Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Minuman Khas Betawi yang Wajib Dicoba

Kompas.com - 05/05/2023, 13:00 WIB
Minuman Khas Betawi Sumber Gambar: kompas.com Minuman Khas Betawi
Rujukan artikel ini:
80 Resep Masakan Nusantara Populer…
Pengarang: Mince Sriwati
|
Editor Puteri

Selain mempunyai beragam jenis makanan yang menggugah selera, masyarakat Betawi juga memiliki berbagai varian minuman yang tidak hanya memanjakan lidah, tapi juga memberikan tampilan yang menggoda.

Masyarakat Betawi sendiri merupakan kelompok etnis yang tersebar di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Perkembangan pada masyarakat Betawi juga membawa dampak yang sangat signifikan pada terciptanya sejumlah kuliner khas Betawi, tak terkecuali minumannya.

Tidak bisa dipungkiri, minuman khas Betawi sangat dipengaruhi oleh peran Jakarta sebagai lokasi pencampuran dari berbagai macam etnis yang ada di seluruh Indonesia.

Berbagai macam jenis minuman khas Betawi kerap diminum sebagai asupan sehari-hari, perayaan spesial, hingga berdasarkan status sosial dan ekonomi yang terdapat pada masyarakat Betawi.

Meskipun beberapa jenis minuman Betawi kini sudah cukup sulit untuk ditemukan, tapi apabila menemukannya, dijamin rasanya akan membuat ketagihan.

Minuman khas Betawi dapat menyuguhkan kesegaran bagi tenggorokan maupun rasa hangat yang unik untuk tubuh.

Terdapat banyak sekali jenis minuman khas Betawi yang bisa dicicipi sebagai warisan kuliner Nusantara yang memang harus mulai dilestarikan keberadaannya agar tidak hilang di lingkungan masyarakat.

Apa saja minuman khas Betawi yang wajib dicoba? Berikut 5 minuman khas Betawi yang memberikan sensasi rasa yang menarik.

5 Minuman Khas Betawi

1. Es Selendang Mayang

Minuman yang satu ini dinamakan selendang mayang karena komponennya yang berwarna-warni dari agar-agar yang biasanya berwarna merah dan hijau.

Ditambah kuah santan berwarna putih semakin membuat tampilan es selendang mayang terlihat cantik dan menggiurkan.

Es selendang mayang sendiri merupakan minuman yang dapat membuat perut kenyang karena minuman yang satu ini memiliki komponen yang terbuat dari tepung sagu dan tepung beras.

Tepung yang dipakai sebagai bahan utama tersebut dibentuk layaknya agar-agar dengan potongan dadu.

2. Kopi Jahe

Kopi jahe adalah minuman khas Betawi yang sudah ada sejak abad ke-18.

Kopi jahe khas Betawi mempunyai kandungan rempah-rempah supaya tidak terlalu pahit dan biasanya kerap dinikmati sebagai pelengkap nasi kebuli bagi masyarakat Betawi keturunan Arab Pekojan.

Rempah-rempah yang ada dalam kopi jahe khas Betawi dapat menghangatkan tubuh saat suhu sedang dingin, khususnya di malam hari.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Beberapa rempah-rempah yang terdapat pada kopi jahe khas Betawi, yaitu jahe merah, kayu manis, kapulaga, cengkeh, dan daun pandan.

3. Bir Pletok

Mungkin minuman khas Betawi yang satu ini sudah sangat familiar di telinga beberapa orang.

Meskipun dinamakan bir, tapi minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol karena terbuat dari beberapa rempah-rempah, seperti serai, jahe, dan daun pandan.

Biasanya, bir pletok pun diberi tambahan kayu secang agar warnanya semakin pekat sehingga saat diseduh warnanya akan menjadi merah.

Saat ini, sudah banyak orang yang menjual bir pletok yang diproduksi sendiri dengan berbagai macam merek.

4. Es Goyang

Es goyang adalah minuman khas Betawi yang paling banyak digemari oleh anak-anak karena selain menyegarkan, minuman ini juga mempunyai cita rasa yang nikmat.

Es goyang terbuat dari santan, tepung ketan, dan gula sehingga mampu memberikan rasa gurih, manis, dan segar di saat yang sama.

Cara pembuatannya yang digoyang merupakan asal mula mengapa minuman khas Betawi yang satu ini dinamakan es goyang.

Adonan es nantinya akan dimasukkan ke dalam cetakan es dan selanjutnya digoyang-goyang agar teksturnya menjadi lebih padat.

5. Es Doger

Es doger mampu memberikan sensasi yang menyegarkan ketika dikonsumsi sehingga tidak mengherankan jika mempunyai banyak penggemar sampai saat ini.

Nama “Doger” merupakan akronim dari dorong gerobak karena pada zaman dahulu minuman ini dijajakan menggunakan gerobak yang didorong.

Es doger sendiri mempunyai beberapa komponen, seperti es serut, sirop, santan, ketan hitam, tape singkong, kental manis, dan roti tawar.

Semua isian dari es doger ini mampu menciptakan cita rasa manis dan gurih yang menyegarkan di mulut.

Indonesia juga ternyata mempunyai warisan kuliner yang melimpah ruah dengan cita rasa yang khas dan beragam.

Bagi kamu yang ingin memasak makanan khas Nusantara, maka buku 80 Resep Masakan Nusantara Populer Hits di Instagram ala Cheche Kitchen berisikan 80 resep masakan yang bisa dipraktikkan di dapur.

Buku ini Terbagi ke dalam 9 kategori menu, yaitu hidangan nasi dan mi, sop dan hidangan berkuah, aneka sayur, lauk ayam, lauk daging, lauk ikan, lauk pendamping, aneka sambal, dan kudapan Nusantara beserta step by step cara membuatnya.

Yuk, langsung order buku resepnya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com