Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cerdas Menghadapi Orang yang Emosian dan Mudah Marah

Kompas.com - 02/03/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Memahami dan Mengelola Emosi :…
Pengarang: Aloysius Germia Dinora
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Setiap manusia pasti pernah merasa kesal atau marah yang dipicu oleh berbagai hal, bahkan oleh hal-hal yang kecil seperti terkena macet di jalan, terlalu lama menunggu taksi yang lewat, dan masih banyak lagi.

Marah sebenarnya adalah perasaan yang paling umum dan bisa dirasakan oleh setiap manusia, tapi sayangnya, masih ada beberapa orang yang mudah sekali tersulut emosi dan membuatnya jadi orang yang emosian.

Di sisi lain, banyak juga orang yang merasa jengkel saat harus berhadapan dengan orang yang emosian dan berbicara dengan nada suara yang tinggi, sehingga membuatnya juga merasa harus melakukan hal yang sama.

Padahal, itu adalah tindakan yang kurang tepat.

Untuk bisa menghadapi orang yang emosian, kamu harus mencoba untuk berpikir dan bertindak dengan hati-hati serta bijaksana supaya keadaannya tidak menjadi semakin buruk.

Karena pada dasarnya, manusia itu dilahirkan dengan sifat dan kepribadian yang berbeda-beda, ada manusia yang penyabar dan ada pula yang mudah marah, ada yang bisa dengan mudah meminta maaf saat melakukan kesalahan dan ada juga orang yang selalu ingin menang sendiri.

Nah, orang-orang yang emosian dan mudah marah ini sebenarnya bisa saja terpengaruh dari lingkungannya, misalnya seperti kurang kasih sayang, terbiasa hidup di lingkungan yang keras, mental atau pikiran sedang tidak stabil, dan masih banyak lagi.

Untuk itu, ada baiknya kamu belajar bagaimana cara untuk bisa menghadapi orang-orang yang emosian dan mudah sekali mengungkapkan kemarahannya, berikut ini:

Cara Menghadapi Orang yang Emosian

1. Diam dan Dengarkan

Jangan buru-buru menasehati orang yang sedang marah, karena kadang seseorang hanya butuh didengarkan saja.

Jadi tugas kamu hanya tinggal diam dan mendengarkannya dengan baik dan jangan membantah ucapannya karena akan membuatnya tambah kesal dan membuat keadaan jadi tambah keruh.

Biarkan ia melampiaskan emosinya sampai selesai, jadi saat ia sudah lebih stabil, kamu bisa coba untuk berbicara atau melakukan sesuatu.

2. Tetap Tenang dan Bertindak dengan Bijak

Menghadapi orang yang emosian dan mudah marah sebenarnya susah-susah gampang, dan terkadang malah membuat kamu jadi ikut tersulut emosi.

Tapi saat ada dalam kondisi tersebut, ada baiknya kamu tetap bersikap tenang dan mengajaknya untuk bicara dengan bahasa dan tutur kata yang baik.

Setelah suasananya membaik, kamu bisa mulai berdiskusi dan membantunya menyelesaikan masalah yang ada.

Bertindak dengan bijak memang sangat diperlukan dalam menghadapi situasi ini, jadi kamu harus berusaha untuk tetap tenang dan berpikir positif, supaya kamu juga bisa memberikan solusi yang tepat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Membiasakan Diri

Walaupun sulit, tapi belajar untuk membiasakan diri juga termasuk salah satu cara cerdas untuk menghadapi orang yang emosian, karena jika tidak membiasakan diri, kamu akan terus merasa kesal dan malah merepotkan diri kamu sendiri.

Jadi saat kamu harus berhadapan dengan orang yang mudah marah, kamu bisa coba pura-pura tidak mendengar apapun dan menganggap bahwa amarah itu tidak ditujukan untuk kamu.

4. Mengajak Bercanda

Orang yang emosian dan mudah marah ini biasanya cenderung memiliki sudut pandang yang berbeda dengan kamu, ia terkadang menganggap hidupnya adalah suatu hal yang menjengkelkan.

Jadi saat kamu bertemu dengan orang seperti ini, kamu bisa coba menanggapinya dengan santai.

Saat keadaannya sudah lebih tenang, kamu juga bisa membuat sedikit candaan yang bisa membuatnya tertawa sehingga ia bisa lebih rileks.

5. Memberikan Keyakinan Bahwa Masalahnya akan Segera Selesai

Untuk bisa menghadapi orang yang emosian dan mudah marah, kamu juga bisa coba untuk merubah pola pikir orang tersebut sedikit demi sedikit.

Kamu bisa meyakinkan dan memberikannya motivasi bahwa masalahnya akan segera selesai dengan baik.

Berurusan dengan orang yang mudah marah memang kadang sangat menyulitkan, tapi bukan berarti kamu boleh mengabaikannya.

Kamu harus bisa membantu mereka untuk kembali berpikir positif dan menyelesaikan tiap permasalahannya dengan kepala dingin.

Nah, supaya kamu tetap bisa menjadi pribadi yang tenang di segala situasi dan tidak mudah tersulut emosi, kamu bisa mencoba untuk membaca buku Memahami dan Mengelola Emosi: Sebuah Terapi Jiwa agar Terbebani dari Belenggu Emosi yang ditulis oleh Aloysius Germia Dinora.

Amarah memang menjadi salah satu bagian dari emosi, tapi tidak semua emosi bisa ditunjukkan dengan amarah, karena ada beberapa orang juga yang memilih untuk berdiam diri dan malah berujung pada stres.

Stres ini bisa dialami oleh siapapun karena didasari oleh banyak hal, seperti sulit menerima kenyataan, sulit untuk bersabar, sulit untuk menerima kegagalan, sulit untuk menerima kehilangan, dan masih banyak lagi.

Jadi lewat buku ini, kamu akan diberikan banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari perasaan stres yang berlebihan, buku ini juga akan mengajarkan kamu bagaimana cara yang tepat untuk bisa mengelola dan mengatur emosi supaya tidak ditumpahkan di waktu yang tidak tepat.

Untuk mendapatkan buku ini, kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan gratis voucher diskon tanpa minimal pembelian. Klik di sini untuk ambil vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com