Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendalami Materi Kesehatan Mental Lewat Buku Anomali: Memoar Seorang Bipolar

Kompas.com - 16/03/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Gramedia.com
Rujukan artikel ini:
Anomali: Memoar Seorang Bipolar
Pengarang: Elnov
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Wabah Covid-19 yang terjadi beberapa tahun ini telah melahirkan banyak sekali perubahan, tidak hanya bagi dunia, tapi juga manusia.

Tidak ada yang pernah menyangka bahwa kehidupan yang tadinya berjalan normal-normal saja, seketika berubah drastis dan membuat semua orang harus selalu bersikap waspada setiap saat.

Selain meningkatkan kewaspadaan, wabah ini juga membuat banyak aktivitas manusia menjadi terhambat akibat adanya aturan social distancing yang mengharuskan kita untuk selalu menjaga jarak demi mencegah terjadinya penularan virus.

Adanya pembatasan aktivitas ini akhirnya membuat banyak orang lebih memilih untuk berdiam diri atau bekerja dari rumah, sehingga mereka bisa sedikit terhindar dari virus dan memiliki waktu luang yang lebih banyak.

Tapi bagaimana jika di waktu luang tersebut kamu tiba-tiba mendapat kejutan yang memilukan? Misalnya terjadinya perubahan kondisi jiwa dan mental yang membuatmu ingin berontak dan menyalahkan takdir?

Kondisi inilah yang dialami oleh seorang perempuan bernama Elnov.

Pada usianya yang masih belia, ia divonis dan dinyatakan sebagai ODB (Orang dengan Bipolar) dan sering dianggap aneh oleh orang-orang di sekelilingnya.

Jika kamu sedang mengalami kegundahan dalam menjalani hari, atau bahkan merasa jiwa dan mentalmu sedang tidak baik, kamu bisa coba mengikuti kisah Elnov yang dirangkum dalam buku ini.

Sinopsis Singkat Buku Anomali: Memoar Seorang Bipolar

Dalam buku setebal 176 halaman ini, Elnov secara lengkap menceritakan apa itu bipolar dari sudut pandangnya sebagai seorang penyintas.

Tidak hanya itu saja, Elnov juga akan mengajak kita untuk melihat dan menyelami pertarungan alam pikiran yang harus dilewatinya setiap saat dan akhirnya menunjukkan pada kita bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Apa Itu Bipolar?

Gangguan bipolar atau yang biasanya disebut sebagai bipolar disorder adalah suatu gangguan yang berhubungan dengan perubahan suasana hati yang terlalu tiba-tiba dan tidak bisa diduga.

Sama seperti Elnov, orang yang divonis terkena bipolar (ODB) akan mudah sekali merasakan mood swing yang sangat mengganggu aktivitas, dan bisa mendatangkan masalah jika tidak segera ditangani.

Pada umumnya, para ODB akan merasakan sedih atau senang secara tiba-tiba dan tidak diketahui jelas apa penyebabnya.

Ketidakjelasan inilah yang membuat mereka sering dianggap “lebay” oleh beberapa orang yang tidak memahami kasus ini.

Bipolar ini sendiri terdiri dari tiga tipe gangguan, tipe 1 adalah gangguan yang paling tinggi, di mana penderitanya akan mudah sekali merasa bersemangat dan hiperaktif, tapi dalam sekejap juga mudah merasa tersinggung dan mudah terdistraksi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bipolar tipe 1 ini sangat membutuhkan perawatan jangka panjang karena bahkan ada beberapa kasus juga yang membuat pasien mengalami halusinasi dan paranoid yang berlebihan.

Bipolar tipe 2 gejalanya agak lebih ringan daripada tipe 1, penderitanya masih bisa merasakan mood swing namun tidak terlalu berlebihan dan tetap membutuhkan perawatan.

Pada tipe 3, penderitanya mengalami mood swing tapi kondisinya masih bisa dikontrol dan gejalanya tidak terlalu sering terjadi.

Review Buku Anomali: Memoar Seorang Bipolar

Dalam buku ini, Elnov mengatakan bahwa ia didiagnosa mengalami gangguan bipolar tipe 2, bahkan gejala yang ia alami juga sempat menyerang fisik.

Saat masih duduk di bangku kuliah, ia sering merasa sesak, mual, dan malas untuk bertemu siapapun.

Sudah berbagai upaya yang Elnov lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Ia juga mendatangi berbagai Psikolog dan Psikiater, namun hasilnya tetap tidak berubah.

Ia belum benar-benar sembuh dari bipolar dan masih harus terus berjuang.

Melalui buku ini, kamu akan belajar mengenal lebih dekat bagaimana kehidupan seorang bipolar dan kondisi psikologisnya yang masih sering dianggap remeh oleh kebanyakan orang, bahkan tidak sedikit orang juga yang menganggapnya sebagai aib.

Padahal menurut Elnov, masalah kesehatan mental ini bukanlah sesuatu yang memalukan, dan orang-orang yang mengalami ini harus diberikan dukungan penuh dari keluarga dan orang terdekat.

Kepiawaian Elnov dalam menceritakan kisah hidupnya membuat para pembaca sangat bersimpati dan semakin memahami pentingnya kesehatan mental bagi manusia, serta tidak lupa, buku ini juga dilengkapi dengan perspektif dari para ahli dan dokter yang akan membuat wawasanmu makin meningkat.

Jadi bagi kamu yang memiliki kenalan atau kerabat dengan gangguan bipolar seperti Elnov, kamu akan lebih memahami bagaimana cara mengurus dan menghadapinya dengan baik.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui kisah Elnov secara lebih mendalam, kamu bisa membeli buku Anomali: Memoar Seorang Bipolar ini di Gramedia.com, atau kamu juga bisa membaca versi e-booknya di Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com