Ikuti 4 Strategi Penjualan Produk Berikut Ini agar Omzet Bisnis Meningkat

Lihat Foto
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
How to Win Friends and…
Pengarang: Dale Carnegie
|
Editor: Ratih Widiastuty

Salah satu hal terpenting yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membangun sebuah bisnis adalah mengetahui strategi dan tips jualan yang tepat agar nantinya kamu tidak mengalami kerugian.

Dengan menguasai dan menerapkan strategi penjualan produk yang tepat dalam bisnis yang kamu jalankan, kamu akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk memperoleh keuntungan dan bisa mengembangkan bisnis agar lebih maju lagi.

Berikut ini strategi penjualan produk yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan omzet dalam bisnis kamu.

4 Strategi Penjualan Produk

1. Memperhatikan Kualitas Produk

Sebelum menjual produk kamu ke pasaran, pastikan terlebih dahulu apakah barang yang akan kamu pasarkan telah memiliki kualitas yang baik atau belum.

Jika pembeli merasa puas dengan kualitas produk yang kamu jual, maka dengan sendirinya mereka akan kembali untuk membeli produk kamu lagi dan berkesempatan untuk menjadi pelanggan tetap.

Namun sebaliknya, jika saat membeli produk kamu pembeli justru merasa kecewa, maka besar kemungkinan mereka tidak akan kembali dan mencari toko lain yang memiliki kualitas produk yang lebih baik.

Oleh sebab itu, memperhatikan kualitas produk merupakan hal penting agar kamu bisa mempertahankan pelanggan setia di toko kamu.

2. Memaksimalkan Potensi Media Sosial

Di era digital seperti saat ini, kamu memiliki kesempatan besar untuk mengenalkan dan memasarkan produk yang kamu jual melalui media sosial dan juga e-commerce.

Buat desain semenarik mungkin agar produk kamu terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan produk-produk lain yang serupa.

Jika memiliki modal lebih, kamu juga bisa memanfaatkan fitur iklan atau ads yang disediakan oleh beberapa media sosial dan e-commerce agar produk yang kamu jual memiliki kesempatan untuk dilihat oleh lebih banyak orang.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai etalase produk yang kamu jual, sebagai sumber informasi mengenai toko atau bisnis kamu, dan juga sebagai media untuk berinteraksi atau berkomunikasi dengan konsumen.

Dengan mengelola media sosial dengan baik, kamu bisa menarik lebih banyak konsumen untuk membeli produk yang kamu jual.

3. Memberikan Pelayanan yang Baik

Selain kualitas produk yang baik, hal lain yang bisa membuat pembeli betah untuk kembali membeli produk di toko kamu adalah jika pembeli mendapatkan pelayanan yang baik dan membuat mereka nyaman.

Pelayanan yang baik ini berlaku tidak hanya di toko saat bertatap muka langsung dengan pembeli, namun juga di media sosial.

Tetap bersikap ramah dalam menanggapi pertanyaan atau kritik yang diberikan oleh pembeli terhadap produk yang kamu jual.

Dengan memberikan pelayanan yang baik, pembeli akan merasa lebih dihargai sehingga mereka pun dengan senang hati akan kembali untuk membeli produk kamu lagi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Oleh karena itu, penting untuk mengingatkan karyawan kamu yang bertugas untuk melayani pelanggan agar selalu bersikap ramah dan mengevaluasi kinerja mereka jika menerima komplain dari pembeli.

4. Memberikan Promosi yang Menarik

Salah satu cara paling efektif untuk menarik perhatian konsumen agar membeli produk yang kamu jual adalah dengan memberikan promosi, terutama jika kamu baru memulai bisnis.

Terdapat berbagai macam promosi yang bisa kamu tawarkan, seperti memberikan diskon atau potongan harga, memberikan cashback pada pembelian dengan nominal tertentu, menawarkan buy 1 get 1, memberikan bonus merchandise, dan lain-lain.

Dengan memberikan promosi yang menarik, konsumen akan berpikir tidak ada salahnya untuk mencoba membeli produk yang kamu tawarkan karena mereka juga merasa diuntungkan.

Kamu bisa memaksimalkan pemberian promosi ini dengan menyesuaikan tanggal-tanggal cantik atau saat harbolnas.

Kamu juga bisa memberikan batasan waktu tertentu saat menawarkan promosi untuk menimbulkan urgensi agar konsumen merasa terdesak untuk segera membeli produk yang kamu jual.

Nah, itulah keempat strategi penjualan produk yang bisa kamu terapkan saat menjalankan bisnis.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui strategi penjualan produk dengan lebih dalam, kamu bisa membaca buku How to Win Friends and Influence People yang ditulis oleh Dale Carnegie.

Meskipun buku ini telah terbit sejak tahun 1936, namun ilmu yang dijelaskan di dalam buku ini masih relevan untuk diterapkan hingga saat ini.

Prinsip-prinsip yang dijabarkan di dalam buku dirumuskan oleh penulis sendiri berbekal pengalamannya selama bekerja menjadi salesman hingga menjadi pakar di bidang Human Relation.

Melalui buku ini, Dale membagikan informasi menyangkut aspek-aspek seperti komunikasi, penjualan, psikologi dan juga pengembangan diri.

Buku ini akan membantu kamu untuk mendapatkan ide dan visi baru, menaikkan popularitas, memperoleh teman dan relasi baru, dan cara untuk mendapatkan lebih banyak konsumen serta klien.

Selain itu, buku ini juga bisa membantu kamu untuk menjaga hubungan yang baik dengan konsumen dan membuat kamu menjadi pembicara yang lebih baik sehingga lebih mudah untuk menarik perhatian pembeli.

Kamu bisa mendapatkan buku How to Win Friends and Influence People ini dengan mudah melalui online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang dapat kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk segera dapatkan vouchernya.

TAG:

Terkini
Lihat Semua
Jelajahi