Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Perlengkapan Basket yang Perlu Disiapkan Saat Pertandingan

Kompas.com - 24/07/2023, 12:30 WIB
perlengkapan basket Photo by Caio on Pexels perlengkapan basket
Rujukan artikel ini:
Basketik: Basket & Statistik
Pengarang: Bambang Asdianto Pribadi
|
Editor Rahmad

Saat pertandingan berlangsung, tentu ada beberapa peralatan dan perlengkapan basket yang harus disiapkan. Baik disiapkan oleh pemain basket atau panitia penyelenggara ya.

Yuk, simak apa saja peralatan dan perlengkapan basket yang harus kamu siapkan sebagai pemainnya atau bagi mereka yang menyelenggarakan pertandingan tersebut.

Peralatan dan Perlengkapan Basket

Selain teknik dasar permainan bola basket, kamu juga perlu tahu apa saja peralatan dan perlengkapan basket yang diperlukan saat pertandingan berlangsung.

Berikut adalah beberapa peralatan dan perlengkapan yang umum digunakan dalam permainan basket:

1. Bola Basket

Bola basket adalah peralatan utama dalam permainan. Bola basket memiliki ukuran yang bervariasi tergantung pada kelompok usia dan jenis kelamin.

Bola basket yang digunakan dalam permainan profesional memiliki diameter sekitar 29,5 inci untuk pria dan 28,5 inci untuk wanita.

2. Ring dan Papan Basket

Ring dan papan basket adalah target tempat melemparkan bola. Ring biasanya terbuat dari baja dan berdiameter 18 inci dengan jarak dari permukaan lapangan sekitar 10 kaki (3,05 meter).

Papan basket umumnya terbuat dari papan kayu atau akrilik dan dipasang di belakang ring.

3. Stang Bola Basket

Stang basket adalah tiang vertikal yang menopang ring dan papan. Stang biasanya terbuat dari logam atau bahan lain yang kokoh dan tahan lama.

4. Sepatu Basket

Sepatu basket dirancang khusus untuk olahraga ini. Sepatu basket biasanya memiliki sol karet dengan tahanan yang baik dan memberikan dukungan yang optimal untuk pergelangan kaki.

5. Jersey atau Seragam Basket

Jersey atau seragam basket biasanya terdiri dari kaos berkerah dan celana pendek.

Seragam ini membantu mengidentifikasi tim yang bermain dan memberikan kesan kesatuan.

6. Pelindung Pergelangan Tangan dan Siku

Pelindung pergelangan tangan dan siku digunakan untuk melindungi pergelangan tangan dan siku dari benturan saat bermain dan mencegah cedera.

7. Kaus Kaki Olahraga

Kaus kaki olahraga yang nyaman dan mendukung dapat membantu mencegah lecet dan iritasi pada kaki saat bergerak di atas lapangan.

8. Alat Pencatat Waktu

Alat pencatat waktu untuk olahraga basket adalah perangkat yang digunakan untuk mengukur durasi permainan dan memantau waktu yang tersisa dalam setiap sesi olahraga.

Pencatat waktu adalah perangkat kritis dalam pertandingan basket, karena membantu wasit, pelatih, pemain, dan penonton dalam mengikuti jalannya pertandingan dengan akurat.

Berikut ini beberapa alat pencatat waktu yang umum digunakan dalam olahraga basket:

a. Jam Permainan

Jam permainan digunakan untuk menghitung durasi total pertandingan.

Biasanya, pertandingan bola basket terdiri dari empat kuarter, masing-masing berdurasi 10-12 menit, tergantung pada tingkat kompetisi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jam permainan akan mulai berjalan ketika bola dilancarkan pada saat awal pertandingan dan berhenti ketika kuarter berakhir.

b. Jam Shot Clock

Shot clock adalah perangkat yang digunakan untuk membatasi waktu serangan bagi tim yang berada dalam posisi penguasaan bola.

Ini memastikan bahwa tim tersebut harus melepaskan tembakan sebelum waktu shot clock habis.

Biasanya, waktu shot clock untuk pertandingan basket profesional adalah 24 detik, sedangkan di tingkat yang lebih rendah mungkin bisa berbeda.

c. Stopwatch

Stopwatch digunakan untuk mengukur durasi waktu tertentu, misalnya untuk latihan atau aktivitas di luar pertandingan.

Wasit atau pelatih dapat menggunakan stopwatch untuk mengukur waktu istirahat, waktu olahraga tertentu, atau latihan tertentu.

d. Papan Tanda Seru

Papan tanda seru digunakan oleh wasit untuk menandai waktu terhenti ketika ada pelanggaran, waktu tambahan, atau situasi lain yang memerlukan penghentian sementara permainan.

Alat pencatat waktu untuk olahraga basket harus dioperasikan dengan akurat dan teliti karena penting dalam mengelola jalannya pertandingan.

Penggunaan alat pencatat waktu yang tepat membantu menjaga keteraturan dan integritas permainan serta memberikan informasi yang penting bagi pemain, pelatih, dan penonton untuk mengikuti dan menikmati pertandingan dengan baik.

9. Papan Skor

Papan skor adalah alat yang menunjukkan skor dari setiap tim. Biasanya, terdapat dua papan skor, satu untuk tim tuan rumah dan satu lagi untuk tim tamu.

Setiap kali tim mencetak poin, jumlahnya akan ditambahkan pada papan skor yang sesuai dengan tim tersebut.

Papan skor juga menampilkan periode atau kuarter permainan yang sedang berlangsung.

10. Peralatan Pribadi Pemain

Beberapa peralatan pribadi pemain yang pasti dibutuhkan antara lain handuk, air minum, tas olahraga, dan beberapa peralatan pelatihan.

Ini adalah alat pribadi pemain yang perlu diperhatikan karena saat dibutuhkan saat pertandingan.

Tas olahraga digunakan untuk membawa dan menyimpan peralatan dan perlengkapan basket dengan mudah.

Semua peralatan dan perlengkapan basket di atas adalah penting untuk memastikan kenyamanan dan keamanan saat bermain olahraga ini.

Nah, ketahui lebih lengkap tentang bola basket lewat buku Baketik: Basket & Statistik.

Selain peralatan dan perlengkapan basket, buku ini juga akan memberi banyak referensi penting dalam pertandingan basket. Mulai dari kebutuhan pemain hingga pelatih loh.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com