Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan Paling Efektif Untukmu!

Kompas.com - 14/07/2023, 10:30 WIB
tips menjaga kesehatan sistem pernapasan Sumber: pixabay/Mohamed_hassan tips menjaga kesehatan sistem pernapasan
Rujukan artikel ini:
Penatalaksanaan Terapi Penyakit Sistem Pernafasan
Pengarang: Zullies Ikawati
|
Editor Rahmad

Menghirup udara yang segar di pagi hari merupakan nikmat yang tidak ternilai, bukan?

Akanya, cara memelihara organ sistem pernapasan sangat penting untuk kita pahami. Apalagi paru-paru memiliki peranan yang sama pentingnya dengan jantung, persendian, dan juga organ tubuh lainnya yang menua seiring dengan perjalanan waktu.

Paru-paru juga bisa menjadi kurang fleksibel dan tidak sekuat sebelumnya, sehingga kita bisa kesulitan bernapas jika tidak merawat pernapasan dengan baik.

Makanya, dengan kita membiasakan hidup sehat, misalnya dengan memelihara organ pernapasan, maka kamu bisa lebih menjaga kesehatan paru-paru kamu dan mampu menjaganya secara optimal, bahkan sampai usia lanjut.

Berikut cara memelihara organ sistem pernapasan manusia yang bisa kamu praktekkan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari.

Tips MenjagaKesehatan Sistem Pernapasan Manusia

1. Berolahraga secara rutin

Berolahraga secara teratur bisa menjadi cara memelihara organ sistem pernapasan.

Sama halnya dengan fungsi olahraga yang bisa membuat tubuh kamu menjadi bugar, olahraga juga bisa membuat kamu menjadi tetap sehat.

Ketika kamu berolahraga, maka jantung kamu akan berdetak lebih cepat dan paru-paru juga bekerja dengan lebih keras. Maka, tubuh kamu akan membutuhkan lebih banyak lagi oksigen untuk mengisi otot.

Dengan begitu, paru-paru kamu akan meningkatkan aktivitasnya untuk mengirimkan oksigen, sambal mengeluarkan karbondioksida tambahan. Jenis olahraga yang disarankan adalah aerobic.

2. Berhenti merokok

Pasti banyak yang sudah tahu kalau merokok bisa meningkatkan risiko kanker paru-paru. Tetapi, itu bukan satu-satunya penyakit yang bisa ditimbulkan dari rokok.

Tidak peduli berapa usia kamu atau berapa lama kamu menjadi seorang perokok, tetapi berhenti merokok bisa menjadi salah satu cara untuk memelihara organ sistem pernapasan dengan tepat. Termasuk menjaga orang lain di sekitar kamu yang ikut terganggu.

3. Mengonsumsi makanan bergizi

Memperbanyak makan makanan bernutrisi yang bisa menjaga organ sistem pernapasan bisa menjadi salah satu cara efektif.

Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin, vitamin C, vitamin E, Zinc, Kalium, Selenium, dan juga Magnesium.

4. Hindari paparan polutan

Paparan polutan yang ada di udara bisa merusak paru-paru dan mampu mempercepat penuaan. Ketika masih usia muda dan kuat, paru-paru secara alami bisa dengan mudah menahan racun tersebut.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Akan tetapi, saat usia bertambah, maka organ pernapasan bisa kehilangan sebagian dari resistensi itu menjadi lebih rentan dengan penyakit.

Nah, cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari polutan adalah dengan cara menghindari olahraga dekat lalu lintas, karena kamu bisa menghirup asap knalpot.

Lalu, jadikan rumah kamu sebagai zona bebas rokok. Bersihkan juga furniture kamu setidaknya seminggu sekali.

5. Rutin membersihkan karpet

Cara memelihara sistem pernapasan yang selanjutnya adalah bisa kita mulai dengan kondisi di sekitar. Sebaiknya, kamu menyedot karpet setidaknya tiga kali dalam seminggu dan membersihkannya dengan uap setiap tahunnya.

Karena, karpet biasanya menjebak jamur, kotoran kecoa, debu, kotoran,dan juga tungau yang bisa masuk ke dalam paru-paru.

Bahkan, bahan kimia yang digunakan untuk memasang dan membuat karpet juga bisa menyebabkan masalah pada paru-paru kita.

Kalau lingkungan kamu terlalu banyak debu, maka kamu bisa mempertimbangkan lantai permukaan keras seperti ubin yang bisa lebih mudah untuk dibersihkan.

6. Melakukan pernapasan dalam

Kalau kamu seperti kebanyakan orang, mengambil napas pendek di area dada. Itu hanya menggunakan Sebagian kecil dari paru-paru kita saja. Pernapasan dalam bisa membantu kita dalam membersihkan paru-paru dan uga menciptakan pertukaran oksigen secara penuh.

Cara memelihara sistem pernapasan dengan Teknik nafas dalam adalah dengan duduk tenang di suatu tempat, lalu Tarik nafas perlahan dengan hidung. Lalu, buang napas setidaknya dua kali lebih lama melalui mulut.

Lakukan cara di atas supaya kamu bisa merawat kesehatan sistem pernapasan kamu.

Untuk memahami penyakit yang mungkin saja bisa menyerang sistem pernapasan dan bagaimana cara menanganinya dengan terapi, bisa kamu baca melalui buku Penatalaksanaan Terapi Penyakit Sistem Pernafasan karya Zullies Ikawati.

Buku ini ditujukan sebagai referensi bagi para apoteker praktisi ataupun kalangan akademisi sebagai sumber literatur, baik untuk penelitian maupun kegiatan belajar mengajar.

Ruang lingkup kajian yang ada di dalam buku ini meliputi beberapa penyakit seperti rhinitis alergi, bronchitis, batuk, asma, PPOK, dan juga cystic fibrosis.

Kamu bisa langsung pesan dan beli buku ini melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com