Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Nyaman dan Bahagia Di Tempat Kerja Agar Betah dan Produktif

Kompas.com - 06/03/2023, 08:30 WIB
Cara Nyaman dan Bahagia Di Tempat Kerja Photo by fauxels on pexels  Cara Nyaman dan Bahagia Di Tempat Kerja
Rujukan artikel ini:
Bahagia & Betah di Tempat…
Pengarang: Salsabiela
|
Editor Rahmad

Apakah kamu sering buat surat izin tidak masuk kerja karena alasan malas bekerja? Rasa malas ini bisa jadi tanda kamu tidak nyaman dan bahagia di tempat kerja. Kamu mungkin merasa tidak produktif dan tidak senang dengan lingkungan kerja yang kamu anggap toxic.

Cobalah rileks, mungkin kamu terlalu lelah dengan pekerjaan sehingga terlalu stres di lingkungannya.

Ada beberapa cara nyaman dan bahagia di tempat kerja yang bisa kamu lakukan agar lebih betah dan produktif. Kamu mungkin masih perlu adaptasi di tempat tersebut.

Cara Nyaman dan Bahagia Di Tempat Kerja

Berikut ini cara nyaman dan bahagia di tempat kerja yang bisa kamu lakukan agar meningkatkan motivasi untuk produktif:

1. Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

Jika kamu harus bekerja cukup lama untuk berada di kantor dan ingin merasa nyaman melakukannya, ciptakan ruang kerja yang disukai. Seperti mendekorasi dan membuatnya senyaman mungkin.

2. Temukan Teman Baik

Menurut penelitian, karyawan yang loyal bisa menjadi karyawan yang lebih loyal lagi ketika memiliki teman baik di tempat kerja.

Christine Riordan, dalam Harvard Business Review, mencatat bahwa karyawan yang memiliki teman di tempat kerja merasa pekerjaan mereka lebih menyenangkan, bermanfaat, dan memuaskan. Selain itu, karyawan dapat menciptakan sistem pendukung dan rasa loyalitas.

3. Lupakan Masalah Pribadi

Ketika kehidupan pribadi mendapat masalah, itu memengaruhi banyak hal. Emosi menyebabkan stres dan ini bisa membuat kamu lelah.

Berada di bawah banyak tekanan dan tidak bisa melepaskannya saat bekerja bisa membuat Anda merasa pekerjaan terlalu lama. Kamu selalu mengecek jam dan itu mengganggu karena kamu kurang produktif.

4. Relaksasi Saat Jam Istirahat

Waktu istirahat merupakan waktu yang ditunggu karyawan, karena dengan begitu karyawan dapat istirahat sejenak. Beberapa hal yang dapat dilakukan saat istirahat adalah makan bersama rekan kerja, jalan-jalan sebentar, peregangan, atau melakukan hal-hal yang disukai.

5. Hadiahi Diri Sendiri

Dalam kebanyakan kasus, tujuan utama seorang pekerja profesional adalah menghasilkan uang dan memenuhi kebutuhan. Sayangnya, beberapa orang tidak menyukai pekerjaannya karena harus menghidupi anggota keluarganya.

Faktanya, kamu harus menghargai diri sendiri atas apa yang dilakukan. Cobalah manjakan diri dengan hasil pekerjaan setiap saat. Misalnya pergi ke salon, membeli perhiasan, membeli gadget terbaru atau melakukan hal lain yang diinginkan.

6. Ciptakan Lingkungan Kerja Sebagai Tempat Berbagi Ide

Lingkungan kerja yang menyenangkan tidak hanya terbatas pada ruangan yang nyaman atau kesempatan kerja yang terjamin. Namun, hal itu juga merupakan suasana di mana kamu menikmati berbagi ide yang benar-benar menginspirasi produktivitas yang lebih besar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Karena ketika karyawan saling bertukar pikiran dan menghargai ide masing-masing individu maka tercipta suasana yang menyenangkan.

7. Berikan Dukungan dan Tetapkan Tujuan yang Realistis

Jika kamu ingin menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan untuk meningkatkan produktivitas, tetapkan ekspektasi dan tujuan yang jelas dan realistis.

Ketika karyawan mengetahui apa yang diharapkan dari mereka, mereka memiliki kesempatan untuk melakukan yang terbaik dan merasa bangga dengan apa yang mereka lakukan.

8. Ciptakan Komunitas Di Tempat Kerja

Cobalah untuk mendorong orang untuk saling menyapa. Kedengarannya sederhana, tetapi sebenarnya ini cara yang bagus untuk membangun komunitas yang berfungsi dan mendekatkan kita.

Mulailah membiasakan meminta manajer dan pemimpin untuk memastikan mereka meluangkan waktu untuk menyapa. Sadarilah bahwa mengubah kebiasaan dapat memperbaiki lingkungan kantor dan membuatnya lebih nyaman.

9. Ciptakan Keseimbangan Antara Kantor dan Rumah

Suasana kerja yang menyenangkan dicapai dengan menciptakan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan di kantor. Banyak orang gagal mencapai keseimbangan ini karena beban kerja terlalu tinggi.

Selain itu, atasan mungkin tidak memberikan perhatian yang cukup. Padahal, masalah pribadi apapun bisa mempengaruhi produktivitas seseorang.

Kamu harus menciptakan suasana kerja yang positif bagi para manajer dengan selalu mendukung dan memperhatikan kesejahteraan.

Sadarilah bahwa tidak ada hal lain yang dapat menggantikan peran orang tua di rumah. Mempertimbangkan hal ini, ia tentu saja merasa dihargai dan berusaha mengerahkan seluruh tenaga dan tenaganya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pekerjaannya.

10. Bermeditasi

Kerja terlalu lelah tentu membuat kita sulit meminimalisir stres dan meningkatkan konsentrasi untuk menyelesaikannya dengan cepat. Karena itu, cobalah bermeditasi untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih bahagia.

Ini seharusnya menenangkan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan bermanfaat baik secara mental maupun fisik. Perusahaan dapat menawarkan ruang meditasi kepada karyawan.

Buku Bahagia & Betah di Tempat Kerja yang ditulis Salsabiela bisa kamu jadikan referensi mempelajari bagaimana cara nyaman dan bahagia di tempat kerja.

Buku ini cocok untuk kamu yang tengah jenuh dengan suasana pekerjaan dan mencari motivasi untuk bertahan di tempat kerja.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com