Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Baca Buku Tapi Penghasilan Belum Cukup? Ini Cara Irit Membaca Ratusan Buku Tiap Bulan

Kompas.com - 13/02/2022, 09:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia buku, kegiatan membaca buku pasti menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Sayangnya, tidak semua pecinta buku bisa dengan mudah membeli buku-bukunya sendiri, karena kebanyakan dari mereka belum memiliki penghasilan yang cukup untuk sekadar membeli beberapa buku.

Tapi kamu tidak perlu khawatir karena masih ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengakali hal ini.

Berikut adalah beberapa cara irit membaca ratusan buku berbagai genre yang bisa kamu coba.

Rekomendasi Buku dari Berbagai Genre

1. Pergi ke Perpustakaan

Perpustakaan adalah salah satu tempat yang menyediakan ratusan buku dengan berbagai macam genre yang bisa kamu baca dengan mudah.

Kamu hanya tinggal mendaftar sebagai member atau anggota perpustakaan tersebut untuk bisa mendapatkan akses gratis, baru kemudian kamu bisa membaca koleksi buku-bukunya.

Dengan cara ini, kamu bisa lebih mengirit pengeluaran karena kamu tidak perlu membeli buku baru, selain itu perpustakaan juga menyediakan kartu peminjaman mingguan yang bisa kamu gunakan jika ingin memiliki buku tersebut untuk sementara.

2. Menunggu Info Diskon atau Promo

Bagi kamu yang belum memiliki penghasilan yang cukup tapi tetap ingin memiliki buku-buku baru, kamu bisa coba menunggu info mengenai diskon atau promo yang biasanya ada di tanggal-tanggal tertentu.

Cara yang satu ini sebenanya sangat worth it untuk dilakukan karena kamu bisa menabung sedikit demi sedikit sambil menunggu informasi promo yang menarik.

Bahkan di awal atau akhir tahun, ada beberapa toko buku yang mengadakan promo dan diskon besar-besaran, mulai dari 30% sampai 50%.

3. Membeli Buku Bekas atau Preloved

Jika kamu tidak terlalu suka menunggu info promo atau diskon, kamu juga bisa coba membeli buku-buku bekas atau preloved yang sudah pernah dibaca oleh orang lain.

Saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan buku-buku bekas, misalnya di pasar atau di marketplace.

Tapi dalam membeli buku bekas kamu harus cek kondisinya terlebih dahulu, karena tidak jarang buku-buku tersebut dijual dalam kondisi yang kurang bagus, dan jangan lupa pastikan bahwa buku itu adalah buku original, bukan bajakan.

4. Membaca E-Book

Kalau penghasilan kamu belum cukup untuk membeli buku fisik, maka membaca e-book juga bisa menjadi solusi yang tepat.

Tapi kalau kamu mau menggunakan cara ini, pastikan kamu membaca e-booknya di platform yang tepat dan jangan membaca atau mendownload e-book versi bajakan untuk menghargai para penulis bukunya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Salah satu aplikasi membaca e-book yang resmi, original, dan bisa kamu akses dengan mudah adalah aplikasi Gramedia Digital.

Gramedia Digital ini menyediakan ratusan bacaan seperti buku, majalah, tabloid, dan koran yang di update secara berkala setiap harinya.

Tutorial Penggunaan Aplikasi Gramedia Digital

1. Registrasi di Website Gramedia Digital

Kamu harus lebih dulu melakukan registrasi dan login melalui e-mail di website ebooks.gramedia.com.

2. Membeli Paket Berlangganan

Jika kamu ingin membaca beragam buku, majalah, tabloid, dan koran di Gramedia Digital, kamu harus berlangganan paket premiumnya terlebih dahulu.

Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa menghemat pengeluaran karena harga paket premium yang ditawarkan di Gramedia Digital ini sangat terjangkau.

Dengan membayar Rp 89.000 saja, kamu sudah bisa mengakses ratusan buku sepuasnya setiap bulan, tidak hanya itu, masih ada beberapa paket berlangganan lain yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.

Setelah memilih paket premium yang kamu inginkan, kamu bisa klik “buy now” dan lanjutkan ke pembayaran.

3. Lakukan Pembayaran

Gramedia Digital menyediakan banyak tipe pembayaran yang bisa kamu pilih, sehingga sangat memudahkan proses pembayaranmu.

Setelah memilih tipe pembayaran, kamu akan mendapatkan kode pembayarannya dan bisa langsung melakukan pembayaran sesuai dengan tagihan yang sudah tertera.

4. Buka Aplikasi Gramedia Digital

Saat kamu sudah berhasil berlangganan paket premium, kamu bisa langsung login melalui aplikasi Gramedia Digital.

Kamu bisa langsung mencari judul buku yang kamu inginkan, klik gambar cover bukunya dan klik “unduh”, dan kamu bisa langsung membaca isi bukunya secara lengkap.

Jadi tunggu apalagi? Ikuti tutorial penggunaannya, beli paket berlangganan, dan kamu bisa langsung membaca ratusan buku incaranmu dengan mudah dan praktis.

Aplikasi Gramedia Digital saat ini sudah bisa kamu akses melalui smartphone, yang bisa kamu download melalui link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.appsfoundry.scoop.

Selain itu, ada juga gratis voucher diskon yang bisa kamu dapatkan dan gunakan tanpa minimal pembelian. Segera klik di sini untuk dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com