Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku Mantappu Jiwa: Belajar Memaknai Arti Kerja Keras dari Kehidupan Jerome Polin

Kompas.com - 17/05/2022, 17:33 WIB
Sumber Gambar: instagram.com/jeromepolin
Rujukan artikel ini:
Mantappu Jiwa *Buku Latihan Soal
Pengarang: Jerome Polin Sijabat
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

“Minasan. Konnijiwa!”

Bagi para penggemar Jerome Polin dan sering menonton channel Youtube “Nihongo Mantappu”, pasti sudah tidak asing lagi dengan kalimat ini, karena selalu disebutkan dalam setiap opening video Youtubenya.

Jepang memang sudah seperti tempat tinggal kedua bagi Jerome Polin, apalagi setelah dirinya resmi diterima sebagai mahasiswa S1 di negara sakura tersebut.

Selain membuat konten Youtube, Jerome juga menulis sebuah buku yang berjudul Mantappu Jiwa, yang ternyata diambil dari kata-kata dalam jargonnya yang selalu muncul di setiap video youtubenya.

Sinopsis Buku Mantappu Jiwa

Banyak orang yang bilang bahwa selama masih hidup, manusia akan selalu menghadapi masalah yang datang tanpa henti.

Berbagai masalah dalam kehidupan inilah yang menjadi pondasi bagi Jerome Polin untuk menulis buku ini, buku yang berisi cara-caranya dalam menghadapi setiap persoalan yang datang dalam hidupnya.

Pria kelahiran 1998 yang akrab disapa Jerome ini lahir saat kondisi sosial dan politik Indonesia berada dalam posisi yang sulit akibat terjadinya peristiwa reformasi.

Setelah dewasa pun, Jerome masih harus berusaha untuk sekolah dengan kondisi ekonomi keluarganya yang terbatas, sampai akhirnya kegigihan dan kerja kerasnya membuahkan hasil yang sepadan.

Tidak pernah terbayang sebelumnya bagi Jerome bahwa ia akan menjadi salah satu penerima beasiswa Mitsui Bussan dari pemerintah Jepang, dan membuatnya bisa melanjutkan pendidikan S1 di salah satu universitas swasta paling prestisius di Jepang, Waseda University.

Selain kerja keras dan konsistensinya, Matematika juga menjadi salah satu faktor yang mengubah hidup Jerome.

Salah satu mata pelajaran yang paling dibenci banyak siswa ini justru menjadi teman yang menyenangkan dan membuat Jerome memutuskan untuk memilih jurusan Matematika Terapan dalam program sarjana nya di Waseda.

Selain membahas mengenai berbagai cara yang dilakukan Jerome untuk mengatasi masalah dalam kehidupannya, buku ini juga akan bercerita mengenai perjalanan Jerome sebagai seorang Mahasiswa dan Youtuber yang terkenal lewat channel-nya “Nihongo Mantappu”.

Untuk lebih mengenal dan belajar arti kerja keras dalam kehidupan seorang Jerome Polin, kamu bisa membaca buku ini lebih dalam lagi.

Review Buku Mantappu Jiwa

“Walaupun jalannya tidak bisa semulus orang lain, atau hasilnya tidak sebaik orang lain, tapi setidaknya kita sudah bisa menghasilkan sesuatu.”

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kutipan dalam bukunya ini juga menjadi rumus yang dipegang oleh Jerome dalam menjalani kehidupannya, karena menurutnya tidak ada satupun manusia yang bisa sukses tanpa adanya niat dan usaha.

Buku Mantappu Jiwa ini berisi kisah hidup yang harus dilalui Jerome mulai dari perjuangannya untuk belajar dan mendalami Matematika, mengikuti banyak perlombaan sejak SMA, dan jatuh bangunnya untuk mendapatkan beasiswa di beberapa Universitas, sampai akhirnya ia berhasil menjadi salah satu penerima beasiswa Mitsui Bussan.

Perjuangan Jerome pun tidak berhenti sampai disitu, ia juga harus belajar menaklukan bahasa Jepang dari nol, memperdalam ilmu Matematika, Kimia, dan Fisika, serta beradaptasi di negara asing yang akhirnya membuahkan hasil dengan diterimanya ia menjadi Mahasiswa di Universitas Waseda.

Semua perjuangan dan kerja kerasnya ini tertulis lengkap dalam bagian pertama dalam bukunya.

Setelah membahas mengenai perjuangan kuliah, buku ini masuk ke bagian kedua yang akan membahas mengenai perjuangannya dalam membangun channel Youtube yang saat ini sudah berhasil memiliki lebih dari 8 juta subscribers.

Di awal pembuatan channel Youtubenya, Jerome cuma punya satu tujuan, yaitu memberikan beberapa tips untuk bisa mengerjakan soal Matematika dengan cara yang mudah, sampai akhirnya sekarang channel-nya berhasil berkembang dan memiliki banyak konten yang menarik.

Perjuangan membangun channel Nihongo Mantappu ini juga ternyata tidak mudah, saat videonya mulai memiliki banyak penggemar, sahabatnya memutuskan untuk mundur dari dunia Youtube dan membuat Jerome harus memikirkan ide kontennya sendirian.

Tapi Jerome tidak pernah kehabisan ide, saat memulai kelas bahasa Mandarin pertamanya, ia berkenalan dan membuat konten dengan salah satu teman kelasnya yang merupakan Mahasiswa asli Jepang, tidak disangka video tersebut viral dan membuat nama Jerome mulai dikenal banyak orang.

Kecintaannya pada Matematika juga ditunjukkan dengan desain cover dan desain di tiap halamannya yang sangat menonjolkan unsur dan simbol Matematika, tapi buku ini dijamin tidak akan membuat kamu pusing karena ceritanya disusun dengan sangat baik sehingga mudah sekali untuk dipahami

Buku ini sangat recommended untuk kamu yang butuh motivasi dalam menjalani kehidupan.

Isi dalam bukunya sangat kompleks tapi dikemas dengan rapi sehingga membuat buku ini sangat worth it untuk dibaca semua kalangan.

Bagi kamu yang masih sering mengeluh, kamu bisa menjadikan buku ini sebagai motivasi untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi, dan bagi kamu yang sedang berusaha mengejar impian, kisah Jerome Polin ini bisa kamu jadikan sebagai motivasi bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika kamu mau terus belajar dan berusaha.

Buku Mantappu Jiwa karya Jerome Polin ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di Gramedia.com, atau kamu juga bisa membaca e-booknya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com