Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak si Kecil Bernyanyi Lagu-Lagu Anak Terpopuler Berikut Ini

Kompas.com - 17/03/2022, 11:08 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Kompilasi Lagu Anak Terpopuler Sepanjang…
Pengarang: Tim Redaksi Cemerlang
|
Editor Novia Putri Anindhita

Salah satu aktivitas paling menyenangkan yang bisa dicoba orang tua bersama buah hati adalah dengan menyanyikan lagu-lagu anak terpopuler yang biasanya sudah tidak terasa asing di telinga, sehingga bisa dengan mudah dihafalkan sekaligus dinikmati.

Kegiatan bernyanyi ini juga akan mengasah kemampuan anak-anak, seperti meningkatkan rasa percaya diri, belajar mengenal musik, menambah kosakata baru, hingga mempererat hubungan antara orang tua dan anak.

Namun, seiring perkembangan yang semakin pesat, sepertinya lagu anak-anak yang ada di pasaran jumlahnya semakin berkurang dan sedikit yang menyebabkan kita sebagai orang tua rasanya kesulitan untuk mengenalkan si kecil pada lagu anak-anak yang sesuai dengan usia mereka.

Untungnya, di era digital yang semakin praktis dan mudah ini, kita bisa mencari lagu-lagu anak terpopuler yang sudah ada dari zaman dahulu yang rasanya masih terasa relate untuk dikenalkan pada sang buah hati sebagai bentuk hiburan sekaligus pembelajaran.

Lagu-lagu anak terpopuler ini juga memiliki lirik dan nada yang menyenangkan sehingga akan dengan sangat mudah bisa dipelajari, dinikmati, dan diterima oleh anak-anak sebagai aktivitas belajar dan bermain yang akan mengasah kemampuan seni mereka.

Lagu-lagu anak terpopuler apa saja yang bisa kita kenalkan pada si kecil? Berikut lagu-lagu anak terpopuler sepanjang masa yang mungkin bisa menjadi pilihan yang cocok untuk dikenalkan pada sang buah hati.

Lagu-Lagu Anak Terpopuler

1. Cicak di Dinding

Pastinya lagu anak-anak ciptaan A. T. Mahmud yang satu ini sudah tidak terasa asing lagi di telinga kita dengan liriknya yang mudah diingat, yaitu “Cicak-cicak di dinding, diam-diam merayap.”.

Lagu yang menceritakan kehidupan hewan ini bisa menjadi sarana edukasi bagi anak-anak untuk mengenal salah satu fauna yang biasanya selalu ada dalam rumah yang menjadikan nyamuk sebagai bahan makanannya.

Selain bisa dinyanyikan, kamu juga dapat menciptakan sedikit permainan lewat lagu ini dengan cara menangkap tangan si kecil saat menyanyikan lirik, “Hap, lalu ditangkap.“.

2. Balonku

Lagu Balonku juga merupakan lagu anak-anak ciptaan A. T. Mahmud yang popularitasnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, sebab hampir setiap orang pastinya mengetahui lagu anak-anak yang cukup legendaris ini.

Di dalam lagu Balonku, anak-anak akan diajak untuk mengenal warna dan menghitung melalui lirik, “Balonku ada lima, rupa-rupa warnanya, hijau, kuning kelabu, merah muda, dan biru,”.

Selain mempunyai lirik yang mudah dicerna, lagu balonku juga terkesan menyenangkan karena menggunakan objek balon yang berwarna-warni sebagai inti dari lagu ini.

3. Pelangi

Sama seperti lagu Balonku, lagu Pelangi juga merupakan ciptaan A. T. Mahmud dan sama-sama mengajak anak-anak untuk belajar mengenal warna yang ada sekaligus benda ciptaan Tuhan.

Liriknya yang sederhana dan mudah diingat menjadikan lagu Pelangi terasa enak didengar dan dinyanyikan, yakni “Pelangi-pelangi alangkah indahmu. Merah kuning hijau, di langit yang biru. Pelukismu agung, siapa gerangan. Pelangi-pelangi, ciptaan Tuhan,”.

Anak akan dikenalkan dengan fenomena alam yang terjadi sekaligus Sang Pencipta dan warna-warna dalam pelangi yang akan sangat dengan mudah menarik perhatian si kecil.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Bintang Kecil

Tembang yang diciptakan oleh R. Geraldus Daljono Hadisudibyo ini akan mengajak anak-anak untuk mengenal fenomena alam sekaligus memberikan keceriaan dengan lirik lagu yang menyenangkan.

Liriknya yang sederhana akan dengan mudah melekat dalam benak anak-anak, sehingga tidak perlu waktu yang lama bagi mereka untuk dapat menghafal tembang anak-anak yang populer ini.

Selain itu, kamu juga dapat mengajak anak-anak untuk menambah beberapa gerakan saat akan menyanyikannya, agar mereka bisa semakin tertarik untuk mempelajari lagu ini.

5. Anak Gembala

Lagu anak-anak yang sempat dipopulerkan oleh Tasya Kamila di tahun 90-an ini merupakan hasil karya A. T. Mahmud yang mampu mengajak anak-anak untuk menyanyi sekaligus menari.

Irama lagunya yang ceria mampu menambah keceriaan sekaligus semangat kepada anak-anak untuk mau bergerak dan bergembira sambil bernyanyi, sehingga memicu aktivitas yang menyenangkan.

Tidak sulit rasanya untuk mengajarkan dan mengenalkan lagu ini kepada si buah hati karena lirik lagunya sendiri memang terkesan mudah untuk dinyanyikan.

Lagu-lagu anak terpopuler ini dapat kamu jadikan opsi untuk memperkenalkan si buah hati pada tembang yang sesuai dengan umur mereka.

Selain edukatif, lagu-lagu anak ini juga bisa menjadi cara yang tepat dan menyenangkan untuk mengajak si kecil untuk turut bermain.

Buku berikut ini bisa menjadi bahan referensi lagu-lagu anak yang dapat kamu ajarkan pada mereka di waktu senggang.

Buku Kompilasi Lagu Anak Terpopuler Sepanjang Masa adalah buku berisikan lagu anak-anak Indonesia dan dunia yang dijamin lengkap.

Buku ini juga disertai dengan not balok, not angka, dan chord yang akan sangat cocok untuk menjadi panduan belajar musik bagi anak-anak.

Dikemas dengan menarik dan disertai gambar di dalamnya membuat buku ini menjadi salah satu koleksi wajib bagi si kecil yang memiliki hobi bernyanyi dan menari.

Buku Kompilasi Lagu Anak Terpopuler Sepanjang Masa bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini untuk dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com