Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Film tentang Bencana Alam yang Menegangkan

Kompas.com - 09/03/2023, 09:00 WIB
Film tentang Bencana Alam Sumber Gambar: Freepik.com Film tentang Bencana Alam
Rujukan artikel ini:
Bikin Film Itu Gampang
Pengarang: Natasha Dematra
|
Editor Ratih Widiastuty

Film tentang bencana alam bisa dijadikan opsi untuk membunuh waktu senggang dengan menikmati alur cerita yang tidak hanya seru, tapi juga menegangkan karena mampu memicu adrenalin lewat tema yang disajikan.

Biasanya film tentang bencana alam akan memperlihatkan efek visual yang tidak hanya memanjakan mata, tapi juga tampak sangat meyakinkan untuk menimbulkan intensitas ketegangan selama menyaksikan filmnya.

Film tentang bencana alam memang tidak pernah gagal menghipnotis penonton untuk betah menyaksikan berbagai perjuangkan para aktor dan aktrisnya dalam bertahan hidup menghadapi amarah alam semesta.

Biasanya dalam film tentang bencana alam akan dihadirkan berbagai macam adegan mulai dari drama, aksi, hingga romansa lengkap dikombinasikan menjadi satu kesatuan.

Apa saja film tentang bencana alam yang bisa ditonton di waktu senggang? Berikut 5 rekomendasi film mengenai bencana alam yang harus kamu tonton.

5 Film tentang Bencana Alam

1. 2012 (2009)

Bercerita mengenai seorang ahli geologi Amerika Serikat, Adrian Helmsley (Chiwetel Ejiofor) yang pergi ke India untuk mempelajari suar besar Matahari yang memanaskan inti Bumi.

Selanjutnya, ia mencoba untuk memberitahukan informasi berbahaya tersebut kepada Presiden Amerika Serikat, Thomas Wilson (Danny Glover).

Mendapatkan informasi tersebut, Thomas Wilson pun mengajak berdiskusi beberapa pemimpin negara lainnya untuk menyelamatkan umat manusia.

Hasil pertemuan tersebut memberikan kesepakatan jika masing-masing negara dapat membawa 100.000 orang untuk diangkut ke sebuah bahtera besar yang disiapkan di Himalaya, Tibet.

Di sisi lain, seorang penulis fiksi, Jackson Curtis (John Cusack) sudah mengetahui teori konspirasi mengenai pergeseran kutub serta prediksi akhir dunia di tahun 2012.

Gempa bumi pun menghantam California dan Jackson pun menyewa pesawat pribadi untuk menyelamatkan keluarganya.

Bersama kedua anaknya, Jackson pada akhirnya sampai di Tiongkok ikut masuk ke dalam bahtera besar yang sudah dipersiapkan oleh para pemimpin dunia tersebut.

Namun, perjuangan Jackson pun belum usai karena nyatanya untuk bisa masuk ke dalam bahtera harus terjadi keributan yang bahkan merenggut nyawa beberapa orang.

2. The Impossible (2012)

Film ini mengangkat kisah nyata keluarga Maria Belon, wisatawan asal Spanyol yang berhasil selamat dari bencana tsunami.

Maria (Naomi Watts), suaminya Henry (Ewan McGregor) beserta tiga anaknya; Lucas (Tom Holland), Thomas (Samuel Joslin), dan Simon (Oaklee Pendergast), pergi ke Khao Lak, Thailand, untuk merayakan liburan Natal.

Mereka memilih Orchid Resort Hotel yang terletak di bibir pantai sebagai tempat menginap.

Pada 26 Desember 2004, terjadilah bencana tsunami yang menerjang resort tempat mereka menginap tatkala sedang bersantai di kolam renang.

Maria dan Lucas berhasil selamat meskipun Maria mengalami luka yang cukup serius pada bagian kaki dan dadanya.

