Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Zhong Xina? Ini Asal Usul Meme yang Cukup Menghebohkan Dunia Maya

Kompas.com - 31/05/2022, 12:00 WIB
Zhong Xina Sumber Gambar: knowyourmeme.com Zhong Xina
Rujukan artikel ini:
Pengabdi Netijen
Pengarang: Geraldy Tan
|
Editor Ratih Widiastuty

Saat ini, eksistensi di dunia maya terbilang masif.

Dunia maya tidak hanya memberikan kemudahan dalam beraktivitas, mencari hiburan pun kini sudah semakin mudah, mulai dari bermain game online, streaming film dan musik, hingga mencari meme lucu sebagai bahan gurauan bersama teman-teman. Baca selengkapnya terkait kata-kata lucu lainnya.

Kehadiran meme yang semakin populer membuat para penikmatnya membuat berbagai jenis meme untuk ikut mengomentari, memparodikan, hingga menyindir berbagai kejadian yang tengah terjadi dan populer di dunia maya.

Salah satu meme yang tengah populer ialah meme Zhong Xina yang menyindir komentar seorang aktor dan pegulat profesional, John Cena, yang menyebut jika Taiwan merupakan sebuah negara, di mana hal tersebut menyindir sebagian besar masyarakat Tiongkok yang menganggap Taiwan merupakan bagian dari negara mereka.

Namun, siapakah John Cena ini sendiri dan bagaimana cikal bakal meme Zhong Xina ini bisa begitu populer di dunia maya? Cari tahu semua jawabannya berikut ini.

Siapakah Sosok John Cena pada Meme Zhong Xina?

John Felix Anthony Cena Jr. atau yang lebih dikenal dengan nama John Cena, merupakan seorang pegulat, aktor, rapper, dan presenter terkenal di Amerika Serikat.

Pria yang lahir di tanggal 23 April 1977 ini dikenal sebagai salah satu pegulat profesional WWE (World Wrestling Entertainment, Inc.) atau yang lebih populer dengan sebutan SmackDown di Indonesia.

John Cena memulai karier gulat profesionalnya di tahun 1999 dan sukses menarik banyak perhatian para penggemar WWE dengan penampilannya yang nyentrik dan memiliki gaya yang khas.

Karier John Cena di dunia gulat profesional pun terbilang sukses karena bisa menjadi salah satu superstar di arena WWE.

Namun, tidak hanya berhenti sampai di arena gulat, John Cena pun menambah dunia akting dengan membintangi beberapa film besar Hollywood, seperti Trainwreck, Sisters, Daddy's Home, Bumblebee, hingga salah satu film box office dunia, Fast & Furious 9.

Film-film yang dibintangi oleh John Cena mampu mengantarkan namanya menjadi semakin bersinar di dunia entertainment Amerika Serikat.


Baca juga: Tebak-tebakan Lucu


Asal Usul Meme Zhong Xina

Tidak lama ini, muncul sebuah meme Zhong Xina yang jika didengar dan ditilik secara lebih dalam terdengar seperti nama John Cena.

Faktanya, meme ini memang ditujukan kepada pegulat WWE tersebut, di mana karakter meme ini merupakan gabungan foto antara John Cena dan Mao Zedong, mantan presiden Republik Rakyat Tiongkok.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kemunculan karakter meme ini sendiri tidak terlepas dari pernyataan kontroversi yang dilontarkan oleh John Cena yang menyebut Taiwan sebagai sebuah negara ketika sedang melakukan promosi film Fast & Furious 9.

Tak ayal, pernyataan John Cena tersebut menyulut amarah masyarakat Tiongkok yang tidak mampu menerima opini tersebut, karena pemerintah dan hampir sebagian besar masyarakat Tiongkok tidak menganggap Taiwan sebagai sebuah negara yang berdaulat.

Mendengar amarah masayarakat Tiongkok, John Cena pun menyampaikan permintaan maaf karena sudah tidak peka dengan kondisi politik antara Tiongkok dan Taiwan.

Tidak tanggung-tanggung, John Cena menggunakan bahasa Mandarin ketika menyampaikan permintaan maafnya tersebut.

Permohonan maaf John Cena yang menggunakan bahasa Mandarin tersebut menunjukkan bagaimana aktor sekelas John Cena sekalipun bisa tunduk terhadap peraturan negara Tiongkok yang menghadirkan karakter meme Zhong Xina di dunia maya.

Reaksi warga net yang cepat dan tanggap ini mampu menciptakan karakter meme yang viral di dunia maya ini.

Nah, setelah mengetahui asal usul dari meme Zhong Xina, mungkin kamu memerlukan sebuah bahan bacaan yang mampu memancing gelak tawa ketika membacanya.

Buku berikut ini akan sangat cocok untuk dijadikan pilihan.

Buku Pengabdi Netijen yang ditulis oleh Geraldy Tan ini dijamin bisa menghadirkan tawa di wajah kamu, karena isinya memang seputar pengalaman penulis yang dikemas dengan gaya humor yang kekinian.

Nama Geraldy Tan juga dikenal akibat video-video kocak yang ia buat dan unggah di media sosial yang membuat namanya menjadi terkenal dan disukai oleh banyak orang, khususnya anak-anak muda yang kerap bermain media sosial.

Buku ini terbilang tipis, tapi sangat humoris, sehingga bisa menjadi obat penawar di tengah hati yang sedang gundah gulana, akibat tuntunan kehidupan yang seperti tiada habisnya.

Buku Pengabdi Netijen bisa langsung dipesan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com