Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Memunculkan Varigata pada Tanaman Monstera

Kompas.com - 22/02/2022, 09:30 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Merawat Monstera
Pengarang: Redaksi Agromedia
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Tanaman memiliki peran yang penting bagi kehidupan manusia.

Tanaman menyediakan udara segar atau oksigen yang menjadi unsur utama manusia dalam bernapas, jadi tanpa tanaman, manusia dan binatang tidak akan bisa hidup.

Tapi tanaman sebenarnya tidak hanya bisa dijadikan sebagai penghasil oksigen semata, sebab tanaman juga mampu menciptakan suasana yang asri dan membuat lingkungan jadi terlihat lebih alami.

Setiap jenis tanaman memiliki ciri khasnya tersendiri, ada yang bisa memikat orang dengan bunga-bunga cantiknya, atau juga dengan daunnya yang berwarna belang yang biasanya disebut dengan istilah variegata.

Variegata atau varigata merupakan sebuah istilah yang dipakai untuk menyebut adanya kelainan pada tumbuhan sehingga menghasilkan corak yang warnanya berbeda-beda, tapi kelainan ini justru membuatnya terlihat cantik dan digemari oleh banyak orang.

Varigata ini bisa terjadi karena kurangnya pigmen hijau klorofil pada beberapa sel tumbuhan, yang biasanya terjadi karena efek dari adanya mutasi sel.

Para pecinta tanaman hias pasti sudah tidak asing lagi dengan nama varigata, terutama pada tanaman monstera yang saat ini sedang marak diperbincangkan dan menjadi incaran para kolektor.

Tanaman monstera ini memiliki daun lebar yang sangat cantik jika diletakkan di pekarangan atau di sudut rumah.

Nah, berbicara soal varigata, ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk memunculkan varigata pada tanaman monstera.

3 Cara Memunculkan Varigata pada Monstera

1. Menggunakan Herbisida

Herbisida merupakan senyawa yang digunakan untuk membasmi gulma yang biasanya ada pada tanaman.

Dengan menyemprotkannya ke arah gulma, maka gulma tersebut bisa mati sampai ke akarnya.

Ternyata, kamu juga bisa menggunakan herbisida ini untuk memunculkan adanya varigata pada tanaman monstera yang kamu punya.

Tapi cara yang satu ini juga memiliki resiko yang tinggi, bukan tidak mungkin tanaman monstera kamu malah akan mati keracunan karena salah penanganan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus menggunakan herbisida dengan dosis yang sangat kecil di beberapa titik tempat tumbuhnya tanaman, baru kemudian kamu bisa melihat hasilnya.

Cara ini membutuhkan beberapa kali percobaan sampai belang-belang pada daun terlihat dengan jelas.

2. Bungkus Daunnya

Cara yang satu ini memiliki resiko kegagalan yang lebih rendah, di mana kamu tinggal membungkus daunnya dengan menggunakan kain atau plastik hitam.

Nantinya, bagian daun yang terbungkus akan menjadi semakin gelap sementara bagian yang tidak terbungkus akan berwarna cerah, cara ini biasanya cukup efektif untuk merangsang munculnya varigata pada monstera.

3. Memanfaatkan Semut

Kalau kamu melihat banyak semut di sekitar tempat tinggalmu, jangan buru-buru untuk membasminya, karena kamu bisa menjadikannya sebagai bahan khusus untuk membuat pertumbuhan tanaman jadi tidak normal dan nantinya bisa memunculkan varigata pada daun.

Caranya, kamu tinggal haluskan dan ambil air sari dari semut, siramkan air sarinya ke beberapa titik tumbuhnya tanaman setiap 3 sampai 4 kali dalam seminggu, saat tunas daun baru mulai tumbuh, kamu akan mendapatkan daun dengan warna yang belang-belang karena tanamannya tidak tumbuh dengan baik.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan beberapa cara diatas, kamu bisa mulai mempraktekkannya sendiri pada tanaman monstera yang kamu punya, jangan lupa untuk memperhatikan setiap resikonya supaya tidak terjadi kegagalan.

Aspek yang Perlu Diperhatikan dalam Menanam Monstera

Nah, setelah berhasil memunculkan varigata pada tanaman monstera, ada beberapa aspek juga yang harus kamu perhatikan untuk membuat tanaman ini tetap bisa tumbuh dengan baik, antara lain:

1. Pupuk

Dalam merawat tanaman monstera, pemberian pupuk memang perlu diperhatikan.

Kamu harus menggunakan pupuk dari bahan organik untuk tetap mempertahankan warna daunnya, sebab pupuk berbahan kimia biasanya memiliki bahan yang bisa meningkatkan zat hijau daun, yang nantinya malah akan membuat daun pada tanaman monstera berubah menjadi hijau lagi seperti sebelumnya.

2. Cahaya

Tanaman monstera akan tumbuh dengan baik jika tetap diletakkan di tempat yang terang dan mudah untuk terkena sinar matahari pagi.

Jadi, usahakan untuk tidak meletakkannya di tempat yang terlalu teduh.

3. Kelembapan

Tanaman hias yang satu ini ternyata menyukai tanah yang lembab dan tidak menyukai tanah yang terlalu kering atau terlalu basah.

Oleh karena itu, kamu harus rajin mengecek kondisi tanahnya dengan menggunakan jari telunjuk.

Saat tanahnya masih dalam kondisi basah, maka kamu tidak perlu menyiramnya dengan air.

Merawat tanaman yang satu ini memang membutuhkan banyak sekali aturan untuk bisa membuatnya tetap tumbuh dengan baik.

Tapi waktu dan usaha yang kamu gunakan untuk merawat tanaman ini pastinya juga sebanding dengan hasil yang kamu dapatkan nanti saat monstera-nya sudah tumbuh besar.

Nah, bagi kamu yang tertarik dan ingin mengetahui seluk beluk mengenai tanaman monstera, ada dua buku yang menarik dan bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam merawat tanaman ini.

Buku pertama berjudul Merawat Monstera yang ditulis oleh Redaksi Agromedia, dan buku kedua berjudul Kiat Mempercantik Monstera Ala Gudang Kembang yang ditulis oleh Mican @GudangKembang.

Walaupun menjadi incaran para kolektor, tapi tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk merawat tanaman ini, maka kedua buku ini hadir untuk menjelaskan cara-cara merawat dan mempercantik tanaman monstera mulai dari akarnya.

Dirangkum dari beberapa keilmuwan yang didapat dari para praktisi, buku ini juga akan membahas beberapa hal seperti jenis-jenis tanaman monstera, cara menjinakkan hama alami tanaman monstera, dan bagaimana caranya meracik media tanam yang tepat untuk tanaman ini.

Selain itu, kedua buku ini juga akan memberikan beberapa review dari orang-orang yang sudah berpengalaman dalam merawat tanaman monstera sehingga kamu benar-benar mendapatkan pelatihan yang tepat dari para ahlinya.

Untuk mendapatkan kedua buku ini, kamu bisa membelinya di toko buku online Gramedia.com, atau membaca versi ebooknya di Gramedia Digital.

Selain itu, kamu juga bisa dapatkan gratis voucher diskon tanpa minimal pembelian. Klik di sini untuk dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com