Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mengusir Tokek dari Rumah, Aman dan Anti Ribet

Kompas.com - 25/10/2023, 12:00 WIB
Cara Mengusir Tokek dari Rumah  Sumber Gambar: Freepik.com Cara Mengusir Tokek dari Rumah 
Rujukan artikel ini:
Aku Bisa Membersihkan Tempat Tidur
Pengarang: Anee Rahman
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Tokek merupakan salah satu hewan yang kerap berkeliaran di sekitar rumah, mereka biasanya hinggap di atas atap atau di sisi dinding.

Bagi sebagian orang, keberadaan tokek dinilai sangat bermanfaat karena bisa mengusir serangga-serangga kecil seperti nyamuk.

Sayangnya, ada banyak orang juga yang merasa terganggu karena tokek memiliki suara kencang yang bisa mengganggu jam tidur para penghuni rumah.

Selain itu, penampilan fisik tokek yang cukup besar dan memiliki pola bintik-bintik di kulit itu terasa sedikit menyeramkan dan membuat sebagian orang merasa geli.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar tokek bisa menyingkir dari rumah dan tidak mengganggu ketenangan saat tidur di malam hari? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

7 Cara Mengusir Tokek Menggunakan Bahan Alami

1. Cangkang Telur

Selain manusia, tokek juga tidak menyukai cangkang telur karena baunya yang amis sehingga mereka lebih memilih untuk menghindar.

Cara ini cukup mudah, kamu tinggal ambil beberapa cangkang telur dan hancurkan sampai membentuk kepingan kecil.

Masukkan cangkang telur tersebut ke dalam plastik yang sudah dilubangi, letakkan plastiknya di sudut ruangan atau di tempat yang biasa digunakan tokek untuk bersembunyi.

2. Bubuk Kopi

Selain cangkang telur, tokek juga tidak menyukai ampas kopi.

Untuk mengusir tokek, kamu cukup letakkan bubuk kopi di piring, letakkan piring itu di area atau sudut yang biasanya dilewati oleh tokek.

Selain itu, kamu juga bisa gunakan biji kopi yang dimasukkan ke dalam kain, kemudian letakkan kain tersebut di tempat para tokek bersembunyi.

3. Daun Pepaya

Daun pepaya termasuk tumbuhan yang sangat dihindari oleh tokek karena memiliki aroma yang mengganggu penciuman mereka.

Untuk mengusir tokek, kamu bisa ambil beberapa lembar daun pepaya, tempelkan daun itu di dekat dinding sehingga aromanya menempel dan tahan lama.

Selain itu, kamu juga bisa haluskan daun pepaya dan letakkan di piring kecil, simpan piring tersebut di sudut-sudut rumah yang dilewati oleh tokek.

4. Semprotan Nyamuk

Meskipun tidak terbuat dari bahan alami, semprotan nyamuk termasuk salah satu benda yang mudah didapatkan dan bisa mengusir tokek dengan cepat.

Kamu bisa semprotkan beberapa kali ke area-area rumah yang sering dihinggapi tokek, bau yang terdapat pada semprotan nyamuk akan membuat tokek tidak nyaman dan memilih untuk pergi.

Selain tokek, rumahmu juga akan terhindar dari hewan-hewan lain yang mengganggu seperti nyamuk atau kecoa.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Kapur Barus

Tidak hanya tokek, kapur barus juga bisa digunakan untuk mengusir hewan lain seperti semut atau kecoa.

Kamu bisa letakkan beberapa buah kapur barus di sudut ruangan dan di bagian bawah perabotan rumah supaya tidak dihinggapi oleh para tokek.

Selain mengusir tokek, kapur barus juga mampu membuat ruangan menjadi tidak lembab dan terhindar dari jamur yang bisa mengganggu kesehatan.

6. Bubuk Cabai

Bubuk atau serbuk cabai memiliki aroma yang menyengat sehingga bisa digunakan untuk mengusir tokek, semut, tikus, dan kecoa.

Letakkan bubuk cabai di beberapa titik yang biasanya dilewati oleh tokek, dan jangan lupa untuk melakukannya berkali-kali sampai hewan itu menjauh dari rumah.

7. Bersihkan Barang-Barang yang Berserakan

Tokek termasuk hewan yang senang hidup di tempat gelap, sempit, dan tersembunyi.

Jadi semakin berantakan sebuah rumah, para tokek akan jauh lebih senang karena mereka memiliki banyak tempat untuk bersembunyi.

Selain mempersiapkan bahan-bahan alami, kamu juga harus membersihkan rumah dan menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak dipakai agar tidak menumpuk dan mengundang kehadiran si tokek.

Itu dia beberapa cara sederhana yang dinilai ampuh untuk mengusir tokek.

Seperti yang sudah dijelaskan, tokek termasuk salah satu hewan yang menyukai tempat-tempat kotor, gelap, dan sempit.

Oleh karena itu, kamu harus lebih sering membersihkan area rumah mulai dari kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruangan lainnya agar tidak menjadi tempat persembunyian tokek dan hewan-hewan lain.

Kebiasaan membersihkan rumah ini tentu harus dilatih sejak usia dini, disinilah peran orang tua menjadi sangat penting.

Membersihkan rumah bisa dimulai dari area yang paling dekat terlebih dahulu, salah satunya adalah tempat tidur.

Melalui buku Aku Bisa Membersihkan Tempat Tidur karya Anee Rahman, anak-anak bisa mengambil banyak pembelajaran kehidupan terutama soal tanggung jawab dan disiplin dalam mengurus tempat yang mereka gunakan untuk tidur.

Buku ini berisi narasi yang dilengkapi dengan banyak ilustrasi lucu sehingga anak-anak bisa lebih mudah menyerap materi dan menerapkannya langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui buku ini, anak-anak juga akan diajarkan untuk bangun pagi dan berolahraga agar tubuh tetap dalam keadaan sehat dan bugar.

Untuk memiliki buku ini, kamu bisa membelinya melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com