Betah Menjomblo? Ini 5 Cara Bahagia Tanpa Pacar

Kompas.com - 13/01/2022, 22:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Jika Kita Tak Pernah Baik-Baik…
Pengarang: Alvi Syahrin
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Setiap manusia memiliki caranya sendiri untuk bisa mencari dan menemukan kebahagiaan dalam hidupnya.

Tapi pada beberapa kasus, banyak juga yang mengatakan bahwa manusia baru bisa bahagia jika ia memiliki pasangan dalam hidupnya, sehingga orang-orang yang berstatus jomblo sering menjadi bahan olok-olok.

Hal itu tidak sepenuhnya salah, tapi menjadi seorang jomblo juga sebenarnya bukan sesuatu yang menyedihkan atau mengenaskan, karena baik berpacaran maupun menjomblo punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi kamu yang betah menjomblo, kamu juga tetap bisa menjalani dan menikmati hidup dengan bahagia tanpa adanya pasangan.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa hidup bahagia tanpa pacar.

5 Cara Bahagia Tanpa Pacar

1. Menekuni Hobi

Dalam hidup ini, kebahagiaan bisa kamu dapatkan dari banyak sumber, jadi sosok pacar bukanlah satu-satunya sumber kebahagiaanmu.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menekuni kegiatan atau hobi yang kamu sukai, kamu bisa coba untuk berkebun, melukis, berolahraga, memasak, membaca buku, dan masih banyak lagi hobi lain yang bisa kamu lakukan.

Selain untuk mengisi waktu luang untuk lebih produktif, menekuni hobi juga bisa menyegarkan pikiran kamu dan bisa mendorongmu untuk meningkatkan kemampuan diri sendiri.

2. Mengejar Karir dan Cita-Cita

Setiap orang pasti memiliki cita-cita dan impian yang besar dalam hidupnya.

Jadi selagi kamu tidak punya pacar, kamu pasti memiliki waktu luang yang lebih banyak dan bisa bisa lebih fokus untuk meraih apapun yang kamu impikan.

Bagi kamu yang masih berstatus sebagai pelajar, kamu harus belajar dengan tekun dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya sebagai bekalmu untuk meraih cita-citamu di masa depan nanti.

3. Me Time Sepuasnya

Ketika kamu menjomblo, kamu sebenarnya jadi memiliki banyak sekali waktu yang bisa dihabiskan untuk dirimu sendiri.

Jika kamu merasa penat setelah padatnya aktivitas, kamu pasti memerlukan saat-saat me time yang berkualitas dengan memanjakan diri dan melakukan berbagai kegiatan yang kamu sukai.

Walaupun kamu tidak punya pacar, kamu tetap bisa bahagia dengan caramu sendiri, jadi tidak ada alasan apapun yang bisa membuatmu bersedih.

4. Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Dalam hidup manusia, keluarga merupakan salah satu hal yang paling penting, walaupun mungkin beberapa dari kamu belum menyadarinya saat ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tapi seiring berjalannya waktu, kamu pasti akan sadar bahwa keluarga adalah yang paling setia menemani setiap perjalanan hidup kamu.

Jadi daripada kamu bersedih karena tidak punya pacar, kamu masih bisa mengajak keluargamu untuk bersenang-senang, misalnya pergi ke tempat wisata atau makan malam di tempat yang bagus.

Kenangan ini pasti akan jadi memori yang indah saat kamu sudah hidup mandiri nantinya.

5. Merefleksi Diri Sendiri

Refleksi diri ini merupakan kapasitas seorang individu untuk melakukan introspeksi diri mengenai sifat, tujuan, dan esensinya sebagai seorang manusia, jadi kamu bisa lebih mengenal dirimu sendiri dengan baik.

Walaupun bahagia menjadi seorang jomblo, tapi ada beberapa orang juga yang memilih menjadi single karena keadaan tertentu misalnya trauma dengan hubungan yang ada di masa lalu.

Melalui refleksi diri, kamu akan lebih dekat dan memahami apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidup ini.

Jika kamu sudah mendapatkan jawaban, kamu bisa menuliskannya dalam diari, dan menjadikan itu sebagai cara untuk menandai setiap progress yang sudah kamu lakukan dalam hidup ini dan membuatmu merasa jauh lebih baik.

Semakin kamu dewasa, kamu akan dihadapkan dengan banyak permasalahan yang lebih kompleks daripada sekadar tidak punya pacar, misalnya permasalahan mengenai karir, pekerjaan, dan permasalahan lain yang membuat kamu jadi tidak bisa mencintai diri sendiri.

Untuk membantu dirimu bangkit dari keterpurukan, kamu bisa coba untuk membaca buku Jika Kita Tak Pernah Baik-Baik Saja yang ditulis oleh Alvi Syahrin.

Buku ini menegaskan bahwa setiap manusia pasti pernah ada dalam fase menyalahkan diri sendiri dan tidak bisa menerima keadaan yang terjadi dalam hidupnya.

Tapi dari fase inilah kamu jadi bisa memahami arti kecewa dan arti bahagia yang kamu miliki dalam kehidupan.

Bab dalam buku ini dibagi menjadi empat bagian, yang menjelaskan tentang patah hati, kehilangan, upaya melepaskan, cara bahagia, dan mencintai diri sendiri, semuanya diurutkan dari konflik dan diakhiri dengan penyelesaian yang baik.

Tidak hanya sekadar motivasi, buku ini juga bisa membuatmu belajar untuk berbesar hati menerima apapun yang ada di dalam hidup ini.

Nah, jika kamu tertarik untuk lebih mendalami isi buku ini kamu bisa membelinya melalui online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.