Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Rekomendasi Novel Romantis Bulan November 2023, Intip Judulnya di Sini Yuk!

Kompas.com - 22/11/2023, 13:00 WIB
10 novel romantis rekomendasi november 2023 Sumber Gambar: Freepik.com 10 novel romantis rekomendasi november 2023
Rujukan artikel ini:
Heartbreak Motel
Pengarang: Ika Natassa
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Ada banyak sekali cara seru untuk menikmati waktu luang, salah satunya adalah dengan membaca novel.

Novel merupakan jenis karya sastra yang di dalamnya memuat cerita berdasarkan imajinasi si penulis.

Dari sekian banyak genre novel yang ada, novel bergenre romance atau romantis termasuk salah satu novel yang memiliki banyak peminat, mulai dari remaja sampai orang dewasa.

Novel bergenre romance ini biasanya dihubungkan dengan kisah-kisah percintaan yang membuat para pembacanya ikut terhanyut dan terbawa perasaan.

Novel romantis selalu memiliki tempat tersendiri di hati para pembaca, sebab para penulisnya sering kali menggunakan pilihan diksi yang indah, puitis, atau bahkan dramatis.

Di Indonesia sendiri, ada banyak pilihan novel bergenre romance yang seru untuk dibaca di waktu luang.

Berikut adalah rekomendasi novel romantis yang populer di bulan November 2023.

Rekomendasi Novel Romantis Bulan November 2023

1. Heartbreak Motel – Ika Natassa

Ava Alessandra atau yang lebih akrab disapa Ava adalah seorang aktris terkenal yang telah berkarir sejak usia 16 tahun.

Bagi Ava, akting adalah panggilan jiwa sekaligus takdir kehidupan yang tidak bisa ia tolak.

Berada di dunia hiburan yang gemerlap tak langsung membuat Ava merasa sempurna, sebab jauh di lubuk hatinya, masih ada masalah kelam di masa lalu yang kerap membuatnya hilang arah.

Kisah cintanya yang kandas juga membuat Ava enggan menjalin hubungan asmara dengan siapapun.

Tapi di masa-masa kesendiriannya, Ava justru dipertemukan dengan seorang pria yang mau mencintainya dengan tulus dan memaksa Ava untuk mau tidak mau kembali membuka hati.

Novel ini tidak hanya fokus pada masalah percintaan, tapi juga mencakup topik-topik lain seperti hubungan keluarga, kesehatan mental, makna kehidupan, dan pencarian jati diri.

2. Pukul Setengah Lima – Rintik Sedu

Sebagai anak broken home, Alina membenci hidupnya yang berantakan, ia juga merasa tidak layak untuk dicintai siapapun.

Dalam kesehariannya, Alina hanya melihat kehampaan dan kekosongan, meski di satu sisi, ia memiliki Tio, kekasih yang setia menemaninya.

Sayangnya, hidup Alina kembali berantakan setelah hubungannya dengan Tio terpaksa berakhir.

Tanpa diketahui siapapun, Alina diam-diam menciptakan realitas baru dengan menjelma menjadi seorang perempuan bernama Marni.

Alasannya sederhana, ia hanya ingin berkenalan dengan Danu, seorang laki-laki yang ia temui di bus kota pada pukul setengah lima petang.

Sampai beberapa waktu ke depan, Alina terus berperan sebagai Marni di hadapan Danu, sebab ia percaya hal itu bisa mengubah kesialan dalam hidupnya.

Tapi sampai kapan kebohongan itu akan bertahan? Apakah Danu akan tetap mencintainya meski ia bukanlah Marni melainkan Alina?

Lewat novel ini, Tsana atau yang lebih akrab dengan nama pena Rintik Sedu akan memainkan alur maju mundur yang kompleks, yang siap membuat pembaca terhanyut ke dalam kehidupan sang tokoh utama.

3. Malioboro at Midnight – SKYSPHIRE

Bagi sebagian orang, tengah malam adalah waktu terbaik untuk beristirahat setelah menjalankan aktivitas yang padat.

Tapi bagi Serana Nighita, tengah malam adalah waktu yang tepat untuk menangisi hidup dan meratapi hubungannya yang masih abu-abu, sebab kekasihnya berada jauh di Jakarta.

Sera yang sering kali merasa kesepian tiba-tiba bertemu dengan Malioboro Hartigan, seorang bad boy yang bersedia berbagi kesedihan dan menemani kesendirian Sera.

Setelah lebih jauh mengenal sosoknya, Sera merasa Malio adalah cowok terbaik yang pernah ia temui, meski di satu sisi, hubungannya dengan Richard belum resmi berakhir.

