Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Ribosom pada Sel Makhluk Hidup yang Harus Dipahami

Kompas.com - 13/04/2023, 10:00 WIB
Fungsi Ribosom Pada Sel Hewan Sumber Gambar: Freepik.com Fungsi Ribosom Pada Sel Hewan
Rujukan artikel ini:
Biologi Molekuler: Teori, Praktikum, Glosarium
Pengarang: Koes Irianto
|
Editor Puteri

Masing-masing tubuh makhluk hidup yang ada di muka Bumi ini tentunya tersusun dari berbagai jenis dan macam jaringan serta sel tersendiri.

Jaringan dan sel inilah yang selanjutnya mempunyai peran tersendiri untuk menjaga keseimbangan tubuh makhluk hidup, termasuk tumbuhan, hewan, dan manusia.

Terdapat salah satu organel yang mempunyai peranan penting di dalam tubuh makhluk hidup ialah jaringan atau sel ribosom.

Fungsi dari ribosom sendiri adalah organel yang mempunyai ukuran sangat kecil serta padat dalam suatu sel yang turut memiliki peran sebagai media dalam melakukan sintesis protein atau proses terciptanya partikel protein yang dalam prosesnya turut melibatkan sintesis RNA yang ikut dipengaruhi oleh DNA.

Seluruh makhluk dan sel hidup, seperti sel tumbuhan, sel hewan, sel eukariotik, dan sel prokariotik melibatkan ribosom yang berfungsi sebagai salah satu unsur sel yang mempunyai peran dalam pembentukan protein dari semua asam amino yang ada.

Ribosom terletak dalam sitoplasma dan melekat pada membran RE saat proses sintesis protein tengah berlangsung.

Dari segi bentuk, ribosom mempunyai ukuran yang terbilang sangat kecil dengan diameter berukuran sekitar 20 sampai 22 nanometer serta tersusun dari sekitar 65% RNA ribosom dan sekitar 35% protein ribosom.

Hal ini bisa dilihat dalam sel hati manusia yang memiliki beberapa juta ribosom, karena ribosom terdiri dari berbagai jenis protein serta berbagai macam molekul RNA.

Lalu, apa pengertian dari ribosom itu sendiri? Simak penuturannya berikut ini.

Definisi Ribosom

Ribosom merupakan suatu organel yang mempunyai ukuran sangat kecil, padat, serta tidak mempunyai membran yang biasanya terdapat pada semua sel hidup.

Molekul inti yang menjadi penyusun bagi ribosom adalah ribosomal RNA atau yang biasa dikenal dengan singkatan rRNA.

Selain ribosomal RNA, molekul yang menyusun ribosom pun tersusun dari protein sehingga tidak mengherankan apabila ribosom adalah salah satu organel paling kecil di tubuh yang juga ada dalam sel eukariot dan prokariot yang berjumlah banyak hingga ribuan ribosom.

Organel ribosom dalam sel eukariotik ada pada banyak tempat, salah satunya seperti retikulum endoplasma dan sitosol.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Retikulum endoplasma adalah salah satu organ sel yang ada dalam semua sel eukariotik serta menjadi salah satu bagian sistem yang disebut endomembran.

Sementara sitosol merupakan komponen sel yang terdapat pada sitoplasma berbentuk cairan tempat berlangsung metabolisme.

Sedangkan pada sel prokariotik, organel ribosom hanya bisa ditemukan pada tempat seperti sel sitosol.

Hal ini berlangsung pada jenis sel yang tidak ada organ sel yang mempunyai membran seperti pada retikulum endoplasma.

Fungsi Ribosom

Ribosom bisa ditemukan pada sel tumbuhan sampai hewan, dan masing-masing sel tersebut tentunya mempunyai peran serta fungsi yang sangat krusial untuk kehidupan.

Fungsi ribosom ialah sebagai salah satu organel yang membantu proses pembentukan protein di dalam sel atau yang dikenal juga sebagai sintesis protein.

Sel yang ada pada tubuh butuh melakukan proses pembuatan protein dengan tujuan supaya dapat mempercepat proses biologis yang penting dan biasa dialami oleh tubuh.

Tidak hanya itu, protein yang diproduksi oleh ribosom ini pun mempunyai peranan dalam membantu proses biologis tubuh supaya bisa berfungsi dengan normal.

Protein sendiri adalah salah satu bagian yang amat penting dalam berbagai organ tubuh, seperti rambut, kulit, dan kuku.

Jika di dalam tubuh tidak mempunyai protein sebagai hasil dari fungsi ribosom, maka akan ada banyak fungsi tubuh yang akan terganggu.

Maka dari itu, tidak mengherankan apabila ribosom mempunyai peranan yang amat penting dalam setiap aktivitas metabolisme tubuh.

Ribosom mampu memproduksi protein yang selanjutnya akan digunakan di dalam sel maupun dikeluarkan sel.

Nah, agar materi pelajaran biologi ini bisa kamu pahami secara lebih menyeluruh, maka baca buku Biologi Molekuler: Teori, Praktikum, Glosarium yang akan membahas beberapa materi seperti DNA dan RNA, biometrika, konseling genetika, dan masih banyak lagi.

Jadi, tunggu apa lagi, langsung pesan dan beli bukunya di Gramedia.com sekarang juga.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com