Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patut Dicoba! 5 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Kompas.com - 01/01/2022, 11:00 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Budidaya Ikan di Pekarangan
Pengarang: Norbertus Kaleka
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha, sebisa mungkin kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman, mulai dari cara berwirausaha, cara memasarkan produk, dan cara berinteraksi dengan pembeli.

Hal ini dilakukan supaya usaha yang kita jalani bisa tetap beroperasi dan berjalan dengan baik.

Tidak sedikit juga akhirnya usaha yang harus gulung tikar karena belum mampu mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi, atau bahkan karena mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan pasar.

Oleh sebab itu, selain harus mengikuti perkembangan zaman, kamu juga harus pintar-pintar memilih usaha yang sesuai dengan permintaan pasar, yang nantinya bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan di masa depan.

Nah, berikut ada beberapa usaha yang punya peluang sukses dan laris manis di masa depan, tapi sudah bisa kamu rintis mulai dari sekarang.

5 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

1. Jasa Fotografi

Tidak bisa dipungkiri bahwa permintaan dan kebutuhan akan foto-foto yang hasilnya bagus kian hari kian meninggi, hal ini terjadi karena orang-orang seakan berlomba untuk memposting foto terbaiknya di media sosial.

Nah, atas dasar inilah usaha fotografi saat ini dianggap sebagai salah satu usaha yang menjanjikan dan punya peluang untuk bisa memberikan keuntungan yang besar di masa depan.

Kamu bisa memanfaatkan website dan media sosial untuk menawarkan jasa fotomu, mulailah untuk menawarkan jasa foto di acara wisuda, pernikahan, dan acara-acara simple lainnya.

Jika kamu sudah profesional dan dikenal banyak orang, kamu bisa mulai membuka studio foto untuk mengembangkan usahamu lebih besar lagi.

2. Bisnis Coffee Shop

Banyaknya peminat kopi di Indonesia membuat bisnis satu ini masih cukup menjanjikan.

Saat ini coffee shop tidak hanya digunakan untuk tempat berkumpul santai saja, tapi banyak juga anak-anak milenial yang menggunakannya sebagai tempat untuk mengerjakan tugas, atau bahkan digunakan oleh orang kantoran untuk meeting dan bertemu dengan klien.

Untuk modal awalnya memang tidak murah, kamu membutuhkan uang untuk menyewa tempat, membeli peralatan kopi, membeli biji kopi, dan banyak aksesoris tambahan untuk membuat tokomu lebih cantik dan bisa menarik banyak pelanggan.

Walaupun begitu, kalau kamu bisa punya inovasi yang menarik dan jarang dimiliki coffee shop lainnya, bukan tidak mungkin penghasilan yang didapatkan nantinya bisa menutup biaya modal awal, dan jika kamu konsisten memberikan pelayanan yang terbaik maka usaha yang kamu jalani ini tetap bisa menjadi usaha yang menjanjikan di masa depan.

3. Jual Beli Barang Antik

Walaupun kelihatannya jadul, tapi barang antik ini bisa menjadi salah satu usaha yang menjanjikan, lho!

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hal ini karena masih banyak para kolektor yang memang memburu dan sangat antusias dengan barang-barang antik ini seperti mobil, motor, perabotan rumah, perhiasan, lukisan, dan masih banyak lagi.

Contohnya saja usaha jual beli motor vespa, untuk tahun ini saja, harga motor vespa generasi lama bisa ditawarkan pada kisaran harga Rp 50 juta sampai Rp 85 juta, bukan tidak mungkin harga ini akan semakin naik dari tahun ke tahun.

4. Jasa Web Desain

Berbagai perusahaan skala kecil, menengah, hingga besar saat ini sudah mulai mengembangkan web perusahaannya masing-masing dengan tujuan untuk menjangkau pasar digital.

Jasa web desain ini bisa jadi kesempatan emas buat kamu yang sebelumnya sudah punya keahlian di bidang ini.

Jenis usaha yang satu ini bisa sangat menjanjikan di masa depan karena perusahaan-perusahaan itu akan sangat membutuhkan pegawai yang bisa ditugaskan untuk mengembangkan situs web perusahaan.

5. Budidaya Ikan

Budidaya ikan menjadi salah satu usaha yang menjanjikan di masa depan, kamu bisa memilih untuk budidaya ikan hias misalnya seperti arwana, budidaya ikan cupang, rainbow fish, atau bisa juga ikan untuk kebutuhan konsumsi misalnya seperti lele, nila, gurame, dan masih banyak lagi.

Sebelum memulai bisnis ini, ada baiknya kamu lebih dulu mengenali dan melakukan survei pasar di lingkungan kamu, supaya usaha budidaya ikan yang kamu jalani ini bisa sesuai dengan kebutuhan pasar yang ada, dan jangan lupa juga untuk mencari tahu mengenai agen dan distributor ikan yang sudah terpercaya untuk menghindari kamu dari kerugian.

Jika kamu tertarik untuk mengelola usaha budidaya ikan tapi tidak punya lahan atau tempat yang luas, kamu bisa saja mengembangkan usaha ini di pekarangan rumah, untuk penjelasan lebih lengkapnya kamu bisa membaca buku Budidaya Ikan di Pekarangan karya Norbertus Kaleka.

Indonesia memang menjadi pemasok kebutuhan konsumsi ikan di dunia dengan persentase sekitar 40%, maka sangat jelas bahwa budidaya ikan ini bisa menjadi prospek usaha yang menjanjikan di masa depan.

Buku ini akan menjelaskan berbagai upaya yang bisa kamu lakukan dalam budidaya ikan, seperti bagaimana caranya memanfaatkan lahan pekarangan, apa saja yang harus dilakukan supaya kolam ikan yang kamu punya bisa tetap terjaga kebersihannya, dan masih banyak lagi.

Buku ini juga akan memberikan tips dan trik bagaimana inovasi yang bisa dilakukan supaya usaha yang kamu jalani bisa terlihat lebih kreatif dan menarik.

Selain itu kamu juga bisa membaca buku How To Become a Successful Entrepreneur karya Prof. Dr. dr. S. Supriyanto.

Selain wawasan dan keterampilan dalam berbisnis, seorang pengusaha juga harus bisa memahami berbagai bidang lainnya seperti misalnya bidang pemasaran atau marketing.

Dalam buku ini kamu akan diberikan cara-cara yang tepat supaya kamu bisa menjadi seorang entrepreneur yang sukses, apa saja sikap yang harus kamu miliki, dan yang terakhir adalah bagaimana cara kamu bisa menghadapi konflik yang biasanya terjadi dalam sebuah usaha.

Kedua buku yang menarik ini bisa kamu beli melalui online di Gramedia.com atau kamu juga bisa membaca versi digitalnya di Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com