Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Inilah Cara Membuat Iklan Lowongan Kerja yang Baik dan Benar!

Kompas.com - 06/03/2023, 12:30 WIB
cara membuat iklan lowongan kerja Sumber: satheeshsankaran/pixabay cara membuat iklan lowongan kerja
Rujukan artikel ini:
Update Paling Lengkap Semua Jenis…
Pengarang: Ulfah Khaerani
|
Editor Rahmad

Dalam hal mencari serta menemukan kandidat yang berkualitas dan kompeten tentunya bukanlah hal yang mudah. Untuk bisa menarik perhatian dari para calon pelamar, maka kamu harus membuat iklan lowongan kerja yang detail dan jelas.

Iklan lowongan kerja bisa berupa berbagai bentuk, rupa, serta ukuran. Iklan lowongan kerja juga bisa ditaruh di mana saja, mulai dari papan pengumuman sampai situs web online.

Nah, upaya untuk bisa mendapatkan kandidat unggulan tentunya membutuhkan perjuangan. Dengan kata lain, cara membuat iklan lowongan kerja juga tidak bisa sembarangan.

Jika info lowongan kerja dibuat sembarangan, maka jumlah pelamar akan semakin berkurang.

Supaya tidak salah lagi dan banyak pelamar yang melamar kerja, maka pembuat info lowongan kerja perlu mengetahui cara membuat info lowongan kerja.

Jadi, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan dalam membuat iklan lowongan kerja yang baik dan menarik.

Cara Membuat Iklan Lowongan Kerja

cara membuat iklan lowongan kerja cara membuat iklan lowongan kerja

1. Judul iklan lowongan kerja

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah judul iklan lowongan kerja. Cara membuat iklan lowongan kerja dengan menempatkan nama posisi yang sedang dicari dengan menggunakan teks yang lebih mencolok.

Selain teks yang mencolok, kamu juga bisa menebalkan huruf atau menggunakan huruf kapital.

Misalnya saja, kamu ingin membuat iklan lowongan kerja untuk posisi staff content writer, maka penulisannya bisa menjadi “STAFF CONTENT WRITER.”

Ini bertujuan untuk bisa menarik minat dari para calon pelamar, sebab yang akan mereka lihat pertama kali adalah posisi yang dilamar.

2. Nama perusahaan

Nama perusahaan menjadi hal yang sangat penting dalam membuat iklan lowongan kerja.

Jangan lupa untuk menyertakan nama perusahaan, logo, serta biografi singkat perusahaan. Mencantumkan hal tersebut bisa menjadi nilai tambah bagi para pelamar.

Dengan mencantumkan hal tersebut, maka mereka bisa merasa lebih aman, bahwa perusahaan yang akan mereka lamar adalah perusahaan yang jelas dan memiliki reputasi yang baik.

3. Informasi pekerjaan

Cara membuat iklan lamaran kerja yang selanjutnya adalah dengan mencantumkan informasi pekerjaan. Hal-hal yang perlu dicantumkan dalam informasi lowongan kerja adalah tipe pekerjaan, lokasi penempatan kerja, serta status karyawan.

4. Deskripsi pekerjaan

Cara selanjutnya dalam membuat iklan lowongan kerja adalah dengan membuat deskripsi pekerjaan yang detail dan jelas.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu bisa menjelaskan tugas serta tanggung jawab pekerjaan yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan di perusahaan.

Pastikan juga kamu mencantumkan informasi tentang alur atau cara kerja yang diterapkan di perusahaan tersebut.

Pasalnya, setiap perusahaan memiliki cara atau alur kerja yang berbeda-beda.

5. Spesifikasi pekerjaan

Setelah kamu menjelaskan deskripsi pekerjaan pada iklan lowongan kerja, maka ada baiknya kamu juga mencantumkan informasi tentang spesifikasi dari pekerjaan tersebut.

Kamu bisa menguraikan pengalaman serta keterampilan yang wajib dimiliki oleh para calon pelamar posisi tersebut. Selain itu, kamu juga menambahkan beberapa syarat tertentu.

Biasanya, banyak perusahaan yang mencantumkan atau meminta kepada calon kandidat untuk memiliki pengalaman di posisi yang sama dengan posisi yang dibutuhkan di iklan lamaran kerja.

6. Kompensasi

Hal yang juga harus diperhatikan dalam membuat iklan lowongan kerja berikutnya adalah kompensasi. Bayaran atau upah yang akan diterima oleh calon karyawan juga menjadi salah satu daya Tarik pelamar kerja.

Kamu bisa mencantumkan informasi kisaran gaji yang akan diterima oleh calon karyawan jika bekerja di perusahaan tersebut.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan benefit yang akan diterima jika mereka diterima bekerja di perusahaan tersebut.

7. Cara mengirim lamaran

Jangan lupa cantumkan cara mengirim lamaran kerja tersebut. Tulis juga dokumen apa saja yang dibutuhkan serta batas waktu pengiriman lamaran kerja.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat iklan lowongan kerja yang baik agar dilirik oleh calon kandidat.

Jika kamu adalah calon kandidat yang sedang melamar pekerjaan, tidak ada salahnya untuk kamu mempersiapkan diri dalam tes wawancara kerja.

Kamu bisa membaca buku yang berkaitan dengan wawancara kerja, salah satunya melalui buku Update Paling Lengkap Semua Jenis Jebakan Pertanyaan Saat Wawancara Kerja.

Buku ini akan memberi gambaran kepada kamu tentang pertanyaan apa saja dan pertanyaan menjebak yang biasanya diajukan oleh pewawancara.

Sebab, beberapa pertanyaan yang ditanya oleh HRD bukanlah tanpa tujuan. Daya analitis serta kemampuan berpikir kamu sebagai pelamar kerja ingin diketahui oleh pewawancara pada saat tes.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com