Tidak hanya berkutat pada kisah cinta, Malioboro at Midnight juga akan membolak-balikkan hati pembaca lewat kisah toxic relationship yang terjadi antara Sera dan Richard.

Tak perlu diragukan, novel ini akan membuat pembaca merasakan berbagai macam emosi, sekaligus ikut merasa simpati pada setiap tokohnya.

4. Hello, Cello – Nadia Ristivani

Bagi Helga, jatuh cinta adalah hal paling menyebalkan yang tidak perlu ada lagi dalam kamus hidupnya.

Setelah berkali-kali mengalami kegagalan dalam urusan cinta, Helga merasa muak, dirinya bahkan sudah terlalu lelah hanya untuk berkenalan dengan orang baru.

Sebagai seorang penulis, Helga selalu mengabadikan hal-hal yang berkesan dalam hidupnya, termasuk juga kisah percintaannya yang berantakan.

Di tengah proses penulisan bukunya yang keenam, Helga malah dipertemukan dengan Cello, cowok tampan yang terkenal sebagai ‘buaya’ di kampusnya.

Bak cerita dalam drama Korea, Cello yang populer justru merasa tertarik dan penasaran dengan Helga, cewek berhati beku yang unik dan belum pernah ia jumpai sebelumnya.

Namun, kisah ini tak hanya tentang cinta, sang penulis juga menyisipkan berbagai hal yang akan terasa relate dengan pembaca, seperti masalah keluarga, pencarian jati diri, dan drama persahabatan.

5. Le Mariage: Privileges – WULANFADI

Bagi Fadhil, Kamila adalah cewek yang manja, ribet, dan cerewet, sementara di mata Kamila, Fadhil adalah cowok yang tidak peka dan membosankan.

Kalau tidak karena perjodohan, keduanya pasti lebih memilih untuk menikmati kesendirian tanpa harus meladeni berbagai tuntutan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bagai pepatah ‘tak kenal maka tak sayang’, Fadhil dan Kamila akhirnya sepakat untuk saling mengenal dan menjalani kehidupan pernikahan dengan sepenuh hati.

Sayangnya, komitmen saja tidak cukup untuk mempertahankan sebuah rumah tangga, kedatangan orang-orang dari masa lalu membuat mereka goyah dan meragukan kesetiaan satu sama lain.

6. Hello – Tere Liye

Karya-karya Tere Liye rasanya akan selalu dinantikan oleh para pembaca setianya, termasuk juga buku Hello yang terbit di tahun ini.

Diawali dengan kisah Ana, seorang gadis cantik lulusan Teknik Sipil yang bekerja sebagai tukang bangunan.

Tidak seperti teman-temannya yang langsung melamar pekerjaan di perusahaan besar, Ana justru memutuskan untuk kembali berkuliah di jurusan Arsitektur dan mengerjakan berbagai pekerjaan kasar seperti memperbaiki pagar rusak, menambal tembok, atau mengganti keramik kamar mandi.

Saat mendapat tugas untuk merenovasi rumah ibu Hesty, Ana mendapati sebuah kisah cinta yang sudah lama terkubur, yang tentunya berhubungan dengan rumah tersebut.

Selanjutnya, novel ini akan memperkenalkan pembaca pada Tigor dan Hesty, dua tokoh utama yang punya kisah cinta romantis sekaligus miris.

Hesty adalah gadis keturunan ningrat yang kaya raya, sedangkan Tigor adalah anak pembantu yang sudah lama bekerja untuk keluarga Hesty.

Meski terasa klise, kisah cinta beda kasta antara Hesty dan Tigor ini akan membuat kita bersorak dan merasa ikut terlibat dalam perasaan mereka.

Novel ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang membutuhkan bacaan ringan, tapi tetap diselingi dengan beberapa twist yang tidak terduga.

7. Awan-Awan di Atas Kepala Kita – Miranda Malonka

Sebagian besar orang menganggap hari ulang tahun adalah hari yang membahagiakan, tapi hal ini tak berlaku bagi Benjamin Iskandar yang memutuskan untuk mengakhiri hidup di usianya yang baru menginjak 19 tahun.

Benjamin merasa tidak sanggup hidup dengan masalah yang terus datang bertubi-tubi, baginya, menyerah adalah langkah terakhir yang terpaksa ia pilih.

Di tengah keputusasaannya, tiba-tiba saja ia bertemu Kirana Kharitonova yang menyelamatkan hidupnya sekaligus merubah pola pikirnya.

