Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Rekomendasi Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Kompas.com - 16/03/2023, 09:30 WIB
Rekomendasi Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Photo on Gramedia.com Rekomendasi Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa
Rujukan artikel ini:
Bumi Manusia
Pengarang: Pramoedya Ananta Toer
|
Editor Rahmad

Apakah kamu gemar membaca novel? Tepat sekali, karya sastra Indonesia memiliki novel-novel terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

Ada beberapa rekomendasi novel Indonesia terbaik dari para sastrawan lokal yang karyanya sangat cemerlang.

Seperti yang kita ketahui, novel adalah salah satu karya sastra yang kompleks mulai dari jalan cerita, kaidah bahasa, tema dan unsur lainnya.

Itulah sebabnya, ada banyak hal yang harus menarik pembaca untuk menghabiskan novelnya hingga selesai.

Beruntungnya Indonesia memiliki jejeran karya sastra novel terbaik sepanjang masa yang wajib masuk list bacaan para pecinta buku.

Rekomendasi Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Berikut ini rekomendasi novel Indonesia terbaik sepanjang masa yang sayang untuk dilewatkan:

1. Tetralogi Buru - Pramoedya Ananta Toer

Tetralogi Buru yang ditulis sastrawan besar Indonesia ini terdiri dari beberapa seri novel dengan judul yang berbeda-beda namun jalan ceritanya masih berhubungan satu sama lain.

Pertama novel Bumi Manusia, sebagai periode penyemaian dan kegelisahan Minke yang ingin keluar dari kepompong kejawaannya menuju manusia yang bebas dan merdeka.

Novel ini juga menampilkan ke-Eropa-an yang jadi simbol ketinggian pengetahuan dan peradaban.

Novel kedua dari Tetralogi ini adalah Anak Semua Bangsa yang bercerita tentang spirit lapangan dan kehidupan arus bawah pribumi yang tak berdaya melawan kekuatan raksasa Eropa. Minke dihadapkan dengan kekaguman peradaban Eropa dan kenyataan bangsanya yang kerdil.

Jejak Langkah jadi novel ketiga dari Tetralogi buru Pramoedya Ananta Toer tentang kehidupan Tirto Adhi Soerjo, seorang bangsawan Indonesia dan wartawan perintis. Novel ini bercerita tentang kehidupan Minke berdasarkan tokoh Tirto Adhi Soerjo tersebut.

Selanjutnya, novel Rumah Kaca yang merupakan fiksi sejarah tentang kehidupan politik di negeri Hindia-Belanda.

Novel ini berisi aktivitas untuk memata-matai Minke sebelum, saat, dan setelah dia akhirnya diasingkan ke Maluku Utara.

Nah, itulah tetralogi Pramoedya Ananta Toer yang terkenal dan jadi rekomendasi novel terbaik Indonesia yang sayang untuk kamu lewatkan.

Berkat karyanya inilah Pramoedya jadi sastra besar Indonesia, bahkan terkenal namanya hingga mancanegara.

2. Ziarah - Iwan Simatupang

Novel Ziarah karya Iwan Simatupang ini merupakan novel peraih penghargaan sastra. Pembaca akan menemukan keunikan yang tidak biasa dari novel-novel lain.

Gaya penulisannya unik dalam meruntuhkan bentuk tulisan karya sastra menurut strukturalisme.

Itulah sebabnya, buku ini karya sastra Indonesia terbaik sepanjang masa.

Tokoh utamanya yang seorang pelukis akan membuat pembaca terus hanyut dalam cerita hingga menuntaskannya.

3. Olenka - Budi Darma

Melalui novel Olenka, Budi Darma sejatinya sedang menyibak rahasia paling kelam yang ada dalam jiwa manusia.

Karakter yang unik dengan kecamuk pikiran dituturkan dengan menarik dalam novel ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Itulah sebabnya, novel ini jadi sebuah capaian bahasa paripurna dalam karya sastra Indonesia.

4. Cantik Itu Luka - Eka Kurniawan

Novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan ini sudah berusia 20 tahun sejak terbit perdana tahun 2002 dan masih jadi novel terbaik Indonesia sepanjang masa.

Hingga kini, novel ini masih dikenal dan dibicarakan oleh para pembaca sastra Indonesia.

Novel ini menerima penghargaan World Readers pada tahun 2016 dan mengantarkan penulisnya pada penghargaan internasional di Belanda, yaitu Prince Clause Awards tahun 2018.

Novel ini bercerita tentang kehidupan wanita bernama Dewi Ayu di era kolonialisme yang dianggap sudah setara seperti hidup di neraka.

Memiliki majas demikian, terutama bagi wanita cantik yang akan jadi incaran tentara penjajah untuk melampiaskan hasratnya.

5. Ronggeng Dukuh Paruk - Ahmad Tohari

Ronggeng Dukuh Paruk merupakan novel pertama dalam trilogi novel karya Ahmad Tohari selain Lintang Kemukus Dini Hari dan Jantera Bianglala. Novel ini membuka cerita yang menggambarkan situasi di sebuah desa di Jawa.

Berisi cerita tentang kehidupan dan adat istiadat masyarakat Dukuh Paruk.

Kondisi desa ini memprihatinkan, terbelakang, miskin, dan rakyatnya memakan kebodohan dan kelambanan.

Namun, desa tersebut memiliki adat yang menjadi ciri khasnya yaitu Ronggeng. Dari situlah cerita menarik dari novel ini mulai.

6. Supernova - Dee Lestari

Ketika Dee Lestari merilis buku pertama seri Supernova, yakni Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh ini langsung menggemparkan dunia sastra Indonesia.

Hal ini karena ia menggabungkan antara sastra, seni, dan sains. Sejak saat itu, Dee Lestari meraih banyak penghargaan atas karyanya.

7. Entrok - Okky Madasari

Novel Entrok ini memahami orientasi nilai dalam masyarakat di tengah perubahan. Penulis dengan cemerlang berhasil mengungkapkan liku-liku kehidupan dalam masyarakat yang kompleks di tengah kesewenang-wenangan melalui kisah ibu dan anak perempuan.

8. Pulang - Leila S.Chudori

Novel Pulang bercerita tentang drama keluarga, persahabatan, cinta, dan pengkhianatan. Novel ini berlatar belakang tiga peristiwa bersejarah di Indonesia, yakni 30 September 1965, Prancis Mei 1968, dan Indonesia Mei 1998.

9. Raden Mandasia si Pencuri Daging Sapi - Yusi Avianto Pareanom

Novel Raden Mandasia si Pencuri Daging Sapi ini dapat penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa tahun 2016 untuk kategori Prosa. Novel ini bercerita tentang Raden Mandasia yang mengajak Sungu Lembu menempuh perjalanan menuju Kerajaan Gerbang Agung.

10. Kura-kura Berjanggut - Azhari Aiyub

Novel Kura-kura Berjanggut mengajak pembaca dalam petualangan-petualangan menakjubkan dengan pertempuran di laut, muslihat di antara para pengkhianat, adu gajah sampai mati, nahkoda Zeeland gila, ulat merica, agama yang memuja Kerang.

Nah, itulah rekomendasi novel Indonesia terbaik yang sayang untuk kamu lewatkan. Apakah ada novel yang tertarik kamu baca. Bagi penggemar karya sastra, novel di atas wajib masuk list bacaanmu.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com