Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku yang Tepat Untuk Mempelajari Metode Penelitian

Kompas.com - 03/07/2023, 13:30 WIB
Rekomendasi Buku yang Tepat Untuk Mempelajari Metode Penelitian
Sumber: pixabay/stokpic Rekomendasi Buku yang Tepat Untuk Mempelajari Metode Penelitian
Rujukan artikel ini:
Dasar-Dasar Metodologi Penelitian
Pengarang: Suwartono
|
Editor Rahmad

Apakah kamu sedang menyusun laporan penelitian? Jika ya, artikel ini tepat untuk kamu!

Untuk kamu yang sedang menyusun laporan penelitian atau skripsi, menjadi hal yang penting untuk kita memiliki buku metode penelitian. Melalui buku metode penelitian, kita bisa mendapatkan berbagai informasi atau referensi yang bisa mendukung apa yang sedang kita tulis.

Buku tentang metode penelitian biasanya berisi tentang teori penelitian serta prosedur bagaimana menjalankan suatu penelitian tertentu.

Nah, untuk kamu yang masih bingung dalam mencari referensi buku metode penelitian yang tepat, berikut adalah rekomendasi buku metode penelitian yang tepat untuk kamu baca dan pelajari.

Rekomendasi Buku Metode Penelitian

1. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian

Rekomendasi buku metode penelitian yang pertama adalah buku yang berjudul Dasar-dasar Metodologi Penelitian, karya Suwartono. Buku ini akan menjawab segala kegelisahan kamu tentang kerumitan yang mungkin akan ditemui saat penelitian.

Buku yang terdiri dari 220 halaman ini menjabarkan tentang berbagai jenis penelitian yang ada, metode penelitian, rumus-rumus dalam penelitian, dan segala hal lainnya yang berkaitan dengan penelitian.

Yang terbaik dalam buku ini adalah tidak hanya memaparkan, tetapi juga menuntut pembacanya untuk melakukan penelitian.

Buku ini juga kaya akan ilustrasi yang menggambarkan kalau penelitian tidak serumit yang ada di bayangan kita.

Jadi, buku ini sangat pas untuk dijadikan buku pedoman penyusunan laporan atau skripsi oleh akademis dan masyarakat umum yang tertarik untuk melakukan penelitian.

2. Metodologi Penelitian : Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami

Buku yang berjudul Metodologi Penelitian : Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami karya V. Wiratna Sujarweni juga menjadi buku yang tepat untuk kamu yang ingin mempelajari metode penelitian.

Buku ini adalah bagian dari pengayaan berbagai literatur dalam mengenal metode penelitian yang sudah banyak ditulis.

Buku ini ditulis berdasarkan pada literatur yang luas, sehingga memaparkan bab-bab yang lengkap.

Bab yang dibahas adalah bagian yang tentunya sangat dibutuhkan dalam hal penelitian.

Hadirnya buku ini bisa menjadi tuntunan bagi para mahasiswa ataupun peneliti yang sedang mencari buku panduan penelitian yang lengkap, praktis, dan juga mudah untuk dipahami.

Hal ini karena buku ini memang dirangkai dengan sebaik mungkin supaya mudah untuk dipahami oleh siapa saja yang membutuhkan pengetahuan tentang metode penelitian.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Belajar Mudah Metodologi Penelitian

Metode penelitian merupakan suatu cara yang digunakan untuk melakukan suatu penelitian.

Metode penelitian sendiri berisikan sekumpulan peraturan, kegiatan, dan juga prosedur yang digunakan oleh peneliti untuk bisa menyelesaikan penelitiannya.

Buku Metodologi Penelitian karya Sutanta ini sangatlah lengkap, sehingga cocok untuk kamu yang sedang mempelajari tentang metode penelitian. Buku yang terdiri dari 128 halaman ini terdiri dari 8 bab.

Setiap bab tersebut berisi antara lain, dasar penelitian, penelitian kualitatif dan kuantitatif, unsur dasar dalam penelitian, unsur-unsur dari penelitian kualitatif dan kuantitatif, penelitian pendidikan, rancangan penelitian kesehatan, serta dilengkapi juga dengan pelaksanaan dan pelaporan penelitian.

4. Metode Penelitian dan Statistik: Untuk Perkuliahan, Penelitian Mahasiswa Sarjana, dan Pascasarjana

Rekomendasi buku metode penelitian yang selanjutnya adalah berjudul Metode Penelitian dan Statistik: Untuk Perkuliahan, Penelitian Mahasiswa Sarjana, dan Pascasarjana karya Amos Neolaka.

Bagi mahasiswa serta peneliti yang ingin memahami secara mendalam tentang metode penelitian dan juga seperti apa penerapannya di dalam statistik, maka bisa menggunakan buku ini sebagai bahan rujukannya.

Kamu juga bisa mulai untuk membaca buku ini untuk memperdalam pengetahuan yang telah kamu miliki tentang metode penelitian dan statistik.

5. Metodologi Penelitian

Dalam meningkatkan suasana akademis dan juga dalam upaya untuk penyajian pengalaman belajar untuk menumbuhkan sikap keterampilan dalam penelitian pada mahasiswa, maka metodologi penelitian menjadi hal yang esensial.

Dengan menguasai metodologi penelitian, maka diharapkan tenaga pengajar bisa menyertakan metode penelitian dan hal lain yang berkaitan dengan penelitian dalam setiap bidang yang dikerjakan.

Untuk membantu para pengajar dalam memahami metodologi penelitian, maka buku yang berjudul Metodologi Penelitian karya Sumadi, sangat tepat untuk hal ini.

Buku ini disajikan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan seluk-beluk dalam penelitian.

Hal-hal yang dibahas di dalam buku ini mulai dari proses penelitian, metode penelitian, macam-macam penelitian, serta rancangannya.

Itulah rekomendasi buku metode penelitian yang tepat untuk kamu yang ingin mempelajari lebih dalam lagi tentang metode penelitian.

Semua buku di atas, bisa dengan mudah kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com