Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Sih Perbedaan Sun, Moon, Rising dalam Dunia Zodiak? Yuk Cari Tahu Penjelasan Lengkapnya di Sini!

Kompas.com - 05/07/2023, 18:00 WIB
 Sun Moon Rising Sumber Gambar: Pixabay.com Sun Moon Rising
Rujukan artikel ini:
Seni Membaca Zodiak
Pengarang: Claudia Sabrina
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Bicara tentang zodiak memang tidak akan pernah ada habisnya.

Meski tidak percaya dengan dunia astrologi, semua orang pastinya akan langsung tahu saat mendapat pertanyaan tentang zodiak masing-masing.

Tapi makin kesini, sistem horoskop tidak hanya terbatas pada sun sign atau zodiak yang sesuai dengan tanggal kelahiran saja, melainkan ada yang namanya moon sign dan juga rising sign.

Kalau kamu termasuk orang yang kurang percaya dengan zodiak karena merasa tidak relate, ini mungkin waktu yang tepat untuk mengenal sun, moon, dan rising sign dengan lebih mendalam.

Sebelumnya perlu kamu pahami bahwa sistem horoskop yang kita pakai sekarang merujuk pada sistem astrologi Barat yang telah lahir lebih dari 2000 tahun yang lalu.

Sistem astrologi ini diciptakan oleh kaum Babylonia di Mesopotamia yang kemudian disempurnakan kembali oleh bangsa Yunani.

Untuk penghitungannya sendiri, sistem astrologi ini melacak pergerakan planet dan matahari melalui konstelasi zodiak tahunan, dan menghubungkannya dengan karakteristik manusia yang lahir di bawah zodiak tersebut.

Posisi planet dan bintang seseorang saat lahir nantinya akan menentukan chart kelahiran mereka, inilah yang akan menjadi dasar penghitungan sun, moon, dan rising sign kita.

Untuk memahami perbedaan antara sun, moon, dan rising sign, kamu bisa simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Perbedaan Sun, Moon, dan Rising dalam Zodiak

1. Sun Sign - Pusat Identitas dan Kepribadian

Sun sign ini sebenarnya termasuk zodiak yang paling sering dipahami oleh orang awam dan bisa langsung diketahui hanya dengan melihat tanggal lahirnya saja.

Sesuai dengan namanya, sun sign ditentukan dari posisi matahari saat kelahiran seseorang yang kemudian mempengaruhi kepribadian dan sifat orang tersebut, bisa dibilang sun sign adalah pusat dari identitas yang ada dalam diri seseorang.

Menurut para ahli astrologi, sun sign adalah lambang dari ego yang bisa menjabarkan bagaimana seseorang berhubungan dengan dunia dan orang-orang di sekitarnya.

Singkatnya, sun sign is all about ‘who you are’ yang bisa merepresentasikan identitas seseorang dalam kehidupannya.

2. Moon Sign - Emosi Batin

Ibarat bulan yang ada di malam hari, moon sign adalah sisi zodiak yang sangat berperan dalam mengatur sisi emosional dalam diri seseorang.

Kalau sun sign adalah matahari yang bersinar dan bisa dengan mudah dilihat orang lain, moon sign adalah cahaya bulan yang temaram, yang menjadi bagian lebih personal dan tidak semua orang bisa melihatnya dengan jelas.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Moon sign lebih membahas mengenai inner thoughts, emosi, perasaan yang kamu rasakan saat sedang sendirian, termasuk juga rasa sentimen yang mungkin tidak bisa kita ekspresikan pada orang lain.

Untuk menghitung moon sign, kamu harus lebih dulu tahu tanggal, bulan, tahun, dan jam berapa persisnya kamu dilahirkan.

Tidak perlu repot juga untuk mencari ahli astrologi, kamu bisa dengan mudah mengakses berbagai situs kalkulator penghitungan moon sign yang bisa digunakan secara gratis.

3. Rising Sign - Kepribadian di Lingkungan Sosial

Rising sign mungkin termasuk yang paling jarang dibicarakan, padahal sign ini mengacu pada kepribadian diri yang kamu tunjukkan ke dunia, misalnya riasan make up, gaya busana, dan masih banyak lagi.

Tidak seperti sun dan moon yang mengacu pada planet, rising sign ini sendiri bermakna titik langit yang bertemu dengan bumi dan kemudian membentuk garis horizon.

Lebih mudahnya, sun sign akan mewakili kepribadian intimu, moon sign mewakili inner personality, sementara rising sign akan mewakili sisi dirimu yang paling luar atau bisa diibaratkan sebagai ‘topeng’ yang kamu kenakan saat bertemu dengan orang baru.

Sadar atau tidak, manusia pada umumnya justru lebih sering menampilkan rising sign dibandingkan dengan sun sign saat berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya.

Untuk menghitung rising sign, kamu harus mengetahui waktu kelahiran (jam dan menit) dan tempat kelahiran karena rising sign ini bisa berganti setiap beberapa jam.

Itulah penjelasan lengkap mengenai perbedaan antara sun, moon, dan rising sign dalam dunia zodiak dan astrologi.

Masing-masing sign ini tentunya penting untuk diketahui karena chart kelahiran kita memiliki pengaruh yang besar bagi kepribadian dan emosi yang ada dalam diri kita sebagai manusia.

Setelah memahami ketiganya, kamu akan semakin mengenal diri sendiri dan memahami bagaimana caranya bersikap dengan orang-orang di sekitar.

Buat kamu yang masih tertarik untuk mempelajari soal sun sign alias zodiak, kamu bisa temukan penjelasan lebih lengkapnya dalam buku Seni Membaca Zodiak yang ditulis oleh Claudia Sabrina.

Dalam buku ini, kamu akan mempelajari awal mula terbentuknya zodiak yang mewakili setiap tanggal dan bulan kelahiran seseorang.

Melalui buku ini, kamu akan semakin memahami bagaimana pengaruh zodiak terhadap sifat dan karakteristik manusia dalam kehidupannya.

Tapi, benarkah zodiak bisa digunakan untuk memprediksi hal-hal yang terjadi dalam kehidupan seseorang?

Untuk menemukan jawabannya, kamu bisa dapatkan buku ini segera di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com