Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sungai Terpanjang di Benua Amerika

Kompas.com - 18/09/2023, 10:00 WIB
Sungai Terpanjang di Benua Amerika Sumber Gambar: Freepik.com Sungai Terpanjang di Benua Amerika
Rujukan artikel ini:
Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Das)…
Pengarang: Hunggul Y.S.H. Nugroho, Indah…
|
Editor Puteri

Sungai merupakan salah satu fungsi alam yang memiliki peran strategis dan tak tergantikan dalam menyediakan pasokan air bersih bagi kebutuhan manusia.

Tak hanya itu, sungai juga sangat penting dalam bidang pertanian karena menjadi sumber irigasi yang sangat vital.

Kehadirannya membantu para petani dalam menyalurkan air ke lahan pertanian sehingga produksi pertanian dapat meningkat secara signifikan.

Oleh karena itu, menjaga kelestarian sungai menjadi kewajiban kita semua agar pasokan air bersih tetap terjaga dan kebutuhan pertanian dapat terpenuhi dengan baik.

Seperti di benua Amerika memiliki sejumlah sungai yang panjangnya luar biasa.

Meskipun mungkin tidak selalu dipertimbangkan oleh banyak orang, sungai yang panjang dapat memberikan kontribusi besar pada keanekaragaman hayati dan sumber daya air di wilayah tersebut.

Oleh karena itu, mengetahui urutan sungai terpanjang di Benua Amerika dapat memberikan informasi yang berguna tentang bagaimana aliran air di daerah tersebut.

Sungai Terpanjang di Benua Amerika

1. Sungai Amazon

Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang di Amerika dengan panjang sekitar 6.400 km.

Sungai ini mengalir melalui beberapa negara, di antaranya Brasil, Peru, Bolivia, Kolombia, Venezuela, Guyana, dan Suriname

Air yang mengalir di Sungai Amazon terbanyak di antara semua sungai di dunia serta lebih dari satu per tiga dari keseluruhan aliran air di bumi.

Air sungai ini sangat berharga bagi manusia sekitarnya karena bisa digunakan sebagai sumber air bersih dan mencukupi kebutuhan mereka dalam memenuhi keperluan sehari-hari.

Selain itu, sungai ini juga menyediakan sumber daya alam yang penting untuk kehidupan mereka.

Terlebih lagi, aliran air ini kaya akan ragam spesies hayati yang tinggi dan menjadi tempat tinggal ribuan jenis ikan, burung, mamalia, dan tumbuhan.

2. Sungai Missouri

Sungai Missouri memiliki panjang 3.781 km dan terletak di barat Amerika Serikat.

Ini membuatnya menjadi sungai terpanjang di Amerika Serikat.

Beberapa peneliti anggap sungai Missouri adalah anak dari sungai Mississippi karena alirannya di pegunungan Rocky Montana dan berkelok hingga bermuara di Mississippi.

Karena sungai ini merupakan salah satu sungai yang besar di Benua Amerika, maka dibangunlah bendungan dan tanggul agar terkontrol alirannya dan terhindar dari banjir.

Sekarang, sungai Missouri bergabung dengan sungai Mississippi dan membentuk sistem sungai keempat terpanjang di dunia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Sungai Mississippi

Mississippi lebih pendek hanya sedikit dari sungai Missouri karena memiliki panjang sekitar 3.701 kilometer atau 2.300 mil.

Sungai Mississippi dianggap sebagai sungai terpanjang ketiga di Amerika dan terpanjang kedua di Amerika Utara.

Sungai ini terutama berada di Amerika Serikat dengan sedikit bagian di Kanada.

Asal air sungai ini dari Danau Itasca di Minnesota utara, mengalir ke selatan dan bermuara di Teluk Meksiko setelah melalui berbagai daratan di AS.

4. Sungai Yukon

Sungai Yukon merupakan salah satu sungai terpanjang di Amerika dan menempati peringkat keempat sebagai sungai terpanjang di benua ini.

Sungai ini terletak di bagian barat laut Amerika Utara dan membentang sepanjang ratusan kilometer.

Panjang sungai ini mencapai hampir 3.218 kilometer, jarak yang setara dengan sekitar 2.000 mil.

Aliran air di Sungai Yukon yang begitu menakjubkan mengalir di sepanjang rute barat dari provinsi British Columbia di Kanada dan melalui negara bagian Alaska di Amerika Serikat hingga menuju tepian laut Bering yang terletak di antara kedua benua Asia dan Amerika.

Sungai ini telah menjadi salah satu penghubung alami terbesar yang mengalir di wilayah sekitarnya dan menjadi saksi bisu perjalanan ribuan makhluk hidup yang bermigrasi di sepanjang jalurnya setiap tahunnya.

5. Sungai Rio Grande

Sungai Rio Grande memiliki panjang 3.057 km atau 1.900 mil, mengalir dari Amerika Serikat hingga Colorado Rockies dan ke Meksiko.

Sungai inilah yang memisahkan negara bagian Texas dan Meksiko.

Rio Grande hanya memiliki kedalaman 18 meter, jadi sungai ini tidak bisa digunakan untuk berlayar, termasuk juga perahu-perahu kecil.

Nah, itu dia ulasan mengenai sungai terpanjang di Benua Amerika yang harus kamu ketahui.

Kamu juga bisa membaca buku Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Das) dan Konservasi Tanah & Air yang ditulis oleh Hunggul Y.S.H. Nugroho, Indah Novita D., M. Kudeng Sallata.

Buku ini akan memberikan jawaban pada pertanyaan-pertanyaan penting seputar kejadian alam yang masih sulit dipahami, seperti penyebab banjir, longsor, dan konflik antara masyarakat dan hutan di sekitar mereka.

Buku ini telah ditulis setelah jangka waktu selama lebih dari 20 tahun, melalui usaha kontemplatif para penulis yang merupakan peneliti di bidang pengelolaan DAS.

Mereka menyadari bahwa pengetahuan dan pemahaman yang benar di bidang pengelolaan DAS harus disebarkan sebanyak-banyaknya kepada masyarakat untuk keseimbangan air dan tanah yang lebih baik.

Dapatkan segera buku Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Das) Dan Konservasi Tanah & Air hanya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com