Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perayaan Ulang Tahun yang ke-16, Penerbit Quanta Gelar Gathering Penulis, Workshop Kepenulisan, dan Launching Buku

Kompas.com - 01/08/2023, 09:47 WIB
Harlah Quanta ke-16 Sumber Gambar: Dok. Elex Media Komputindo  Harlah Quanta ke-16
Rujukan artikel ini:
Semua Orang sedang Berjuang dengan…
Pengarang: Ahmad Rifai Rifan
|
Editor Ratih Widiastuty

Bandung, 29-30 Juli 2023 - Dalam rangka perayaan harlah ke-16, penerbit Quanta mengadakan beberapa rangkaian acara, yaitu gathering penulis, workshop kepenulisan, dan launching buku.

Mengusung tagline #16TahunQuantaMenginspirasi, rangkaian acara ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, yakni pada tanggal 29 & 30 Juli 2023 di Gramedia Merdeka Bandung, Jawa Barat.

Rangkaian harlah Quanta tahun ini diawali dengan gathering penulis pada Sabtu (29/07).

Gathering penulis ini dibuka langsung oleh Wahyu Raharjo selaku General Manager Elex Media Komputindo, Vincentius Sugeng Hardojo selaku Manajer Non Fiksi Elex Media Komputindo & Jarwati selaku Superintendent Penerbit Quanta.

Harlah Quanta ke-16 Harlah Quanta ke-16

Sebagai petinggi di Elex Media Komputindo, Wahyu Raharjo & Vincentius Sugeng Hardojo turut mengungkapkan rasa syukur, terima kasih, dan harapan besar untuk Quanta ke depannya.

“Saya harap penulis-penulis Quanta dapat berkolaborasi lebih banyak sehingga tidak hanya menghasilkan variasi judul, tetapi juga menghasilkan variasi dalam bentuk konten sehingga dapat membuat Indonesia lebih maju”, ungkap Wahyu Raharjo selaku General Manager Elek Media Komputindo.

“Selama 16 tahun berkarya, Quanta masih tetap tumbuh bahkan lebih tinggi dari penerbit Islam lainnya. Saya mengucapkan terima kasih kepada penulis, jangan berhenti berkarya dan berkolaborasi bersama tim Quanta”, lanjut Vincentius Sugeng Hardojo selaku Manajer Non Fiksi Elex Media Komputindo.

Harlah Quanta ke-16 Harlah Quanta ke-16
Harlah Quanta ke-16 Harlah Quanta ke-16

Pada hari Minggu (30/07), rangkaian acara dibuka dengan pelatihan kepenulisan yang dibawakan oleh Robi Afrizan, salah satu penulis best seller Gramedia.

Dilanjutkan penyampaian materi “7 Fokus Editor Naskah” oleh Jarwati selaku Superintendent Quanta.

Adapun, acara pelatihan ini dibuka untuk umum, khususnya untuk orang-orang yang ingin menulis atau bahkan sudah mulai menulis buku.

Harlah Quanta ke-16 Harlah Quanta ke-16

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dalam pelatihan kepenulisan, Robi Afrizan menyampaikan tiga topik materi utama yakni, ide-ide, proses kreatif menulis, dan the writer journey.

“Ide itu bisa didapatkan dari mana saja, seperti mengamati sekitar, membaca, mendengar, menonton, mengobrol, memantau topik hangat di media sosial, permasalahan, kegelisahan, dan lain sebagainya,” jelas Robi Afrizan.

Harlah Quanta ke-16 Harlah Quanta ke-16

Rangkaian acara selanjutnya adalah launching buku “Semua Orang sedang Berjuang dengan Ujiannya Masing-Masing” yang juga diadakan di Gramedia Merdeka Bandung, Minggu (30/07).

Launching buku ini dihadiri langsung oleh 4 dari 30 penulis yang sekaligus menjadi pembicara dalam acara kali ini, yaitu Ahmad Rifa’i Rif’an, Saepudin Zuhri, Kartina Tri Devaliani, dan Nur Azizah.

Harlah Quanta ke-16 Harlah Quanta ke-16

Di pengujung acara, segenap tim Quanta melakukan sesi pemotongan kue sebagai simbolik perayaan harlah Quanta ke-16 tahun serta sebagai penutup dari seluruh rangkaian acara ini.

Profil Perusahaan

PT Elex Media Komputindo adalah sebuah perusahaan penerbit di Indonesia yang mengkhususkan diri dalam penerbitan buku, komik, majalah, novel, dan media cetak lainnya.

Didirikan pada tanggal 15 Januari 1985, Elex Media Komputindo merupakan salah satu anak perusahaan dari Kompas Gramedia Group.

Berdiri pada tahun 1970, PT Gramedia Asri Media atau Toko Gramedia adalah salah satu Strategic Business Unit (SBU) Kelompok Kompas Gramedia yang bergerak di bisnis retail dengan produk utama buku dan alat-alat tulis.

Hal ini berkaitan dengan misi untuk ikut berperan dalam usaha mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan bangsa melalui penyebaran informasi dan pengetahuan.

Hingga 2020, Gramedia telah memiliki 122 stores yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam perkembangannya, PT Gramedia Asri Media melakukan pengembangan usaha seperti ekspor dan distribusi buku, pengadaan stationery, produk multimedia, fancy, CD, alat musik dan olahraga, serta penerbitan, dengan private label seperti Gramedia Kids, Teeny Teensy, Eversac dan Millors.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com