Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinopsis Trilogi Film Dilan, Pahit Manis Kisah Cinta Masa SMA

Kompas.com - 10/06/2023, 12:00 WIB
Film Dilan  Sumber Gambar: Kompas.com Film Dilan 
Rujukan artikel ini:
Ancika: Dia Yang Bersamaku Tahun…
Pengarang: Pidi Baiq
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Bagi para pecinta novel remaja, kisah cinta Dilan dan Milea dalam buku Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 pasti sudah tidak asing lagi.

Salah satu novel dengan penjualan terbaik di Gramedia ini ditulis oleh seorang penulis sekaligus seniman multitalenta Indonesia, Pidi Baiq.

Kesuksesan novel Dilan 1990 ini kemudian memantik semangat Pidi Baiq untuk terus melanjutkan kisah Dilan dan Milea dalam buku Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1991 dan buku Milea: Suara dari Dilan.

Sampai akhirnya pada tahun 2018, Falcon Pictures mengadaptasi novel ini menjadi sebuah film layar lebar yang dibintangi oleh aktor muda tanah air, Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla yang berperan sebagai Dilan dan Milea.

Tanpa disangka, antusiasme penonton berhasil membuat film ini menjadi salah satu film yang merajai box office Indonesia dengan raihan 6,3 juta penonton.

Jumlah yang fantastis ini menjadikan film Dilan 1990 sebagai film terlaris sepanjang tahun 2018.

Berkat kesuksesan yang diperoleh dari film pertamanya, kisah Dilan dan Milea kemudian dilanjutkan dengan 2 sekuel berikutnya yang tayang pada tahun 2019 dan 2020.

Buat kamu yang penasaran dengan kisah Dilan dan Milea, kamu bisa intip sinopsisnya terlebih dahulu sebelum menonton filmnya.

Sinopsis Trilogi Film Dilan

1. Dilan 1990 (2018)

Film Dilan 1990 dibuka dengan kisah kepindahan Milea dan keluarganya dari Jakarta ke Bandung pada bulan September 1990.

Di sekolah barunya, Milea bertemu dengan Dilan, seorang murid laki-laki populer yang ternyata juga salah satu anggota geng motor di Bandung.

Di awal pertemuan keduanya, Milea sempat merasa heran dengan tingkah Dilan yang sedikit nyeleneh dan kadang juga terlalu percaya diri.

Seiring berjalannya waktu, keunikan yang dimiliki Dilan ternyata berhasil membuat Milea jatuh cinta, tapi di sisi lain, Milea juga masih menjalin hubungan dengan Benni, kekasihnya yang berada di Jakarta.

Sudah sejak lama Milea ingin menyudahi hubungannya karena sikap Benni yang kasar, hal ini tentu berbanding terbalik dengan sikap Dilan yang sangat manis dan penuh kejutan.

Saat mengikuti lomba cerdas cermat di Jakarta, Benni tiba-tiba datang dan memukul salah satu teman Milea yang saat itu duduk disebelahnya, kejadian itu membuat Milea marah dan memutuskan hubungannya dengan Benni.

Sejak saat itu Milea dan Dilan menjadi semakin dekat, meski belum resmi berpacaran, keduanya telah saling memahami perasaan satu sama lain.

2. Dilan 1991 (2019)

Film ini merupakan sekuel dari Film Dilan 1990 yang masih berkutat dengan kisah asmara Dilan dan Milea yang ternyata telah resmi berpacaran.

Di awal cerita, penonton akan disuguhkan dengan beragam kisah manis dari Dilan dan Milea yang tengah di mabuk asmara.

Sayangnya semua cerita indah itu tidak berlangsung lama, semuanya diawali saat Dilan tiba-tiba dikeroyok oleh musuhnya, hal ini tentu membuat Milea merasa sangat khawatir dengan keselamatan Dilan.

