Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Memilih Profesi sebagai Perawat? Berikut Biaya Kuliah Keperawatan yang Harus Kamu Tahu

Kompas.com - 30/03/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Konsep Dasar Keperawatan: Buku Panduan…
Pengarang: Diva Viya Febriana, S.Kep.
|
Editor Ratih Widiastuty

Selain jurusan kedokteran, keperawatan juga menjadi program studi yang banyak diminati oleh calon mahasiswa yang ingin berkarier di dunia medis.

Tapi sebelumnya, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu berapa jumlah biaya kuliah keperawatan agar bisa membuat keputusan yang tepat terkait kondisi keuangan.

Program studi keperawatan banyak mengajarkan ilmu mengenai kesehatan, baik secara teori maupun praktik, yang pastinya akan sangat membantu kamu dalam menggapai mimpi untuk menjadi salah satu perawat yang mampu membantu dokter dan pasien.

Profesi yang ditawarkan sebagai seorang perawat juga sangat beragam, kamu dapat bekerja di rumah sakit, puskesmas, panti jompo, hingga menjadi perawat pribadi yang pastinya memberikan kesempatan jenjang karier yang cerah untuk masa depan.

Namun, sebelum menuju tahap tersebut, kamu terlebih dahulu harus menimba ilmu seputar dunia keperawatan di bangku kuliah yang akan memberikan pengetahuan, seperti ilmu dasar keperawatan, manajemen keperawatan, keperawatan kesehatan, hingga fisioterapi.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai kuliah adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu mengenai berapa jumlah biaya kuliah keperawatan yang kamu harus siapkan sebelum menjadi mahasiswa jurusan keperawatan.

Maka dari itu, simak biaya kuliah keperawatan di beberapa Universitas Negeri berikut ini yang akan membantu kamu dalam menentukan keputusan.

Biaya Kuliah Keperawatan di Beberapa Universitas Negeri Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

Jurusan Keperawatan Universitas Indonesia memiliki akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dibuka hanya untuk kelas reguler dengan total 144 SKS yang harus diikuti para mahasiswanya.

Berdasarkan Keputusan Rektor UI No.406/SK?R/UI/2021 biaya pendidikan S1 kelas reguler dibayar berdasarkan kemampuan finansial orang tua atau wali, dengan Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) sejumlah Rp100.000 – Rp7.500.000 tanpa dikenakan uang pangkal sama sekali.

2. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Program studi keperawatan Universitas Padjadjaran mempunyai akreditasi “A” dari BAN-PT dan mempunyai kesempatan memperoleh beasiswa prestasi dan non prestasi, baik dari dalam maupun luar negeri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Biaya kuliah keperawatan di Universitas Padjadjaran dibagai ke dalam enam kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT) berdasarkan kemampuan ekonomi.

  • Kelompok I : Rp500.000
  • Kelompok II : Rp1.000.000
  • Kelompok III: Rp2.500.000
  • Kelompok IV: Rp6.000.000
  • Kelompok V : Rp8.000.000
  • Bidik Misi : Rp2.000.000

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Program studi keperawatan yang dimiliki oleh Universitas Gadjah Mada telah terakreditasi “A” dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PTKes) dan telah menghasilkan lulusan tenaga perawat yang mampu bekerja secara profesional.

Program studi ilmu keperawatan Universitas Gadjah Mada dibagi menjadi delapan kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT) berdasarkan kondisi ekonomi orang tua atau wali calon mahasiswa.

  • Kelompok I: Rp500.000
  • Kelompok II: Rp1.000.000
  • Kelompok III: Rp4.500.000
  • Kelompok IV: Rp6.750.000
  • Kelompok V: Rp9.000.000
  • Kelompok VI: Rp14.500.000
  • Kelompok VII: Rp16.000.000
  • Kelompok VIII: Rp18.500.000

Semoga rincian biaya kuliah keperawatan dari tiga Universitas Negeri di Indonesia ini bisa menjadi gambaran kamu dalam menentukan kampus mana yang cocok.

Namun, jika kamu memerlukan buku yang sesuai dengan program studi keperawatan, buku yang satu ini rasanya akan pas dan sesuai untuk dijadikan sumber bacaan yang menambah ilmu seputar dunia keperawatan.

Buku Konsep Dasar Keperawatan: Buku Panduan Teori & Praktik Keperawatan Profesional yang ditulis oleh Diva Viya Febriana, S.Kep. ini akan menjadi sumber ilmu dan informasi yang mampu menambah wawasan seputar dunia keperawatan.

Sebelum menjadi seorang perawat profesional, kamu harus memahami konsep yang mendasari profesi ini, agar mampu bekerja dengan baik dan penuh dedikasi, sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk pasien.

Semua itu bisa kamu dapatkan lewat buku ini yang dilengkapi juga dengan soal pre-test, yang berfungsi sebagai alat ukur pengetahuan kamu sebelum mendalami buku ini secara lebih mendalam lagi.

Buku Konsep Dasar Keperawatan: Buku Panduan Teori & Praktik Keperawatan Profesional sudah bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com