Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Komik Korea Terpopuler

Kompas.com - 03/12/2021, 09:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Stories After Dark: Korea
Pengarang: HUANG JIA JUN
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Komik merupakan sebuah media yang biasanya digunakan untuk mengekspresikan ide dengan menggunakan gambar yang dikombinasikan dengan tulisan atau teks, yang tujuannya untuk menghibur para pembaca.

Saat ini sudah banyak sekali komik terkenal yang berasal dari berbagai negara, seperti komik ala Jepang yang disebut Manga, komik ala Cina yang disebut Manhua, dan komik ala Korea yang disebut Manhwa.

Perkembangan komik Korea Manhwa ini sangat pesat sejak 10 tahun terakhir, bahkan sudah memiliki banyak penggemar dari berbagai negara, salah satunya Indonesia.

Pesatnya perkembangan komik Korea ini juga dikarenakan semakin kreatifnya para penulis dalam membuat karakter gambar.

Jika dulu karakter di komik Korea digambarkan mirip dengan manga ala Jepang, maka sekarang sudah mulai punya karakternya sendiri.

Dari segi genre, komik Korea juga sudah mulai beragam, dari genre fantasi, horor, atau yang terbaru adalah komik-komik pendidikan untuk anak, yang ceritanya dikemas dengan cara menarik.

Nah, ada beberapa rekomendasi komik Korea terpopuler seru yang bisa kamu baca di hari libur. Berikut daftarnya.


Baca juga: Rekomendasi Komik Attack On Titan


Rekomendasi Komik Korea Terpopuler

1. Stories After Dark: Korea – Huang Jia Jin

Pada awalnya, Ji Han hanya ingin pergi menghindari ibunya.

Ia berencana naik ke lantai yang paling tinggi, tapi letak tombolnya yang terlalu tinggi membuat Ji Han tidak bisa menjangkaunya.

Beruntung, ada seseorang yang membantu memencet tombolnya.

Tapi, Ji Han baru sadar bahwa ternyata hanya dia saja yang berada di dalam lift.

Seseorang yang membantunya tadi adalah sosok menyeramkan yang sering sekali mengganggu wilayahnya, lantas apa yang akan terjadi pada Ji Han?

2. Cerita Hantu di Sekolah: Korea – Yim, Kang Jae dan Jung, Hyun hee

Janji reuni 10 tahunan yang dibuat oleh Yumi dan dua sahabatnya tidak berjalan dengan mulus karena kedua sahabat Yumi sudah lebih dulu meninggal dunia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Setelah membuka kapsul yang dikubur di halaman sekolah, Yumi menemukan barang-barang yang ditinggalkan kedua sahabatnya, tapi kebanyakan barang tersebut ternyata sudah mengisyaratkan penyebab kematian mereka. Lalu, apa yang sebenarnya terjadi?

Selain kisah Yumi, masih ada kisah hantu di ruang baca, kematian misterius sang juara sekolah, hantu di klub tari, dan masih banyak cerita horor lainnya yang siap membuat bulu kudukmu berdiri.


Baca juga: Review Komik Atuy Galon


3. Seri Aku dan Keluargaku: Tubuh Kita yang Hebat –Hong Yoon, Choi Hyun

Komik pendidikan anak yang dikemas dengan sangat sederhana ini menceritakan soal hubungan keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan dua anaknya.

Cerita dimulai dari sang kakak yang ketakutan karena seiring bertambahnya usia, ia merasa tubuhnya akan semakin bertumbuh tinggi sampai menembus ke atap.

Tapi ayahnya justru bicara sebaliknya, tubuhnya malah akan berhenti tumbuh tinggi saat usianya sudah dewasa, apa yang menyebabkan hal itu terjadi?

4. Komik Pintar Detektif Sains Anak 01: Pecahkan Kasus Misteri dengan Sains – Hee Jung dan Yang Seon

Komik juga bisa menjadi sarana yang mengasyikan untuk belajar banyak hal, salah satunya belajar ilmu sains.

Komik pertama dari seri Detektif Anak ini menceritakan kisah Park Chunsam, seorang Kepala Sekolah yang memutuskan untuk mendirikan Sekolah Detektif Anak.

Di periode pertama mengisahkan tentang dibangunnya sekolah tersebut, ia kemudian merekrut empat orang anak berbakat yang langsung diminta untuk memecahkan sebuah kasus.

Komik ini akan mengajak kamu memecahkan banyak kasus misteri, tapi di sisi lain kamu juga bisa belajar sains dengan cara yang menyenangkan.

5. Komik Pintar Dektektif Sains Anak 02: Temukan Barang Bukti dengan Sains - Hee Jung dan Yang Seon

Masih membahas kisah empat anak berbakat yang kini sudah tergabung dalam kelompok Satuan Detektif Sains Anak atau CSI.

Pada komik seri keduanya kali ini, Hyeseong dan kawan-kawan ditugaskan untuk menangkap pelaku pembakaran gedung dan menyelamatkan seorang idol yang diculik.

Dengan tetap menggunakan ilmu sains sebagai pedoman, mereka berusaha untuk menyelesaikan semua misinya dengan cepat dan tanggap.

Yuk, kamu juga bisa ikut memecahkan banyak kasus yang menantang sekaligus belajar materi sains bersama dengan CSI.

Bagi kamu yang tertarik dan ingin membaca komik-komik diatas, kamu bisa dengan mudah menemukan dan membelinya melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com