Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Pelajari! Contoh Teks Eksplanasi Sekaligus Penjelasan Strukturnya

Kompas.com - 23/05/2023, 14:30 WIB
contoh teks eksplanasi Suber: pixabay.com/StartupStockPhotos contoh teks eksplanasi
Rujukan artikel ini:
22 Jenis Teks Dalam Pembelajaran…
Pengarang: Dr.E.Kosasih, M.Pd
|
Editor Rahmad

Teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang menjelaskan tentang sebuah proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa bisa terjadi, baik itu peristiwa sosial, alam, budaya, maupun ilmu pengetahuan lainnya.

Setelah mengetahui pengertian teks eksplanasi secara singkat, kamu akan bisa memahaminya lagi jika membaca contoh dari teks eksplanasi beserta penjelasan struktur yang ada di dalamnya. Penasaran? Simak ulasannya secara terperinci berikut ini, ya!

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Penjelasan Strukturnya

1. Contoh Teks Eksplanasi 1

Sejarah Kabupaten Bandung

Awal dari pemerintahan Kabupaten Bandung dimulai pada Piagam Agung Mataram pada 20 April 1641. Tanggal tersebut juga sekaligus ditetapkan sebagai hari jadi dari Kabupaten Bandung.

Sebelum mencapai pemerintahan seperti saat ini, Kabupaten Bandung sudah berkembang di setiap zamannya. Saat masa kerajaaan Pajajaran, yaitu sekitar abad ke-15 dan awal abad ke-16, di Tatar Priangan belum membentuk kabupaten. Saat itu istilahnya hanya keprabuan.

Lalu, dilanjutkan dengan pemerintahan Mataram dan pemerintahan Belanda. Saat Mataram berkuasa inilah, nama keprabuan diubah menjadi kabupaten.

Berdasarkan piagam tersebut, Sultan Agung diangkat menjadi Tumenggung Wiraangunangun sebagai Bupati Bandung. Saat itu, pemerintahan Kabupaten Bandung berpusat di daerah Krapyak atau Bojongsari.

Penjelasan struktur teks eksplanasi:

Terlihat jelas pada contoh teks eksplanasi di atas menjelaskan tentang sejarah perkembangan Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Di paragraf pertama, kamu bisa membaca tentang awal dari pemerintahan Kabupaten Bandung, yang termasuk ke dalam struktur pernyataan umum.

Lalu, pada paragraf selanjutnya, teks tersebut menjelaskan tentang peristiwa yang terjadi selama perkembangan Kabupaten Bandung. Ini adalah bagian dari urutan sebab akibat, yang menjelaskan tentang hubungan suatu peristiwa terjadinya sesuatu.

2. Contoh teks eksplanasi 2

Pandemi Covid-19

Pandemic Covid-19 membuat sistem Pendidikan nasional mengalami beberapa perubahan. Hal ini sejalan sebagai sebuah bentuk upaya dalam pencegahan penularan wabah virus Covid-19, terutama di lingkungan Pendidikan.

Salah satu kebijakan Pendidikan selama masa pandemic adalah belajar dari rumah. belajar dari rumah adalah suatu kegiatan untuk mengubah proses pembelajaran di sekolah menjadi di rumah saja. Di mana para peserta didik tetap mengerjakan semua tugas sekolahnya, namun dilakukannya di rumah.

Belajar dari rumah juga bisa dilakukan dalam bentuk pembelajaran daring (dalam jaringan) atau belajar jarak jauh. Pembelajaran secara daring ini juga sekaligus memberikan sebuah pengalaman belajar yang bermakna bag para peserta didik.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Penjelasan struktur teks eksplanasi:

Pada paragraf awal berisikan tentang pernyataan umum dari identifikasi fenomena yang terjadi, yaitu pandemic Covid-19 membuat sistem Pendidikan mengalami perubahan.

Lalu, pada paragraf kedua menjelaskan tentang proses atau rangkaian dari kejadian pandemic Covid-19. Dan pada paragraf ketiga merupakan struktur berupa ulasan atau penilaian terhadap konsekuensi yang didapatkan dari kejadian tersebut.

3. Contoh teks eksplanasi 3

Proses Terjadinya Gunung Meletus

Gunung Meletus merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh adanya endapan magma di perut bumi yang kemudian disemburkan dengan kekuatan yang sangat besar. Erupsi dari gunung berapi menjadi salah satu bencana alam yang paling ditakuti, karena dampaknya sangat besar bagi kehidupan manusia.

Sebelum erupsi, biasanya gunung berapi akan mengeluarkan tanda-tanda. Gunung meletus ini bisa terjadi karena adanya tekanan magma yang keluar, akibatnya magma mengalir keluar menuju permukaan bumi.

Letusan gunung berapi sendiri adalah bencana yang tidak dapat dicegah dan juga berbahaya bagi makhluk hidup. Masyarakat yang tinggal di daerah sekitar juga harus selalu waspada dengan kejadian tersebut.

Penjelasan struktur teks eksplanasi:

Paragraph pertama berisikan pernyataan umum, di mana menjelaskan tentang erupsi gunung berapi. Lalu, pada paragraf kedua berisikan penjelasan dari proses terjadinya erupsi gunung berapi. Kemudian ditutup dengan pernyataan dari penutup paragraf.

Nah, setelah membaca contoh dari teks eksplanasi di atas, kamu pasti jadi lebih paham.

Jika kamu mengalami keterbatasan referensi dalam mengembangkan materi tentang jenis teks, kamu juga bisa mempelajari berbagai jenis teks dalam bahasa Indonesia lainnya melalui buku yang berjudul 22 Jenis Teks & Strategi Pembelajarannya di SMA/MA/SMK.

Buku tersebut bisa menjadi referensi yang tepat dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas.

Buku ini tidak hanya menyajikan berbagai jenis teks yang dipelajari di jenjang Sekolah Menengah Atas, tetapi juga diintegrasikan dengan strategi pembelajaran yang ada di kelas.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com