Di tengah usaha untuk menyelamatkan diri, mereka juga sempat menolong seorang balita bernama Daniel (Johan Sundberg) dari puing-puing reruntuhan.

Kini mereka pun harus meminta pertolongan untuk bisa segera menangani luka yang diderita oleh Maria.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Everest (2015)

Bercerita tentang misi pendakian tim ekspedisi Adventure Consultant yang dipimpin oleh Rob Hall (Jason Clarke) bersama dengan rekan satu timnya Andy Harris (Martin Henderson) dan Mike Groom (Thomas M. Wright) yang akan membawa klien mereka, Doug Hansen (John Hawkes), Lou Kasischke (Mark Derwin), Beck Weathers (Josh Brolin), Stuart Hutchison (Demetri Goritsas), John Taske (Tim Dantay), Yasuko Namba (Naoko Mori), Jon Krakauer (Michael Kelly), dan Frank Fischbeck (Todd Boyce) untuk mendaki gunung Everest di tahun 1996.

Namun, kondisi jalur pendakian saat itu tengah padat sehingga membuat tim Adventure Consultant harus bertemu dengan tim Mountain Madness yang beranggotakan Scott Fischer (Jake Gyllenhaal), Anatoli Boukreev (Ingvar Eggert Sigurosson), dan Neal Beidleman (Tom Goodman-Hill).

Kedua tim ini sama-sama ingin mencapai puncak gunung Everest pada tanggal 10 Mei.

Sayangnya rencana mereka tidak sesuai harapan karena siapa yang bisa membaca dan melawan alam semesta jika sudah menunjukkan amarahnya.

4. San Andreas (2015)

Berkisah tentang seorang pilot helikopter, Ray Gaines (Dwayne Johnson) yang merupakan anggota tim penyelamat Los Angeles Fire Departement.

Ketika Ray tengah bertugas, secara mendadak Los Angeles dilanda gempa bumi dengan skala 9.1 Ritcher.

Gempa bumi tersebut sukses memorak-porandakan kota Los Angeles.

Segera saja Ray berusaha untuk mencari keberadaan anaknya, Blake (Alexandra Daddario) yang ternyata sedang berada di kantor kekasihnya, Daniel Riddick (Ioan Gruffudd).

Di tengah kehancuran akibat gempa bumi tersebut, Ray juga harus menyelamatkan istrinya, Emma (Carla Gugino) yang pingsan dan terjebak di bangunan bertingkat.

Mereka harus meredam ego masing-masing karena memang tengah dalam proses perceraian.

Namun, di tengah kekacauan yang terjadi, Ray dan Emma pun berusaha untuk menjemput Blake, meskipun nyatanya bencana belum berhenti sampai di situ.

5. Don't Look Up (2021)

Bercerita mengenai dua astronom yang ingin memperingatkan umat manusia jika akan ada bencana besar yang menghancurkan Bumi akibat benturan komet.

Dua astronom tersebut ialah Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence) dan Randall Mindy (Leonardo DiCaprio).

Meskipun sudah berupaya sekuat tenaga untuk memperingatkan semua orang tentang bencana dahsyat yang akan datang, tapi sepertinya semua orang justru malah mengabaikannya.

Bahkan, usaha mereka pun sampai dibantu oleh Dr. Oglethorpe (Rob Morgan) untuk melakukan konferensi pers di media sampai ke kantor Presiden Orlean.

Namun, sangat sulit bagi mereka untuk bisa membuat orang lain percaya akan penemuan yang sudah mereka teliti tersebut mengenai bencana alam yang akan menghantam Bumi dengan segera.

Jika kamu tertarik untuk membuat film juga, maka buku Bikin Film Itu Gampang akan mengajarkan tentang cara membuat film dengan materi yang mudah untuk dipahami dan praktikkan.

Bahkan, di zaman yang semakin modern seperti saat ini, membuat film bisa dilakukan dengan hanya bermodalkan smartphone saja.

Maka dari itu, langsung saja order bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com