Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Daftar Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Praktis untuk Anak

Kompas.com - 23/03/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Mommyclopedia 89 Resep Makanan Anak…
Pengarang: dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K)
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Sarapan menjadi salah satu kegiatan yang paling penting bagi manusia, terutama untuk si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan dan sangat membutuhkan asupan bergizi untuk bisa menunjang berbagai aktivitasnya sehari-hari.

Seorang ibu harus bisa memperhatikan menu sarapan yang akan dikonsumsi anak setiap harinya, karena dengan menyiapkan menu sarapan yang sehat, maka akan membantu si anak untuk bisa meraih prestasi dan mencegahnya dari berbagai penyakit yang akan datang di masa depan.

Beberapa riset dari dokter ahli gizi juga menyatakan bahwa sarapan yang sehat dan bergizi akan memenuhi kebutuhan gizi harian anak sebanyak 30%, dan akan membantu meningkatkan konsentrasi otak sehingga anak akan lebih fokus saat berkegiatan terutama saat belajar.

Untuk mendukung proses tumbuh kembang si kecil, peran orang tua memang sangat penting terutama dalam hal menyiapkan berbagai menu sarapan yang sehat dan bergizi, tapi tetap praktis untuk dikonsumsi.

Berikut ini ada beberapa pilihan menu sarapan yang sehat untuk anak dan bisa kamu coba praktikkan sendiri di rumah.

5 Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Praktis untuk Anak

1. Nasi Goreng Telur

Menu makanan yang satu ini pastinya sudah sangat familier di masyarakat, bahkan beberapa orang juga sudah sering menjadikannya sebagai menu makanan sehari-hari.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menyiapkan 1 mangkuk nasi putih, minyak goreng, telur, bawang merah, bawang putih, dan kecap manis secukupnya.

Sebenarnya menu nasi goreng ini bisa kamu kreasikan sendiri, kamu bisa menambahkan beberapa item lain seperti sayuran, sosis, udang, cabai, dan masih banyak lagi.

Penambahan item yang menarik juga akan membuat anak lebih semangat lagi untuk menikmati sarapannya.

2. Sandwich

Membuat menu sarapan dengan bahan dasar nasi setiap hari pasti akan membuat anak mudah bosan dan tidak selera lagi dalam menikmati makanannya.

Untuk itu, kamu bisa coba untuk membuat kreasi menu sarapan dengan bahan dasar yang berbeda, misalnya membuat sandwich yang berbahan dasar roti tawar.

Sandwich atau roti lapis adalah makanan yang biasanya terdiri dari sayuran, telur, keju, dan daging yang diletakkan diantara irisan roti.

Menu makanan yang satu ini sangat praktis untuk dibuat dan kamu juga tetap bisa mengkreasikannya dengan berbagai item lain yang akan semakin menggugah selera makan anak.

3. Oatmeal Buah

Anak merasa bosan dengan menu sarapan yang berbahan dasar nasi atau roti? Tenang, kamu tetap bisa mencoba membuat kreasi menu sarapan lain yang tidak kalah menarik, yaitu menu oatmeal atau sereal.

Untuk membuatnya lebih terlihat menarik dan menyehatkan, kamu bisa menambahkan irisan buah kesukaan anak ke dalam mangkuk serealnya, baru kemudian tuang susu atau yoghurt sebagai bahan pelengkap.

Menu makanan yang satu ini sangat praktis dan tidak memakan waktu yang lama untuk dibuat, tapi kamu tetap bisa memberikan menu makanan yang bergizi untuk si kecil.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Omelet

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan protein dan sangat baik bagi tubuh.

Untuk itu, kamu bisa coba membuat omelet yang bahan dasarnya terbuat dari telur.

Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa butir telur, susu cair, tepung terigu, daun bawang, garam, lada, dan keju sebagai item tambahan.

Saat si anak sudah mulai menyukai menu sarapan yang satu ini, kamu juga bisa mencoba kreasi yang lain dengan menambahkan beef atau sosis ke dalam adonan omelet.

5. Salad Buah

Menjadikan buah sebagai makanan pencuci mulut sebenarnya adalah hal yang baik, tapi itu sudah sangat mainstream, padahal kamu sebenarnya bisa mencoba kreasi menu lain dari bahan dasar buah.

Salah satu kreasi menu sarapan yang terbuat dari buah adalah salad buah.

Menu yang satu ini sangat praktis untuk dibuat karena kamu hanya perlu menyiapkan buah-buahan yang sudah tersedia di rumah, kemudian tambahkan mayones, susu kental manis, dan parutan keju.

Menu salad buah ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat anak-anak lebih menyukai buah, dan membantu mereka mendapatkan lebih banyak nutrisi dari buah-buahan yang sangat berperan dalam menjaga fungsi saluran pencernaan.

Usia anak-anak memang menjadi usia yang cukup rentan dan para orang tua harus benar-benar memperhatikan tumbuh kembangnya dengan baik, dan harus pintar dalam memilih dan memilah menu makanan yang sehat untuk mereka.

Untuk lebih memahami nutrisi yang baik untuk dikonsumsi oleh si kecil, kamu bisa coba untuk membaca buku Mommyclopedia 89 Resep Makanan Anak 2-5 Tahun yang ditulis oleh dr. Meta Hanindita, Sp.A.

Anak-anak yang berada dalam usia prasekolah memang masih mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan.

Dengan kapasitas lambung mereka yang relatif kecil, mereka harus diberikan berbagai menu makanan yang mengandung nutrisi untuk mendukung kesehatan dan produktivitas mereka di kemudian hari.

Dalam buku ini, kamu akan diberikan berbagai resep makanan untuk anak yang enak, bergizi, dan mudah untuk dibuat karena menggunakan berbagai bahan yang mudah ditemukan dimana saja dengan harga yang terjangkau.

Selain itu buku ini juga menyediakan gambaran nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak, terutama bagi mereka yang berusia 2-5 tahun.

Dengan membaca buku ini kamu akan sangat terbantu untuk terus mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan menyiapkan makanan yang bergizi.

Buku yang satu ini bisa kamu beli di toko buku online yang bisa kamu akses melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com