Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Bingung Mau Kuliah di Mana? Berikut 5 PTN Terbaik di Indonesia

Kompas.com - 19/03/2022, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Grit: Kekuatan Passion dan Kegigihan…
Pengarang: Angela Duckworth
|
Editor Almira Rahma Natasya

Sebagai calon mahasiswa, rasanya penting sekali untuk menemukan universitas yang cocok dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki.

Memilih PTN terbaik di Indonesia adalah solusi yang pasti agar kualitas pendidikan yang baik bisa kamu dapatkan.

Maka dari itu, dibutuhkan kesabaran dan kehati-hatian dalam menentukan universitas mana yang akan kamu pilih sebagai tempat menimba ilmu nantinya, sehingga dibutuhkan riset yang tepat untuk menemukan kampus yang kamu inginkan.

Perguruan Tinggi Negeri biasanya menawarkan berbagai jurusan dan fasilitas yang bisa menunjang proses kuliah terasa jauh lebih baik, karena mengingat terdapat fasilitas yang mumpuni sekaligus dosen yang kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu, jika kamu mampu lolos seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri rasanya akan sangat menunjang kegiatan akademis, dari biaya kuliah yang jauh lebih ringan, hingga lebih mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti.

Masuk Perguruan Tinggi Negeri seakan menjadi impian banyak orang sehingga menyebabkan persaingan yang ketat.

Namun, jika kamu masih merasa bingung dan tidak tahu mau berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri mana, berikut lima PTN terbaik versi QS WUR dan UniRank tahun 2021 di Indonesia yang bisa menjadi opsi untuk kamu.

5 PTN Terbaik di Indonesia

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas yang kerap disingkat dengan UGM ini didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 19 Desember 1949 dan menjadi universitas pertama yang didirikan oleh setelah Indonesia merdeka.

Universitas Gadjah Mada terletak di Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 18 fakultas di dalamnya, yaitu Fakultas Ilmu Budaya; Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan; Fakultas Kedokteran Gigi; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; Fakultas Kedokteran Hewan; Fakultas Filsafat; Fakultas Hukum; Fakultas Pertanian; Fakultas Farmasi; Fakultas Psikologi; Fakultas Teknik; Fakultas Peternakan; Fakultas Biologi; Fakultas Teknologi Pertanian; Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam; Fakultas Geografi; Fakultas Kehutanan; dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

2. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau yang sering disingkat dengan UI ini memiliki kampus utama yang terletak di daerah utara Depok, Jawa Barat yang berbatasan dengan Jakarta Selatan. Sedangkan lokasi kampus lainnya terletak di daerah Salemba, Jakarta Pusat.

Universitas Indonesia sendiri mempunyai 16 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ilmu Komputer; Fakultas Kesehatan Masyarakat; Fakultas Psikologi; Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Fakultas Ilmu Keperawatan; Fakultas Ilmu Administrasi; Fakultas Kedokteran Gigi; Fakultas Kedokteran; Fakultas Farmasi; Fakultas Hukum; Fakultas Teknik; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; Fakultas Pendidikan Vokasi; Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam; dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya.

3. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung atau disingkat dengan ITB merupakan kampus impian bagi seluruh pelajar di Indonesia, sebab ITB adalah sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1920 dengan nama De Technische Hoogeschool te Bandung.

Institut Teknologi Bandung mempunyai 11 fakultas, yaitu Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara; Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati; Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan; Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian; Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam; Sekolah Farmasi; Fakultas Seni Rupa dan Desain; Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan; Fakultas Teknologi Industri; Sekolah Arsitek, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan; Sekolah Teknik Elektro dan Informatika.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang, Jawa Timur dan masuk ke dalam 10 besar kampus terbaik di Indonesia menurut Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti).

Universitas Brawijaya mempunyai 15 fakultas yang berbeda, yakni Fakultas Kedokteran Gigi; Fakultas Pertanian; Fakultas Peternakan; Fakultas Teknologi Pertanian; Fakultas Kedokteran Hewan; Fakultas Teknik; Fakultas Ilmu Budaya; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; Fakultas Hukum; Fakultas Kedokteran; Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan; Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Fakultas Ilmu Administrasi; Fakultas Ilmu Komputer; dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

5. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas yang lebih dikenal dengan UPI telah banyak menghasilkan lulusan guru terbaik di Indonesia dan mempunyai akreditasi yang tidak perlu dipertanyakan lagi, yaitu A oleh BAN-PT.

UPI sendiri memiliki 8 fakultas dengan berbagai jurusan yang berbeda-beda di dalamnya, yaitu Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan; Fakultas Ilmu Pendidikan; Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan; Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra; Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis; Fakultas Pendidikan Seni dan Desain; Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam; dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial.

Semoga informasi kelima PTN terbaik di Indonesia ini bisa bermanfaat bagi kamu.

Jangan pantang menyerah untuk terus berusaha dan mempersiapkan diri agar bisa diterima masuk di salah satu universitas tersebut.

Kekuatan passion dan kegigihan yang kamu miliki akan menjadi amunisi dalam mencapai impian, dan buku berikut ini akan sangat pas untuk dibaca.

Buku Grit: Kekuatan Passion dan Kegigihan yang ditulis oleh Angela Duckworth ini menunjukkan bahwa rahasia untuk pencapaian yang luar biasa tidak ditentukan hanya oleh bakat, tapi merupakan gabungan antara hasrat dan kegigihan.

Buku ini ditulis berdasarkan hasil riset dan penelitian yang menjadikan isinya valid dan teramat sangat berisi, sehingga bisa dibaca oleh siapa saja yang percaya akan hasrat dan kegigihan mampu membawa pada gerbang kesuksesan.

Buku ini akan cocok dibaca untuk kamu yang sedang memiliki target untuk masuk ke PTN favorit agar lebih termotivasi lagi untuk meningkatkan hasrat dan kegigihan agar bisa diterima masuk.

Buku Grit: Kekuatan Passion dan Kegigihan bisa kamu beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com