Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Manfaat Aglaonema, Tanaman Pembawa Keberuntungan yang Sedang Populer

Kompas.com - 04/02/2022, 18:37 WIB
Sumber Foto: Canva
Rujukan artikel ini:
Serial Galeri Eksotika: Aglaonema,Pesona Sang…
Pengarang: Abdul Kadir
Penulis Renny Novita
|
Editor Almira Rahma Natasya

Banyak orang yang mencoba hobi baru untuk mengisi waktu di masa pandemi, termasuk diantaranya adalah mengoleksi tanaman hias.

Salah satu tanaman hias yang banyak diminati adalah Aglaonema yang merupakan jenis tanaman hias di dalam ruangan.

Aglaonema juga dikenal sebagai The Chinese Evergreen, atau di Indonesia sendiri disebut juga dengan nama Sri Rejeki, karena tanaman ini dipercaya dapat mendatangkan rejeki atau keberuntungan pemiliknya.

Saking tingginya permintaan pasar lokal dan mancanegara, peluang ini banyak dimanfaatkan dengan bermunculan pengusaha baru di bidang nurseri Aglaonema.

Apalagi menurut pengalaman para pengusaha yang sudah lama berkecimpung di bidang ini, berkebun Aglaonema mempunyai kelebihan, yaitu mudah dikembangkan, tidak memerlukan lahan luas, dan modal yang diperlukan relatif terjangkau.

Jenis Aglaonema yang Diminati Pasar

Aglaonema atau disebut juga dengan aglo sangat disukai karena memiliki ragam warna dan corak.

Agleonema Pictum Tricolor yang berwarna hijau dan berhabitat di Indonesia sangat disukai oleh konsumen mancanegara terutama dari negara empat musim.

Sementara pasar lokal menyukai kelir cerah seperti merah.

Begitu pula Aglaonema lawas seperti Aglaonema Goliath yang harganya bisa sangat tinggi, berkisar Rp 7-8 juta per pot.

Selain mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, Aglaonema juga mempunyai manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh pemiliknya.

3 Manfaat Aglaonema

1. Air Purifier Terbaik

Tanaman hias Aglaonema sama seperti tanaman hias lainnya yang mempunyai kemampuan untuk menyaring polusi dan racun udara yang ada di dalam ruangan.

Namun, akar Aglaonema mampu menghilangkan polusi udara di konsentrasi yang lebih tinggi.

Menurut salah satu penelitian yang dilakukan oleh NASA dan the Associated Landscape Contractors of America (ALCA) yang dilakukan di akhir dekade 1980-an, Aglaonema merupakan salah satu dari 15 tanaman dari berbagai genus yang berperan dalam mengurangi polusi udara.

2. Meningkatkan Kelembapan Ruangan

Selain mampu membersihkan udara, adanya Aglaonema di dalam ruangan mampu meningkatkan kelembapan ruangan sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit pernafasan.

3. Mengurangi Tingkat Stres

Sebuah penelitian menunjukan jika stres yang kita alami bisa terjadi karena kurangnya waktu berada di udara terbuka dan menyatu dengan alam, termasuk melihat pemandangan hijau.

Terutama di masa pandemi ini, sekitar 90% orang lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam ruangan dibandingkan di luar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, mempunyai hobi berkebun atau menanam bunga ternyata mempunyai manfaat pula dalam segi psikologis.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa dengan menghabiskan waktu lima menit saja mengurus tanaman, hal ini dapat mengurangi tingkat stres.

Tidak salah jika tanaman Aglaonema disebut sebagai tanaman yang mendatangkan rezeki karena dengan sehat secara jasmani dan rohani, kamu bisa bekerja dan berusaha sehingga bisa meraih impianmu.

Memelihara Aglaonema

Ada banyak sekali jumlah dan penamaan untuk tanaman Aglaonema, terutama untuk hibrida. Seperti misalnya Chiang May adalah nama Aglaonema hasil persilangan antara yang berdaun hijau dan berdaun merah.

Jika kamu pernah mendengar nama Esmeralda, Amelia, Golden Bay, Illumination, ini sebenarnya menunjuk pada tanaman yang sama.

Walaupun bisa dibilang merawat Aglaonema tidak sulit, tapi tetap saja kamu harus memperhatikan beberapa faktor agar dia dapat tumbuh dengan baik.

Hal yang berperan penting agar daunnya cerah dan sehat antara lain lingkungan tumbuh, media, penyiraman, dan pemupukan.

Sebagai jenis tanaman perdu, Aglaonema tumbuh di belahan dunia di bawah kerindangan pohon.

Jadi dia memang menyukai tempat yang teduh sehingga suhu, pH, kelembapan, intensitas cahaya, dan ketinggian lokasi menjadi penting bagi pertumbuhannya.

Beberapa alat seperti pH meter dan Hygrometer menjadi senjata untuk mengukur secara berkala tingkat keasaman media dan kelembapan udara.

Berbekal pengetahuan dari buku Serial Galeri Eksotika: Aglaonema, Pesona Sang Ratu Daun, kamu juga akan mengetahui ketika kelembapan udara terlalu rendah, daun si cantik akan terlihat pucat. Sementara jika terlalu tinggi, malah menimbulkan cendawan.

Ketika kita ingin memulai hobi menanam tumbuhan, memang sebaiknya kita juga ikut membekali diri agar berhasil merawatnya.

Kamu bisa membeli buku Serial Galeri Eksotika: Aglaonema, Pesona Sang Ratu Daun atau buku tentang cara memelihara dan merawat Aglaonema lainnya yang tersedia banyak di Gramedia.com.

Sebagai toko buku terbesar di Indonesia, Gramedia punya banyak pilihan buku merawat tanaman sesuai dengan preferensi kamu.

Selain itu, kamu juga bisa dapatkan gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini dan dapatkan vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com