Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku Kecamuk Darah (Troubled Blood): Perjalanan Mengungkap Kasus Misterius

Kompas.com - 25/02/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Gramedia.com
Rujukan artikel ini:
Kecamuk Darah (Troubled Blood)
Pengarang: Robert Galbraith
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Novel-novel bergenre misteri sudah lama menjadi salah satu bacaan yang populer di masyarakat dan biasanya memiliki peminatnya sendiri.

Jalan cerita yang menyuguhkan berbagai plot penuh ketegangan serta rumitnya para tokoh dalam memecahkan suatu kasus membuat novel misteri ini memiliki daya tariknya tersendiri.

Beberapa novel misteri juga biasanya ikut menyelipkan sub genre seperti thriller, criminal, atau horor yang semakin menambah keseruannya, sekaligus mengajak para pembaca untuk menebak bagaimana akhir dari kisah dalam novel tersebut.

Saat ini novel misteri sudah bisa ditemukan di berbagai toko buku, salah satu novel misteri yang sayang untuk dilewatkan adalah novel Kecamuk Darah (Troubled Blood) yang merupakan buku seri kelima dari novel Detektif Cormoran Strike.

Novel ini ditulis oleh Robert Galbraith yang merupakan nama lain dari J.K. Rowling, penulis yang terkenal dengan karyanya yang melegenda, Harry Potter.

Pada peluncuran pertamanya di Inggris, novel ini terjual habis baik dalam bentuk fisik, e-book, maupun audiobook, dan kini novel ini sudah hadir dalam terjemahan bahasa Indonesia.

Sinopsis Buku Kecamuk Darah (Troubled Blood)

Diawali dari kisah Cormoran Strike, seorang detektif yang pergi mengunjungi kerabatnya yang tinggal di wilayah Cornwall.

Kedatangannya kemudian disambut oleh seorang wanita yang meminta pertolongan Strike untuk mencari mencari keberadaan ibunya, Margot Bamborough yang hilang tanpa jejak sejak 40 tahun lalu, atau tepatnya pada tahun 1974.

Detektif Strike yang sebelumnya belum pernah menangani kasus lama, merasa bimbang sekaligus tertantang untuk memecahkan kasus ini.

Bersama dengan partner detektifnya, Robin Ellacott, Strike akhirnya menerima pekerjaan ini.

Tapi di sisi lain, Robin juga tengah terlibat proses perceraian yang sengit, yang membuat pikirannya terbagi dua, antara masalah pribadi dan masalah pekerjaannya sebagai seorang detektif.

Selama menyelidiki kasus hilangnya Margot Bamborough, kedua detektif ini dihadapkan pada perkara rumit yang melibatkan banyak hal seperti ramalan kartu tarot, pembunuh berantai, dan banyak saksi yang tidak jelas asal usulnya dan sulit untut dipercaya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tidak disangka, kasus yang sudah berjalan puluhan tahun ini masih menyimpan banyak misteri yang ikut mengancam nyawa mereka berdua.

Dapatkah mereka mengungkap kasus misteri ini dan selamat sampai akhir?

Review Buku Kecamuk Darah (Troubled Blood)

Novel seri kelima dari kisah Detektif Cormoran Strike ini sukses menggabungkan kisah misteri yang rumit, analisis dan saksi yang penuh ketidakpastian, sekaligus masalah pribadi Strike ke dalam satu jalinan cerita yang utuh.

Buku seri kelima ini juga menunjukkan perkembangan yang signifikan dibandingkan keempat seri sebelumnya, mulai dari bentuk penyelidikan yang dibuat semakin rumit, kasus misteri yang semakin menarik untuk ditelusuri, dan rintangan yang semakin sulit untuk dihadapi kedua detektif ini.

Selain kasus misterinya yang semakin rumit, banyaknya tokoh yang muncul dalam novel ini juga membuat para pembaca harus bekerja sedikit lebih keras untuk bisa mengingat detail kejadian sekaligus mengingat siapa saja tokoh yang terlibat di dalamnya.

Tapi banyaknya tokoh yang terlibat dalam novel ini justru membuat pembaca semakin serius dalam mengikuti petualangan para detektif, sekaligus ikut berusaha mengungkap siapa pelaku sebenarnya.

Selain itu, penulis juga sukses mempertahankan karakter setiap tokoh yang ada dalam novel ini, sehingga para pembaca tidak merasa kehilangan karakter favoritnya yang sudah hadir pada seri novel sebelumnya.

Suasana mencekam yang dibangun dalam novel ini juga berhasil membuat para pembaca terbawa suasana, kemunculan seorang pembunuh berantai juga membuat penyelidikan kasus ini menjadi semakin sulit.

Walaupun ada beberapa review dan kritik negatif dari sebagian orang yang tidak menyukai beberapa bagian dalam buku ini, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa Robert Galbraith sukses menyatukan kepingan misteri dan menyelesaikan kasus ini sampai tuntas.

Bagi kamu yang penasaran dan tertarik untuk mengikuti perjalanan para detektif dalam mengungkap misteri, kamu bisa mendapatkan buku Kecamuk Darah (Troubled Blood) melalui online di website Gramedia.com, dan kamu juga bisa mengakses versi e-booknya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com