuh.

Hal ini menunjukkan bahwa bahasa tubuh yang kamu tampilkan juga bisa menyiratkan aura atau energi yang kamu pancarkan kepada orang di sekitar.

Jika ingin menyebarkan energi yang positif, maka sebaiknya jangan melakukan gerakan seperti menyilangkan tangan, memasukkan tangan ke saku, atau membungkuk, karena hal ini bisa membuat kamu terlihat tertutup dan seperti menarik diri.

Cobalah untuk mencondongkan tubuh sedikit ke depan dengan postur tegak, namun tetap santai dan jangan ragu untuk melakukan kontak mata dengan lawan bicara.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan menjaga bahasa tubuh yang baik, maka kamu bisa menunjukkan kesan keterbukaan saat sedang mengobrol atau berinteraksi dengan orang lain.

5. Menjadi Pendengar yang Baik

Untuk bisa membagikan energi positif kepada orang-orang terdekat dengan menjadi seorang pendengar yang baik, bukan berarti kamu harus selalu memberikan kata-kata positif kepada mereka.

Berikanlah tanggapan yang sesuai dengan kondisi yang tengah mereka hadapi atau ceritakan kepada kamu.

Jika mereka sedang menghadapi masalah atau kesusahan, memberikan kata-kata positif bisa menunjukkan bahwa kamu tidak berempati dengan kesulitan yang mereka alami.

Sebaliknya, jika kamu memberikan waktu bagi mereka untuk merasakan emosi negatif atas kejadian yang baru menimpanya, maka kamu akan membantu orang tersebut untuk bisa segera bangkit kembali.

Sikap menghargai dan empati yang kamu tunjukkan akan tetap memancarkan energi positif bagi orang lain, meskipun tanpa kata-kata positif yang justru bisa berujung menjadi toxic positivity.

Namun jika orang lain sedang menceritakan kabar bahagia atau mengenai pencapaiannya, maka kamu bisa memberikan dukungan serta pujian untuk menunjukkan bahwa kamu juga ikut berbahagia atas keberhasilan yang diraihnya.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memiliki positive vibes dan bisa menyebarkannya kepada orang-orang di sekitar kamu.

Untuk bisa membagikan energi positif kepada orang lain, tentunya kamu perlu memulainya dari diri kamu sendiri terlebih dahulu dengan memiliki pikiran yang positif.

Buku The Magic of Positive Thinking yang ditulis oleh Octavia Pramono akan menunjukkan kepada kamu kekuatan dari berpikir positif yang bisa membuat hidup menjadi lebih baik dan lebih bahagia.

Menurut penulis, hal terbesar yang akan kamu rasakan dengan memiliki pikiran positif adalah kamu jadi bisa menjalani hidup dengan perasaan tenang.

Kamu jadi tidak mudah panik saat harus menangani berbagai urusan penting, kamu pun tidak merasa takut untuk menghadapi segala permasalahan yang mungkin akan menghadang.

Selain membahas mengenai kekuatan dari berpikir positif, penulis juga membagikan sejarah singkat dari tokoh-tokoh yang mengkampanyekan pikiran positif, seperti Abraham Lincoln, Merry Riana, Norman Vincent Peale, dan Ibrahim Elfiky.

Kamu akan mendapatkan banyak motivasi dari tokoh-tokoh tersebut yang akan membuat kamu semakin bersemangat untuk menumbuhkan pikiran positif di dalam diri.

Kamu bisa mendapatkan buku The Magic of Positive Thinking ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com