Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bacaan Doa Setelah Salat Dhuha

Kompas.com - 09/06/2023, 10:15 WIB
Doa Setelah Sholat Dhuha Sumber Gambar: Freepik.com Doa Setelah Sholat Dhuha
Rujukan artikel ini:
Mirojul Mukminin Mukjizat Shalat Dhuha
Pengarang: M Khalilurrahman Al Mahfani
|
Editor Puteri

Ada berbagai ibadah yang bisa dilakukan selain dengan menjalankan perintah ibadah wajib, salah satunya yaitu salat Dhuha.

Salat Dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang memiliki banyak pahala dan kebaikan di dalamnya.

Pada hakikatnya, salat Dhuha merupakan ibadah sunnah yang dikerjakan di pagi hari sekitar jam 8 sampai jam 10, atau lebih tepatnya berakhir sebelum masuk waktu Dzuhur.

Salat Dhuha juga memiliki perbedaan jumlah rakaat yang bisa dilakukan, antara lain adalah dengan melakukan 2 sampai 12 rakaat, dan bisa dilakukan dengan masing-masingnya hanya 2 rakaat saja.

Selain mengetahui banyak kebaikan dalam melaksanakan salat Dhuha, maka dari itu kamu juga perlu tahu apa saja doa-doa yang bisa cepat dikabulkan setelah melaksanakan salat Dhuha.

Doa Setelah Salat Dhuha

Ada beberapa doa yang kamu bisa panjatkan setelah melakukan salat Dhuha, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Doa agar Selalu Dilancarkan Rezekinya

Pada dasarnya, rezeki yang kamu dapat mau itu sedikit ataupun banyak, kamu tetap harus mensyukurinya karena itu merupakan pemberian dari Allah SWT.

Namun, ada juga doa agar bisa dilancarkan dan diperbanyak rezekinya.

Doanya sebagai berikut:

Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal baha-abaha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ismata ‘ismatuka. Allahumma in kana rizqi fis samma-i fa-anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kana mu'assaran fayassirhu, wa in kana haroman fatohhirhu, wa in kana ba'idan faqorribhu, bihaqqi dhuha-uka, wal baha-ika, wa jamaalika, wa quwwatika, wa qudratika, aatini maa ataita ‘ibadakash sholihin”.

Artinya: “Ya Allah, bahwasanya waktu Dhuha itu adalah waktu Dhuha-Mu, dan keagungan itu adalah keagungan-Mu, dan keindahan itu adalah keindahan-Mu, dan kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu. Ya Allah, jika rezekiku masih di atas langit, maka turunkanlah, jika masih di dalam bumi, maka keluarkanlah, jika masih sukar, maka mudahkanlah, jika (ternyata) haram, maka sucikanlah, jika masih jauh, maka dekatkanlah. Berkat waktu dhuha, keagungan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh."

2. Doa agar Selalu Diberi Kesabaran

Selain meminta untuk dilancarkan rezekinya, doa ini juga bisa kamu panjatkan agar selalu dalam lindungan Allah dan diberikan kesabaran atas semua masalah yang dihadapi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitana wa hablana min ladunka rahmah innaka antal wahhab.”

Artinya: “Ya Allah Ya Tuhan kami, janganlah kau jadikan kami orang yang suka berbuat seperti layaknya setan, karuniailah kami dan berikan rahmat yang besar kepada kami, karena sesungguhnya Engkaulah yang Maha pemberi karunia."

3. Doa agar Diangkat Penyakitnya

Banyak sekali manfaat dan kebaikan yang ada di salat Dhuha, dan salah satu di antaranya adalah bisa diangkat segala macam penyakit.

Sesungguhnya Allah SWT yang memberikan penyakit kepada kita, dan Allah juga lah yang mampu mengangkat penyakit tersebut.

Adapun doa agar diangkat penyakitnya, adalah sebagai berikut:

Allahumma rabbana nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.”

Artinya: “Ya Allah, Ya Tuhanku, hilangkanlah penyakit ini. Berikanlah aku kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakitku kecuali Engkau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri”.

Nah, itulah tiga contoh doa yang kamu bisa panjatkan setelah melakukan sholat Dhuha.

Kamu juga bisa membaca buku Mi'rajul Mukminin Mukjizat Shalat Dhuha yang ditulis oleh M Khalilurrahman Al Mahfani untuk bisa lebih mengenal manfaat yang bisa kamu peroleh jika sering menjalankan ibadah salat Dhuha.

Dalam buku yang memiliki 200 halaman ini, kamu akan diajak untuk mengenal bagaimana salat Dhuha sebagai salat sunnah yang dianjurkan karena mendatangkan manfaat untuk kehidupan kita sehari-hari.

Seperti yang tertulis dalam HR. Muslim, "Kerjakanlah salat subuh kemudian tinggalkanlah salat hingga matahari terbit, sampai matahari naik. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud (menyembah Matahari)."

Selain itu, penulis juga akan menjabarkan apa saja keutamaan-keutamaan mengerjakan salat Dhuha.

Dapatkan segera buku Mi'rajul Mukminin Mukjizat Shalat Dhuha di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com