Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut 5 Cara Mengetahui Karakter Seseorang yang Bisa Kamu Terapkan

Kompas.com - 24/01/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Who Are You?
Pengarang: Jung Wooyul
|
Editor Almira Rahma Natasya

Ketika bersosialisasi atau berinteraksi dengan seseorang yang baru, seringkali kita suka menebak-nebak seperti apa karakter yang dimiliki lawan bicara.

Selain menyenangkan bagi sebagian orang, mengetahui karakter orang lain juga bisa bermanfaat untuk memudahkan dalam berkomunikasi dan beradaptasi dengan orang tersebut.

Meskipun sulit untuk mengetahui karakter seseorang secara spesifik, terutama jika kamu baru mengenalnya, namun ada beberapa cara untuk mengetahui karakteristik seseorang yang mudah terlihat.

Berikut adalah lima cara mengetahui karakter seseorang yang bisa dengan mudah kamu terapkan.

5 Cara Mengetahui Karakter Seseorang

1. Cara Berjabat Tangan

Saat berkenalan dengan orang baru, biasanya hal pertama yang akan kamu lakukan adalah saling berjabat tangan.

Kamu bisa mengetahui karakter orang tersebut dari caranya ketika kalian berjabat tangan.

Jika jabatan tangannya kuat, maka bisa menandakan bahwa orang tersebut memiliki kepercayaan diri yang tinggi, sementara jabatan tangan yang lemah bisa menunjukkan kurangnya rasa percaya diri.

Jabatan tangan yang kuat juga bisa menggambarkan seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert dan cenderung ekspresif.

2. Disiplin Waktu

Kamu juga bisa melihat karakter seseorang berdasarkan ketepatan waktunya saat menghadiri pertemuan.

Seseorang yang tepat waktu menunjukkan bahwa dirinya merupakan orang yang disiplin dan menghargai orang lain.

Selain itu, biasanya orang tersebut juga memiliki target atau tujuan yang jelas dan dengan gigih berusaha untuk menggapainya.

Sedangkan seseorang yang seringkali terlambat menunjukkan bahwa dirinya kurang menghargai orang lain, pemalas, dan tidak memiliki manajemen waktu yang baik.

Namun terkadang, keterlambatan waktu juga dapat menggambarkan seseorang yang santai sehingga merasa tidak perlu untuk datang terburu-buru.

3. Cara Memperlakukan Orang yang Inferior

Untuk melihat bagaimana karakter seseorang terkait caranya menghargai orang lain, selain dengan memperhatikan kedisiplinan waktu, kamu juga bisa menilainya dari cara orang tersebut memperlakukan orang yang inferior, seperti pelayan restoran, pelayan toko, penjaga keamanan, dan lain-lain.

Jika orang tersebut dengan ramah mengucapkan terima kasih atas pelayanan yang telah diberikan, maka hampir dapat dipastikan bahwa orang tersebut memiliki karakter yang baik dalam menghargai orang lain.

Sebaliknya, perlakuan yang buruk juga bisa menegaskan karakter orang tersebut yang hanya menghargai orang-orang tertentu saja.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Penampilan

Penampilan bisa mengungkapkan banyak hal mengenai karakter diri seseorang.

Seperti pakaian yang dikenakan saat menghadiri pertemuan formal ataupun non-formal beserta dengan pemilihan warnanya, apakah mereka memiliki tato atau tindik, perhiasan yang mereka pakai, dan lain-lain.

Meskipun menilai seseorang hanya berdasarkan penampilan luar saja bukanlah hal yang baik, namun tidak dapat dipungkiri bahwa penampilan seseorang akan memberikan kesan pertama yang cukup kuat.

5. Intensitas Penggunaan Handphone

Kamu juga bisa mengetahui karakter seseorang dengan memperhatikan seberapa sering mereka mengecek atau memeriksa handphone ketika sedang berbicara.

Jika seseorang terlalu sering membuka handphone, maka kamu bisa menilai orang tersebut kurang bisa menghargai orang lain, bukan merupakan pendengar yang baik, dan kurang memiliki perasaan keterkaitan yang mendalam saat berinteraksi langsung dengan orang lain.

Biasanya orang dengan karakter di atas juga merupakan orang yang kurang stabil dalam segi emosional.

Nah, itulah lima cara mudah untuk mengetahui karakter yang dimiliki oleh seseorang.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui karakteristik seseorang melalui hal-hal lain selain yang telah disebutkan di atas, kamu bisa membaca buku Who Are You? yang ditulis oleh Jung Wooyul ini.

Buku yang ditulis dengan tujuan untuk membantu pembaca bisa memahami dirinya sendiri dengan baik melalui hal-hal yang seringkali tidak disadari ini, juga bisa kamu gunakan untuk membaca karakter orang lain.

Melalui buku ini, penulis mengungkapkan cara untuk mengetahui karakter seseorang melalui kebiasaan-kebiasaan yang unik, seperti selera buku atau film, tulisan tangan, perilaku saat tertawa, cara makan sup iga sapi, memilih topping pizza, isi dompet, mengganti foto profil media sosial, dan masih banyak lagi

Selain pemaparan yang menarik terkait cara mengetahui karakter seseorang, buku ini juga memuat ilustrasi-ilustrasi berwana yang cantik dan memanjakan indra penglihatan, sehingga kamu tidak akan merasa bosan selama membaca bukunya.

Penulis berharap buku ini akan membantu kamu dalam mengenali pikiran bawah sadar yang seringkali terabaikan, sehingga kamu bisa memahami alasan yang melatarbelakangi emosi-emosi yang kamu rasakan saat bersosialisasi.

Selain mengenali diri sendiri, kamu juga bisa lebih mengenali orang lain dengan membaca karakteristik orang tersebut melalui cara-cara yang disampaikan di dalam buku ini, sehingga kamu bisa beradaptasi dengan mudah dan memiliki hubungan yang lebih dekat dengan orang lain.

Jika kamu tertarik untuk membaca bukunya, kamu bisa mendapatkan buku Who Are You? ini dengan membelinya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli bukunya dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com