Sejak saat itu, Benjamin dan Kirana yang berbeda kepribadian mulai saling mengenal dan menjadi sahabat yang saling berbagi keresahan dalam hidup.

Saat rahasia satu sama lain mulai terkuak, timbul pertanyaan yang menarik di antara keduanya, “siapa sebenarnya yang lebih butuh diselamatkan?”.

8. Lukacita – Valerie Patkar

Berbeda dengan novel romance pada umumnya, Lukacita mengisahkan tentang para pemimpi yang harus menerima kenyataan bahwa dirinya dikhianati oleh cita-cita.

Melalui kisah Javier dan Utara, penulis akan menggambarkan bagaimana sulitnya rintangan yang harus dihadapi keduanya untuk mencapai cita-cita.

Setelah melewati perjuangan yang tidak mudah, keduanya tidak lantas diberikan kemenangan dalam kehidupan, mereka justru disadarkan kalau hidup sering kali tidak sesuai dengan apa yang sudah diharapkan.

Tidak hanya bercerita tentang Javier dan Utara yang terlibat cinta, novel ini juga membahas tentang cara menerima kegagalan dalam hidup, memaafkan diri sendiri, dan menemukan jati diri.

9. Ganjil Genap – Almira Bastari

Terus diburu dengan rentetan pertanyaan “kapan nikah?” membuat Gala kelimpungan, di sisi lain, ia bahkan belum bisa move on dari Bara, cinta pertamanya.

Menjalani hubungan yang adem ayem selama 13 tahun membuat Gala merasa aman, ia sudah membayangkan konsep pernikahan impian dan kehidupan rumah tangganya yang indah bersama Bara.

Tapi hidup Gala mendadak runyam setelah dirinya dicampakkan oleh Bara, semuanya terjadi secara tiba-tiba, ia tidak menyangka akan menyandang status jomlo di usianya yang mendekati kepala tiga.

Ditambah dengan adiknya yang ingin segera menikah membuat Gala yang merasa diburu waktu akhirnya memutuskan untuk merancang sebuah strategi pencarian jodoh bersama ketiga sahabatnya.

Di tengah pencarian yang sedikit memuakkan, Gala bertemu dengan Aiman, sosok pria yang baik dan perhatian, namun sayangnya, ia tidak tertarik dengan komitmen.

Melalui Gala, kita akan diberikan gambaran tentang bagaimana sulitnya menjalani kehidupan jomlo menjelang usia 30 tahun, terlebih lagi dengan banyaknya tuntutan yang rasanya harus segera dituruti.

Aiman yang datang tanpa menawarkan ikatan, Bara yang tiba-tiba minta balikan, dan berbagai permasalahan lain tentunya akan membuatmu penasaran, bagaimana keputusan akhir yang akan diambil oleh Gala?

10. Rent a Boyfriend – Gloria Chao

Fenomena pacaran backstreet kini masih sering ditemui di kalangan para remaja tanggung, alasannya klise, supaya tidak ketahuan orang tua.

Berbeda dengan Chloe, di usianya yang sudah terbilang matang, ia justru terpaksa memalsukan hubungan di depan orang tuanya supaya tidak terus digempur pertanyaan “kapan nikah?”.

Setelah memutar otak, Chloe memutuskan untuk menyewa pacar dari ‘Rent for Your Ents’, sebuah perusahaan yang menyediakan jasa pria-pria terlatih untuk bisa mengambil hati para orang tua Asia yang paling tradisional.

Saat resmi mempekerjakan Drew, Chloe hanya punya 2 misi sederhana, meyakinkan orang tuanya bahwa Drew adalah pasangan yang tepat dan membuat Chloe terbebas dari tawaran perjodohan dengan Hongbo, cowok pilihan orang tuanya.

Tapi siapa sangka, kemistri Chloe dan Drew ternyata jauh lebih kuat hanya untuk sebuah hubungan yang pura-pura.

Perlahan tapi pasti, keduanya justru berusaha untuk masuk ke kehidupan masing-masing dan mulai menghilangkan drama kepalsuan di antara mereka.

Kesepuluh novel ini tidak hanya akan fokus pada kisah asmara, tapi juga mencakup masalah kehidupan yang lebih kompleks, seperti keluarga, persahabatan, kesehatan mental, dan penerimaan diri.

Tidak sekadar menghibur, setiap kisah dalam novel ini juga akan memberikan pandangan yang jauh lebih dalam, terutama yang berkaitan dengan cinta dan kehidupan.

Kamu bisa membeli novel-novel ini melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com