Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Merawat Vespa Matic yang Bisa Dilakukan Agar Tetap Awet

Kompas.com - 28/05/2023, 11:30 WIB
cara merawat vespa matic Sumber: pixabay/RitaE cara merawat vespa matic
Rujukan artikel ini:
Buku Pintar Teknisi Otodidak Sepeda…
Pengarang: Marsudi, M.T.
|
Editor Rahmad

Memiliki kendaraan apapun artinya sudah harus siap dengan perawatannya secara berkala, kalau ingin kendaraan yang kamu miliki tetap aman dan nyaman saat dikendarai, bukan?

Mulai dari mobil, motor matic, motor bebek, hingga Vespa matic pun harus dirawat secara rutin supaya bisa tetap nyaman pada saat digunakan dan juga bisa tahan lama.

Terlebih, untuk harga Vespa matic yang tidak murah, sehingga membutuhkan perawatan yang baik.

Cara merawat Vespa matic tentunya berbeda dengan cara merawat sepeda motor biasanya.

Lantas, komponen apa saja yang perlu dirawat dan di cek secara berkala supaya Vespa matic yang kamu miliki tetap awet? Yuk,perhatikan cara merawat Vespa matic berikut ini.

Cara Merawat Vespa Matic

1. Gunakanlah bahan bakar yang tepat dan sesuai

Vespa matic memang didesain untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi, jadi paling tidak di atas RON 90.

Di Indonesia sendiri, kamu bisa menggunakan Pertamax yang mempunyai RON 92, Pertamax Turbo RON 98, atau bisa juga Shell Power RON 95.

Kelebihan yang dimiliki kalau kamu menggunakan bahan bakar oktan tinggi adalah di mana proses pembakarannya akan lebih maksimal.

Dengan begitu, tidak akan meninggalkan kotoran pada bagian selang bensin. Tentunya hal tersebut bisa membuat performa bensin kamu tetap terjaga dan tarikannya tetap enak.

2. Mencabut Aki Vespa kalau tidak dipakai dalam waktu yang lama

Cabutlah aki Vespa Matic yang kamu miliki kalau Vespa tidak akan kamu gunakan dalam waktu 1 bulan atau lebih.

Dengan kamu melakukan cabut aki pada Vespa matic yang kamu miliki, maka aliran listrik dari aki akan terputus, sehingga bisa menghemat aki itu sendiri.

3. Mengganti oli secara rutin

Gantilah oli Vespa matic kamu secara rutin. Oli memiliki fungsi untuk meminimalisir tingkatan keausan komponen yang ada pada mesin, sehingga akan mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

Penggantian oli sendiri bisa kamu lakukan 3-4 bulan sekali. Oli yang digunakan pada setiap mesin kendaraan hidup, sehingga pelumas tetap melakukan sirkulasi walaupun motor tidak sedang dinyalakan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Panaskan Vespa matic setiap hari

Panaskanlah Vespa matic yang kamu miliki minimal 5 menit setiap harinya. Hal itu berfungsi supaya mesin selalu terlumas dengan baik.

Dengan begitu, performa dari mesin Vespa matic yang kamu miliki akan tetap maksimal kapanpun kamu butuhkan.

Dengan kamu melakukan pemanasan ini juga bisa membuat oli dapat bersirkulasi, sehingga bagian dalam dari mesin tersebut bisa terhindar dari kawat.

5. Perawatan pada ban

Jangan lupa juga untuk selalu melakukan perawatan pada bagian ban. Hal ini bertujuan supaya bisa memberikan performa dan kestabilan yang baik pada saat Vespa Matic kamu digunakan.

Selalu cek juga tekanan angin pada ban kamu dengan menggunakan alat ukur tekanan ban. Hal itu berguna untuk memastikan keawetan dari ban Vespa yang kamu miliki.

Gunakan juga standar tengah pada saat motor kamu terparkir di rumah, ya. Dengan begitu, kamu bisa menghindari tekanan berlebih pada ban dalam jangka waktu yang lama.

Selain kelima cara di atas, untuk perawatan Vespa matic, jika kamu melakukan penggantian komponen, pastikan kamu untuk memiliki menggunakan spare part yang asli, ya.

Spare part yang asli tentunya mempunyai kualitas yang baik sehingga terjamin keamanannya.

Kamu juga bisa mempelajari cara merawat motor matic yang kamu miliki melalui buku yang berjudul Buku Pintar Teknisi Otodidak Sepeda Motor Matic karya Marsudi, M.T.

Buku ini mengupas secara tuntas tentang teknik serta perawatan sepeda motor matic dengan lengkap dan jelas.

Dilengkapi pula dengan gambar-gambar dari komponen yang spesifik. Melalui buku ini, kamu akan mendapatkan panduan yang mudah untuk dipahami, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Setelah kamu membaca buku in, kamu bisa melakukan Langkah-langkah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul pada motor matic yang kamu miliki.

Buku ini bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin merawat sepeda motor kamu sendiri di rumah.

Segera pesan dan beli buku ini melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com