Dilan yang merasa tidak terima segera menyusun strategi balas dendam bersama para anggota gengnya, saat itu, Milea menemui Dilan dan melarangnya untuk melakukan hal-hal yang membahayakan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tak hanya itu, Milea juga mengancam akan putus dari Dilan jika ia masih melakukan penyerangan, Dilan yang bersikeras ingin balas dendam akhirnya harus ditahan di kantor polisi.

Meski tidak sampai putus, masalah ini ternyata hanyalah ujian awal bagi kisah cinta Dilan dan Milea.

Tidak lama setelah itu, salah satu sahabat Dilan meninggal dunia setelah berkelahi dengan geng motor, hal ini memaksa Milea untuk semakin gencar melarang Dilan terlibat dengan semua urusan yang menyangkut geng motor.

Tapi Dilan sendiri belum bisa menarik diri dari pergaulannya, di sisi lain, muncul sosok baru bernama Yugo yang secara terang-terangan menyukai Milea dan membuatnya cemburu.

Kemarahan Milea dan kecemburuan Dilan akhirnya menimbulkan konflik yang jauh lebih besar, lantas, bagaimana mereka berdua menyelesaikannya?

3. Milea: Suara dari Dilan (2020)

Jika dua film sebelumnya diambil dari sudut pandang Milea, film sekuel ketiganya ini diambil dari sudut pandang Dilan.

Film ini bercerita tentang Kota Bandung di era 90-an, saat itu seorang panglima tempur geng motor bernama Dilan sedang menjalin hubungan dengan Milea yang merupakan siswi pindahan dari Jakarta.

Meski pada awalnya Dilan merasa kesulitan untuk mendekati Milea, tapi lama-kelamaan keduanya bisa saling jatuh cinta.

Hubungan Dilan dan Milea ternyata membuat teman-teman geng motornya merasa kalau Dilan berubah dan mulai menjauh dari mereka.

Sampai suatu hari, Akew, sahabat Dilan meninggal dunia akibat dikeroyok, Dilan dan teman-teman geng motornya tentu sempat berpikir untuk membalas dendam.

Masalah ini membuat Milea khawatir dengan keselamatan Dilan, sebagai bentuk peringatan, Milea mengancam akan putus dengan Dilan kecuali Dilan bersedia menjauh dari dunia geng motor.

Perpisahan yang pada awalnya hanya sebagai bentuk gertakan ternyata malah menjadi sebuah perpisahan yang abadi sampai keduanya dewasa.

Meski telah berpisah, Dilan dan Milea masih terus membawa perasaan yang sama saat keduanya bertemu dalam sebuah acara reuni SMA.

Setelah membaca sinopsis diatas, apakah kamu semakin tertarik untuk menonton trilogi film Dilan?

Buat kamu yang tertarik, ketiga film Dilan ini sudah ditayangkan di beberapa layanan streaming film seperti Netflix.

Tapi buat kamu yang sudah mengikuti kisah Dilan dan Milea melalui novel dan filmnya, kamu juga bisa membaca karya Pidi Baiq lainnya yang masih berada dalam satu universe yakni buku Ancika: Dia Yang Bersamaku Tahun 1995.

Buku ini mengisahkan tentang kelanjutan hidup Dilan setelah beberapa tahun berpisah dengan Milea.

Bermula dari sahabat, hubungan Dilan dan Ancika kemudian berubah menjadi hubungan sepasang kekasih.

Ancika adalah seorang gadis SMA yang cantik, tegas, dan berpendirian kuat, sementara Dilan dalam novel ini diceritakan sedang menempuh perkuliahan di ITB.

Novel ini akan memberikan banyak sekali pelajaran, salah satunya adalah mengenai hubungan yang sehat dan bagaimana pasangan bisa saling menghargai satu sama lain tanpa ada yang lebih dominan diantara keduanya.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang kisah Ancika dan Dilan, kamu bisa membeli buku ini di toko buku Gramedia dan Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com