Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal Usul Banaspati, Sosok Mengerikan yang Nampak Seperti Bola Api

Kompas.com - 09/03/2023, 11:30 WIB
asal usul banaspati Sumber: Hans/Pixabay asal usul banaspati
Rujukan artikel ini:
Sihir Mesir Ditanah Jawa
Pengarang: KISAH TANAH JAWA
|
Editor Rahmad

Indonesia terdiri dari beragam suku dan budaya yang kaya akan cerita.

Biasanya, setiap daerah di Indonesia mempunyai legenda atau mitos mistisnya tersendiri. Salah satunya adalah mitos tentang hantu banaspati.

Banaspati sendiri popular menjadi salah satu cerita rakyat di Pulau Jawa dan Kalimantan.

Konon, banaspati disebut sebagai sosok yang menyerupai bola api terbang atau manusia yang terbakar mirip dengan sosok Ghost Rider yang terdapat di komik Marvel.

Sosok makhluk gaib ini yang dipercaya sebagai media untuk mengirimkan teluh yang mampu menewaskan para korbannya.

Meski begitu, sosok banaspati ini juga seringkali ditemukan pada relief candi di Jawa. Banaspati biasanya bisa kita temukan pada bagian ambang pintu masuk candi.

Untuk mengetahui kisah tentang banaspati, simak informasinya berikut ini.

Apa Itu Banaspati?

Banaspati merupakan sebuah legenda atau cerita yang ada di masyarakat mengenai sosok makhluk halus yang sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia.

Sosok banaspati yang digambarkan pada arsitektur candi yang ada di Jawa.

Sosok banaspati sendiri digambarkan sebagai relief kedo kepala raksasa.

Pada candi yang ada di Jawa Timur, sosok banaspati atau yang disebut dengan kalai di Jawa Tengah, biasanya ditemukan terpahat pada bagian atas lubang pintu masuk ruang sucinya masing-masing.

Mengutip dari situs Kemendikbud, bahwa banaspati dikenal dengan penjaga hutan.

Banaspati atau kala dipasang pada bagian ambang pintu candi sebagai sebuah penangkal dari pengaruh jahat yang akan masuk ke candi.

Sementara itu, mengutip repository Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) Semarang, dalam kepercayaan yang ada di masyarakat, banaspati dikenal sebagai sosok hantu yang mempunyai elemen api.

Banaspati ini dikenal sebagai sosok makhluk mistis yang memiliki kekuatan besar, biasa ditemukan di hutan atau digunakan oleh dukun sebagai ilmu hitam.

Banaspati sendiri dikenal mempunyai dua wujud yang berbeda, yaitu berbentuk bola api yang hidup di antara pohon-pohon besar di tenga hutan dan juga manusia api.

Wujud dari bola api ini dipercaya mampu bergerak dengan cara terbang di antara satu pohon ke pohon lainnya.

Konon, ukuran banaspati hanya segenggam tangan orang dewasa, tetapi jika korbannya mengalami ketakutan, maka wujud bola api ini akan semakin membesar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sementara itu, wujudnya yang kedua, banaspati dipercaya memiliki wujud seperti manusia tetapi tubuhnya diselimuti api yang membara.

Dalam wujudnya yang seperti manusia api, banaspati dikatakan berjalan dengan kedua tangan, sedangkan kakinya menghadap ke atas.

Banaspati dalam wujud manusia juga akan mengejar dan menjulurkan lidah apinya ke mangsanya, sehingga korban nantinya akan terbakar.

Asal Usul Banaspati

asal usul banaspati asal usul banaspati

Kirtimukha di Jawa Timur disebut dengan banaspati. Menurut mitologi kuno India, Krimukhta ini tercipta dari kemarahan dewa Siwa.

Sosok makhluk yang mengerikan ini selalu merasa tidak puas dan merasa lapar. Kemudian, dia memiliki tugas untuk menghabisi raksasa Rahu, yang merupakan utusan raja raksasa yang bernama Jalandhara.

Raksasa Rahu adalah makhluk yang kepalanya dipenggal oleh dewa Wisnu. Dia mencuri serta meminum amrta berwujud dewa, walaupun kepalanya sudah dipenggal, tetapi tidak bisa mati karena mulutnya meminum amrta.

Kemudian, raksasa Rahu diperintahkan Jalandhara untuk menyerang kekuasaan dewa tertinggi, yaitu Dewa Siwa.

Karena serangan dari Raksasa Rahu, maka dewa Siwa sangat marah dan mengeluarkan raksasa sakti yang dimilikinya yaitu Kirtimukha atau banaspati.

Pada kisah ini, banaspati divisualisasikan memiliki tubuh yang besar, rambut terurai, mata melotot dan mengeluarkan api. Adanya banaspati ini membuat raksasa Rahu memohon ampun kepada dewa Siwa.

Lalu, raksasa yang baru saja diciptakan oleh dewa Siwa ini terus merasa kelaparan sampai kurban yang disajikan tidak cukup.

Akhirnya, dewa siwa memerintah raksasa ini untuk memakan dirinya sendiri, hingga yang tersisa hanya wajahnya saja.

Itulah kisah asal usul dari banaspati yang merupakan kisah tentang ilmu hitam.

Kamu yang tertarik mengenai kisah-kisah mistis yang berkaitan dengan ilmu hitam, bisa membaca buku yang berjudul Sihir Mesir Ditanah Jawa.

Sihir Mesir di Tanah Jawa ini menyajikan cerita fiksi ilmiah, dengan berbagai fakta di masa lalu Mesir, Eropa, dan juga Jawa pada masa awal Daendels hadir di tanah Jawa.

Diceritakan di dalamnya bahwa banyaknya pekerja yang mengalami kerasukan.

Kejadian tersebut diakibatkan oleh adanya tentara Belanda yang membawa kitab sihir dari Mesir ke Pulau Jawa dengan sepengetahuan Daendels.

Daendels sendiri banyak melakukan perubahan radikal, sehingga banyak raja daerah yang menentangnya. Karena menentang, maka banyak malapetaka yang hadir.

Nah, apakah kekuatan yang dimiliki Daendels ini berkaitan dengan hadirnya metafisika di sekelilingnya? Temukan jawaban dari kisah tersebut di buku ini yang bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com