Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mempelajari Cara Berpikir Deduktif ala Sherlock Holmes

Kompas.com - 02/09/2023, 12:00 WIB
How to Think Like Sherlock Holmes Sumber Gambar: Dok. Bhuana Ilmu Populer   How to Think Like Sherlock Holmes
Rujukan artikel ini:
How To Think Like Sherlock…
Pengarang: PETER HOLLINS
|
Editor Ratih Widiastuty

Siapa sih yang tidak kenal dengan Sherlock Holmes? Sherlock Holmes adalah salah satu karakter detektif fiksi ikonik yang diciptakan oleh Sir Arthur Conan Doyle.

Karakter ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1887 melalui buku yang berjudul Sherlock Holmes: A Study in Scarlet.

Hingga saat ini, Sherlock Holmes tetap dikenal dan disukai banyak orang tidak hanya melalui seri bukunya yang banyak, tetapi juga adaptasinya dalam bentuk komik, animasi, film, serial TV, dan seni pertunjukan.

Apa sih yang membuat Sherlock Holmes begitu terkenal dan disukai? Selain karena penggambaran karakternya yang unik dan nyentrik, Sherlock Holmes juga dikenal karena kecerdasannya dalam memecahkan misteri dari kasus-kasus sulit menggunakan cara berpikir deduktif.

Apa Itu Cara berpikir Deduktif?

Dalam penggambarannya, kita sering melihat Sherlock Holmes memasuki sebuah adegan dan seketika mengetahui apa yang telah terjadi hanya dari mengamati/mengobservasi keadaan di sekitar area tersebut.

Kemampuannya observasi Holmes yang mampu mengantarkannya pada jawaban dari misteri, disebabkan karena ia menerapkan cara berpikir deduktif.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Berpikir deduktif adalah proses berpikir yang dimulai dari hal yang bersifat umum, kemudian dirunut kepada hal yang bersifat khusus guna menarik kesimpulan dari situasi/masalah yang tengah dihadapi.

Bagaimana Cara Mengasah Kemampuan Berpikir Deduktif?

Kemampun berpikir secara deduktif bukanlah hal fiktif seperti karakter Shelock Holmes.

Dengan latihan menggunakan kiat-kiat tertentu, kemampuan ini bisa kita asah untuk digunakan dalam praktik kehidupan sehari-hari, lho.

Penasaran bagaimana caranya? Kamu bisa mempelajarinya dalam buku How to Think Like Sherlock Holmes karangan Peter Hollins, yang diterbitkan oleh penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP).

Dengan membaca buku ini, kamu akan mempelajari tip untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dan proses berpikir kreatif ala detektif Sherlock Holmes.

Dapatkan bukunya hanya di toko buku Gramedia terdekat dan platform Gramedia.com.

Selamat membaca.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com