Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Pusat Oleh-Oleh Khas Jakarta Terlengkap

Kompas.com - 14/04/2023, 09:30 WIB
rekomendasi pusat oleh-oleh khas jakarta Sumber: pixabay.com/tresiahoban3 rekomendasi pusat oleh-oleh khas jakarta
Rujukan artikel ini:
Wisata Pasar Khas di Jakarta
Pengarang: Natasha Cindy
|
Editor Rahmad

Jika pergi ke ibu kota, maka tidak lengkap rasanya kalau belum singgah di berbagai pusat oleh-oleh khas Jakarta.

Tak hanya terkenal lengkap, pusat oleh-oleh khas Jakarta ini juga terkenal dengan harganya yang murah.

Dengan begitu, kamu bisa membeli oleh-oleh khas Jakarta sampai barang-barang kekinian yang bisa kamu jadikan sebagai buah tangan.

Penasaran tempat oleh-oleh khas Jakarta mana saja yang terlengkap dan termurah yang ada di kota Jakarta?

Berikut ini tempat wisata belanja yang paling recomended yang bisa kamu kunjungi.

Tempat Oleh-oleh Khas Jakarta

1. Thamrin City

Untuk kamu yang ingin membawa pulang aneka jenis pakaian dengan harga yang terjangkau, maka kamu bisa mengunjungi Thamrin City, salah satu pusat oleh-oleh khas Jakarta ini menyediakan berbagai jenis pakaian, mulai dari batik sampai aneka jenis mainan ada di sini. Harga yang ditawarkan juga ramah di kantong.

Menariknya, Thamrin City juga menyediakan berbagai macam handycraft asli Nusantara, mulai dari topeng-topengan, wayang, sampai miniature unik bisa kamu dapatkan di sini.

Lokasinya berada di Jalan Thamrin Boulevard, Waduk Melati, Jakarta Pusat. Tempat ini buka setiap hari, mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB.

2. Pasar Baru

Kamu ingin berbelanja oleh-oleh khas Jakarta di tempat yang terkenal dengan harganya yang sangat ramah di kantong? Pasar Baru bisa menjadi salah satu pilihannya.

Tempat ini berlokasi di jalan Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Kamu bisa mengunjungi tempat ini mulai dari pukul 09.00-18.00 WIB.

Di tempat yang sudah berdiri sejak tahun 1820 ini, kamu bisa menemukan toko sepatu Sin Lie Seng yang sudah berdiri sejak tahun 1943 atau juga Bombay Textile yang menjual beragam jenis brokat yang sudah ada sejak tahun 1951.

Tidak hanya pakaian, oleh-oleh khas Betawi seperti dodol Betawi, asinan, dan berbagai macam oleh-oleh lainnya juga bisa kamu temukan di tempat ini.

3. Oleh-Oleh Sowan

Toko yang terletak di daerah Jakarta Utara ini berlokasi tepatnya di Jalan Danau Sunter Raya, Sunter Agung, tempatnya memang terlalu luas, tetapi lumayan lengkap.

Di tempat ini, kamu bisa menemukan banyak makanan khas daerah, termasuk oleh-oleh khas Jakarta.

Di tempat ini, kamu bisa menemukan kue lapis legit, kerupuk, aneka sambal, aneka kpi, dan masih banyak lagi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tempat ini juga sangat bersih dan tertata dengan rapi dan buka mulai dari pukul 09.00-21.00 WIB.

4. Rumah Makan Nusa Indah

Walaupun namanya adalah rumah makan, tetapi yoko oleh-oleh yang berlokasi di Radio Dalam.

Rumah makan ini, tidak hanya menawarkan aneka makanan untuk disantap di tempat saja, tetapi, kamu juga dapat menemukan berbagai jenis oleh-oleh.

Berbagai buah tangan khas daerah di Indonesia juga bisa kamu temukan di sini, mulai dari aneka kerupuk khas Nusantara, dodol, bakpia, dan lain sebagainya.

Tempat ini berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Kebayoran, No.33, Jakarta Selatan. Kamu bisa mengunjunginya mulai dari pukul 10.00 WIB-20.00 WIB.

5. Betawi Online Galeri

Kalau kamu sedang mencari oleh-oleh khas Jakarta, terutama khas Betawi, maka tempat ini sangat cocok untuk kamu datangi.

Lokasi tempat ini berada di Kawasan dekat Setu Babakan.

Toko ini memang tidak besar, tetapi koleksi souvenir dan makanan khas Betawi bisa kamu temukan di sini. Seperti anyaman tas, ornament patung ondel-ondel, baju, dodol, dan sebagainya.

Jika mengunjungi tempat ini, kamu juga bisa sekaligus mengunjungi Danau Setu Babakan yang terkenal kental dengan budaya Betawi.

Toko ini juga membuka layanan online di marketplace. Jika kamu ingin mengunjungi langsung toko ini, toko ini buka mulai dari pukul 09.00-22.00 WIB.

Nah, itulah beberapa rekomendasi pusat oleh-oleh khas Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa menemukan berbagai oleh-oleh sesuai yang kamu inginkan.

Sembari kamu mengunjungi lokasi oleh-oleh, kamu juga sekaligus bisa menikmati beberapa lokasi wisata Jakarta.

Melalui buku Wisata Pasar Khas di Jakarta karya Natasha Cindy, kamu bisa menemukan berbagai tempat menarik yang ada di Jakarta.

Jadi, untuk kamu yang bosan bepergian ke luar kota, kamu bisa mengunjungi wisata di Jakarta sebagai alternatifnya.

Penasaran lokasi wisata apa saja yang ada di Jakarta, yang seru untuk dikunjungi? Segera pesan dan beli buku ini melalui gramedia.com.

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com