Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Rekomendasi Film Perang Berdasarkan Kisah Nyata Terbaik

Kompas.com - 28/12/2022, 11:30 WIB
Film Perang Kisah Nyata Photo by ThePixelman on Pixabay Film Perang Kisah Nyata
Rujukan artikel ini:
Sejarah Perpolitikan Dunia - Tiga…
Pengarang: Jonathan Holslag
|
Editor Rahmad

Ada film perang terbaik berdasarkan peristiwa nyata yang recomended untuk kamu tonton. Film perang kisah nyata selalu menawarkan cerita dan sensasi yang berbeda kepada penonton.

Selain bisa menikmati filmnya, penonton juga bisa belajar bagaimana syuting peristiwa militer pernah terjadi.

Banyak film perang telah dibuat selama bertahun-tahun, tetapi yang paling kejam biasanya didasarkan pada peristiwa nyata.

Kisah-kisah heroik dan menakutkan ini menceritakan kehidupan orang-orang yang menderita selama perang, mulai dari pejuang, warga sipil hingga pemimpin yang dieksekusi.

Rekomendasi Film Perang Kisah Nyata

Berikut ini daftar rekomendasi film perang kisah nyata terbaik yang bisa kamu tonton:

1. Unbroken (2014)

Disutradarai Angelina Jolie, Film Perang berjudul Unbroken mengisahkan kehidupan pemegang rekor Olimpiade sejak masa kanak-kanak hingga bertugas di Perang Dunia II.

Ketika pesawatnya jatuh di Pasifik, Zamperini hampir tidak bertahan selama 47 hari, tetap berada di sekoci dengan dua awak. Namun, nasib buruk tidak berhenti di situ karena Zamperini kemudian ditahan di kamp tawanan perang Jepang.

Di mana dia dijaga oleh perwira Kekaisaran Mutsuhiro Watanabe. Dipaksa menjalani segala macam siksaan, dia menolak, lebih memilih memberi Watanabe kepuasan untuk membunuhnya.

Unbroken adalah kisah nyata yang diilustrasikan dengan indah tentang kekuatan dan kemanusiaan dalam menghadapi kejahatan yang mengerikan.

2. We Were Soldiers (2002)

Mel Gibson yang berperan sebagai Letnan Jenderal Hal Moore jadi pemimpin batalion Amerika yang memerangi pasukan Vietnam di Lembah La Drang pada tahun 1965.

Itu adalah hari-hari memabukkan dari Perang Vietnam, yang berlangsung dari tahun 1955 hingga 1973. Ini adalah adaptasi dari buku terlaris tahun 1992, We Were Soldiers Young and Young, oleh Moore dan editor Joseph L. Galloway.

3. Valkyrie (2008)

Film ini bercerita tentang Nazi Jerman selama Perang Dunia II dan menceritakan tentang pemberontakan 20 Juli 1944 dari perwira tentara Jerman untuk membunuh Adolf Hitler.

Tom Cruise berperan sebagai Kolonel Claus von Stauffenberg, salah satu karakter utama para pemberontak. Sedangkan aktris Belanda Carice van Houten berperan sebagai istri Kolonel von Stauffenberg dan Adolf Hitler diperankan oleh David Bamber.

Khawatir tentang masa depan Jerman di tangan Hitler yang tidak stabil, sekelompok tokoh senior bersekongkol menggunakan krisis nasional untuk merebut kendali.

4. Dunkirk (2017)

Perang Dunkirk adalah pertahanan dan evakuasi Inggris Raya dan sekutunya, yang terputus dari pertahanan utama Prancis oleh invasi Jerman. Pada 10 Mei 1940, setelah tujuh bulan perang palsu, pertempuran untuk Prancis dimulai.

Jerman menginvasi dan menduduki Belanda dan kemudian Belgia. Pertempuran itu berakhir dengan evakuasi Dunkirk.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dunkirk adalah film yang menceritakan kisah nyata dan membawa kita dalam perjalanan melalui darat, laut, dan udara selama Pertempuran Dunkirk. Nolan bertindak sebagai pembuat film dokumenter.

Yakni mendokumentasikan kehidupan berbagai pria yang berjuang untuk mengevakuasi pantai Dunkirk pada Mei 1940.

Dibintangi Tom Hardy, Cillian Murphy, Kenneth Branagh dan Harry Style, mereka bertindak seperti tentara sungguhan yang berperang. Dunkirk dianggap oleh sebagian orang sebagai kegagalan terbesar Perang Dunia II.

5. Jembatan yang Terlalu Jauh (1977)

Film perang kisah nyata ini diperankan oleh Dirk Bogarde, Michael Caine, James Caan, Sean Connery, Edward Fox, dan Anthony Hopkins. Selama Perang Dunia II, Sekutu melakukan Operasi Kebun Pasar, yang dirancang untuk menguasai wilayah Belanda.

Terutama agar mereka bisa memasuki wilayah yang dikuasai Jerman. Kemudian, sekitar 35.000 orang diterbangkan dari Inggris untuk dijatuhkan langsung ke wilayah musuh.

Amerika mengirim dua kelompok pertempuran untuk mengontrol jalan dan jembatan di Nijmegen. Pasukan terjun payung Inggris di bawah komando Mayor Jenderal Roy Urquhart diperintahkan untuk mendarat di Arnhem.

Mereka diperintahkan untuk menempatkan garnisun di kedua sisi jembatan untuk mendukung pasukan terjun payung Polandia di bawah komando Jenderal Stanislaw Sosabowski. Yakni unit Inggris dengan XXX Corps ditugaskan untuk mendukung misi darat.

6. Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge adalah film aksi militer tahun 2016 yang disutradarai oleh Mel Gibson dan diproduksi oleh Terry Benedict, Paul Currie, Bruce Davey, William D. Johnson, Bill Mechanic, Brian Oliver dan David Permut.

Film ini diangkat dari kisah nyata Desmond Doss sebagai dokter tentara Amerika pada Perang Dunia Kedua yang ditulis oleh Andrew Knight dan Robert Schenkkan.

Doss awalnya dihukum dan diejek karena menolak mengangkat senjata, tetapi Doss mendapat pengakuan ketika dia menyelamatkan 75 orang di Pertempuran Okinawa tanpa melepaskan satu tembakan pun.

Jika kamu tertarik dengan sejarah dunia, kamu bisa baca buku Sejarah Perpolitikan Dunia - Tiga Ribu Tahun Perang dan Damai yang ditulis Jonathan Holtslag. Dalam buku ini juga tercatat beberapa perang yang terjadi dunia sebagai peristiwa penting yang bersejarah.

Buku ini kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com