Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Tahu Kecocokan Kamu dan Dia Melalui Arti Perhitungan Weton Jawa

Kompas.com - 26/06/2023, 12:30 WIB
Arti Perhitungan Weton Jawa Sumber: pixabay.com/belajatiraihanfahrizi Arti Perhitungan Weton Jawa
Rujukan artikel ini:
Jejak Islam Dalam Kebudayaan Jawa
Pengarang: AHWAN FANANI
|
Editor Rahmad

Bagi masyarakat Jawa, pasti tidak asing lagi dengan istilah weton Jawa.

Weton jodoh ini dipercaya dapat memberikan gambaran kecocokan dari dua pasangan yang merencanakan pernikahan.

Mengingat pernikahan merupakan hal yang penting dan juga sakral, maka tidak heran kalau banyak masyarakat Jawa yang berpegang teguh pada perhitungan baik-buruk dan cocok atau tidaknya untuk kehidupan berumah tangga.

Nah, akhirnya banyak yang melakukan perhitungan weton Jawa untuk mengetahui kondisi pernikahan mereka bersama pasangan untuk ke depannya.

Penasaran makna dari hasil perhitungan weton Jawa? Yuk cari tahu di sini.

Makna Hasil Perhitungan Weton Jawa Untuk Pernikahan

1. Hasil hitungan 1, 9, 17, 25, dan 23: pegat atau cerai

Pasangan yang mendapatkan hasil hitungan weton Jawa pegat akan mendapatkan masalah ekonomi yang berujung kepada perceraian.

Hal ini disebabkan oleh faktor ekonomi, atau juga perselingkuhan yang kemungkinan besar bisa menyebabkan perceraian rumah tangga.

Pegat bukan hasil dari perhitungan yang baik, karena weton Jawa ini banyak dihindari oleh pasangan karena kemungkinan terburuknya yang akan dihadapi pada pernikahan ini adalah perceraian.

2. Hasil hitungan 2, 10, 18, 26, dan 34: ratu atau “diratukan”

Sesuai dengan namanya, maka hasil perhitungan weton Jawa ini memiliki makna pasangan tersebut akan hidup seperti layaknya seorang ratu atau “diratukan” dengan harta dan bisa hidup dengan harmonis.

Konon, pasangan dengan hasil weton Jawa ini memang sudah ditakdirkan untuk berjodoh, sehingga dihargai dan disegani oleh masyarakat.pasangan ini juga bisa membuat iri orang lain karena rumah tangga yang mereka bangun sangat damai.

3. Hasil hitungan 3, 11, 19, 27, dan 35: jodho atau jodoh

Hasil weton Jawa ini artinya pasangan tersebut bisa dipercaya dan mampu membangun rumah tangga yang harmonis sampai akhir hayat. Hasil ini menunjukkan kesamaan yang dimiliki oleh pasangan dan memang ditakdirkan berjodoh.

Bagi masyarakat Jawa, weton jodoh ini dipercaya mampu memberi gambaran kecocokan pada pasangan yang ingin menikah.

4. Hasil hitungan 4, 12, 20, 28, dan 38: tap atau masalah

Hasil hitungan ii, kehidupan awal rumah tangga yang dibina konon akan menemukan banyak masalah. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, pasangan tersebut bisa bertahan, dan rumah tangga yang dijalani akan baik-baik saja.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Masalah yang biasa dihadapi oleh pasangan ini biasanya karena faktor ekonomi. Tetapi, saat pasangan ini memiliki keturunan akan membuat kehidupannya lebih Bahagia.

5. Hasil hitungan 5, 13, 21, dan 29: tinari atau Bahagia

Pasangan dengan hasil ini diartikan akan hidup bahagia dengan kondisi keuangan yang berkecukupan.

Oleh sebab itu, bisa membawa hidup yang lebih bahagia. Pasangan ini juga diberi kemudahan dalam mencari rezeki.

6. Hasil hitungan 6, 14, 22, dan 30: padu atau pertengkaran

Hasil hitungan padu ini akan sering terjadi percekcokan atau pertengkaran. Ada kemungkinan juga pasangan dengan hasil ini akan berpisah. Tetapi, semuanya tergantung dengan bagaimana pasangan pengantin ini menghadapinya.

7. Hasil hitungan 7, 15, 23, dan 31: sujanan atau perselingkuhan

Dalam kehidupan rumah tangga dengan hasil sujana, pasangan ini akan menghadapi masalah perselingkuhan maupun pertengkaran.

Hal ini bisa disebabkan oleh pihak laki-laki yang berselingkuh atau perempuannya.

8. Hasil hitungan 8, 16, 24, dan 32: pesthi atau harmonis

Hasil hitungan weton Jawa ini artinya adalah Sakinah, mawadah, dan warohmah. Kehidupan rumah tangganya konon akan selalu damai, aman, dan juga tentram sampai tua.

Jika terjadi masalah, tetapi tidak merusak keharmonisan pada rumah tangga tersebut.

Hitungan ini menurut masyarakat Jawa yang agamis adalah yang terbaik, karena sebuah kebahagiaan yang tercipta bukan hanya didunia saja, tetapi juga sampai akhirat.

Nah, itulah makna dari setiap hasil weton Jawa yang dipercayai oleh kebanyakan masyarakat Jawa. Jejak kebudayaan Jawa juga bisa kamu temukan dalam buku Jejak Islam Dalam Kebudayaan Jawa karya Ahwan Fanani.

Buku ini berisi tentang jejak Islam dalam kebudayaan Jawa yang diperuntukkan untuk kamu sedang mencari sumber informasi tentang jejak Islam di dalam kebudayaan Jawa.

Buku ini menggambarkan tentang eksistensi nilai islam dalam kebudayaan Jawa serta bagaimana cipta, karsa, dan karya dari manusia Jawab isa dilihat sebagai khazanah yang bisa menggali kearifan lokal.

Melalui buku ini, pembaca bisa menapaki kekayaan khazanah nilai luruh agama yang ada pada kebudayaan Jawa. Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia..com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com