Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Pidato Singkat Dengan Berbagai Tema, Bisa Dijadikan Referensi

Kompas.com - 20/03/2023, 10:30 WIB
contoh pidato singkat Sumber: drshohmelian/Pixabay contoh pidato singkat
Rujukan artikel ini:
Public Speaking: Gaya Dan Teknik…
Pengarang: PROF. DR. MOH. ALI…
|
Editor Rahmad

Pada saat kamu menghadiri suatu acara, pasti kamu pernah menemukan orang yang sedang berpidato pada saat acara tersebut ingin dimulai, terlebih jika acaranya formal.

Ada seseorang yang menyampaikan pidato singkat terlebih dahulu untuk memulai suatu acara.

Pidato singkat merupakan sapaan dengan susunan yang baik dan juga santun untuk menyampaikan sesuatu kepada orang-orang yang hadir.

Apakah kamu pernah mengisi pidato dalam sebuah acara? Jika kamu ingin belajar pidato singkat, maka berikut ini beberapa contoh pidato singkat yang bisa kamu jadikan sebagai referensi jika kamu ingin berpidato di sebuah acara.

Contoh Pidato Singkat Dengan Berbagai Tema

1. Contoh Pidato SIngkat Dengan Tema Lingkungan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat siang, salam sejahtera bagi kita semua.

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan sedikit tentang pelestarian lingkungan.

Di masa kini, masalah lingkungan adalah hal yang sering kita abaikan. Asap kendaraan menghitam di udara, banyaknya sampah di mana-mana. Sampai kapan kita akan mengabaikan hal tersebut?

Jadi, saya sampaikan, penting untuk kita selalu menjaga lingkungan, di mana tempat kita tinggal dan beraktivitas sehari-hari.

Izinkan saya juga untuk menyampaikan beberapa Langkah kecil yang dapat kita lakukan, yaitu mengubah pola pikir kita. Meski seperti hal yang remeh, tetapi pembentukan pola pikir memang sangat berpengaruh.

Kita bisa mulai dengan kebiasaan kecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Jangan lagi membuang sampah di pinggir jalan, apalagi di kali dan juga sungai.

Perlu kita sadari kalau pencemaran lingkungan bukan hanya berdampak pada kerusakan lingkungan saja, tetapi juga pada Kesehatan.

Jadi, kebersihan lingkungan adalah hal yang penting.

Demikian pidato singkat saja tentang lingkungan, semoga bisa bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

2. Pidato Singkat Dengan Tema Narkoba

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Selamat siang hadirin sekalian. Semoga kita selalu berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Hari ini, saya ingin menyampaikan beberapa patah kata tentang narkoba beserta dengan undang-undang yang mengaturnya.

Seperti yang Anda ketahui, bahwa narkoba dipahami sebagai obat-obatan terlarang. Di Indonesia sendiri, narkoba dilarang dan telah diatur di dalam Undang-Undang Narkotika No.35 Tahun 2009.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Maka dari itu, setiap orang yang secara hukum melanggar hukum atau melawan hukum memakai, menyimpan, menguasai, serta mengedarkan narkotika akan dikenakan hukuman pidana.

Untuk itu, jangan pernah mau mengirimkan apapun tanpa mengetahui apa yang diberikan kepada kita. Bila kita melihat sesuatu yang mencurigakan, segeralah lapor ke polisi.

Mari lindungi generasi kita dari bahaya narkoba. Sekian dari saya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3. Pidato Singkat Dengan Tema Pentingnya Teknologi Internet

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan karunia-Nya kepada kita, sehingga kita bisa berkumpul disini dalam keadaan sehat.

Terima kasih kepada hadirin sekalian yang telah meluangkan waktunya untuk datang ke acara ini. Maksud saya kali ini ingin memberikan ceramah tentang pentingnya internet saat ini.

Kini, internet menjadi hal yang paling banyak dipraktikkan. Kata internet sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang. Teknologi internet bahkan telah semakin berkembang sampai saat ini. Dulu, internet sangat jarang digunakan, berbeda sekali dengan saat ini.

Saat ini, internet sudah sering digunakan oleh masyarakat. Baik diperlukan untuk para pelajar hingga masyarakat.

Dengan kata lain, internet juga bisa membantu kita dalam pekerjaan. Sebab, internet tidak hanya untuk memudahkan pekerjaan saja, tetapi juga untuk mencari informasi detail.

Saya harap, teman-teman semua bisa memanfaatkan internet dengan sebaik mungkin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Nah, itulah beberapa contoh teks pidato singkat dengan berbagai tema, yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam menulis naskah pidato.

Supaya bisa lancar dalam menyampaikan teks pidato singkat, kamu juga membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik, agar para pendengar kamu bisa menangkap poin yang kamu sampaikan di dalam pidato singkat kamu.

Melalui buku Public Speaking: Gaya dan Teknik Pidato Dakwah, kamu akan dibantu dalam menyiapkan dan menyampaikan pidato di depan umum secara meyakinkan dan mengesankan. Keterampilan dalam public speaking mutlak dibutuhkan.

Buku ini juga menyajikan tentang bagaimana diksi pidato yang baik menurut al-quran, lengkap juga dengan teks pidato Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat yang bisa jadi inspirasi kamu dalam menyusun pidato.

Setelah membaca buku ini, kamu bisa belajar tentang keterampilan dalam berbicara yang memukau serta bisa memuaskan pendengar yang mendengarkan pidato singkat kamu.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com