Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Keutamaan Mulia Dalam Mendoakan Kedua Orang Tua

Kompas.com - 23/02/2023, 11:30 WIB
Keutamaan Mendoakan Kedua Orang Tua
Sumber: Ali Arapoğlu/pexels Keutamaan Mendoakan Kedua Orang Tua
Rujukan artikel ini:
Surga untuk Kedua Orangtuaku
Pengarang: Mastura El-Nur
|
Editor Rahmad

Setiap orang tua, tentunya mendambakan memiliki anak yang berbakti sampai akhir hayatnya dan selalu memanjatkan doa kedua orang tua. Hal tersebut berfungsi supaya diberikan kenikmatan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Sebab, peran serta jasa orang tua dalam merawat sekaligus membesarkan anak-anaknya tidak dapat kita ukur dengan materi, karena itu, doa kedua orang tua wajib untuk dipanjatkan oleh seorang anak.

Berbakti kepada kedua orang tua juga merupakan sebuah kewajiban dari seorang anak, sebagaimana yang sudah diperintahkan oleh Allah SWT beserta rasul-Nya. Baik itu, dalam kondisi jauh atau dekat.

Sebab, membacakan doa kedua orang tua dapat dilakukan kapan saja, terutama setiap selesai shalat.

Tidak hanya berlaku bagi umat muslim saja, perintah dalam memanjatkan doa kedua orang tua juga diajarkan di agama apapun. panjatkanlah doa kedua orang tua dengan ikhlas, supaya bisa mendatangkan keberkahan serta mendapatkan pahala.

Selain itu, doa kedua orang tua juga memiliki keutamaan yang sangat mulia. Apa saja keutamaannya? Berikut ulasannya.

Keutamaan Mendoakan Kedua Orang Tua

Keutamaan Mendoakan Kedua Orang Tua
Keutamaan Mendoakan Kedua Orang Tua

1. Perilaku yang sangat dicintai oleh Allah SWT

Menghormati serta memuliakan orang tua adalah sebuah sikap atau perilaku yang sangat terpuji dan juga dicintai oleh Allah SWT. Sebagaimana yang terdapat juga dalam sebuah hadits riwayat, yang artinya adalah sebagai berikut:

"Diriwayatkan bahwa Abi Abdurahaman Abdullah ibn Mas'ud bertanya kepada Rasulullah SAW, Amal apa yang paling dicintai oleh Allah SWT? Rasul menjawab : Sholat tepat pada waktunya, kemudian aku menanyakan lagi, amal apa lagi ? Rasul menjawab birrul walidain (atau berbakti pada orang tua), kemudian aku menanyakan lagi, amal apa lagi ? Rasul menjawab : jihad di jalan Allah.” ( HR. Muttafaqun alaih )

2. Mendapatkan keridhaan dari Allah SWT

Dalam sebuah hadits dikatakan yang artinya adalah "Ridha Allah tergantung ridha kedua orang tuanya dan murka Allah tergantung murka keduanya.” (HR. Thabrani).

Dari kutipan hadits tersebut menjelaskan tentang ridha Allah SWT ada pada ridha dari kedua orang tuanya. Maka dari itu, jangan pernah kalian semua untuk menyia-nyiakan dalam meraih ridha dari Allah SWT dengan meminta restu kepada kedua orang tua.

3. Terjauhi dari segala perkara sulit

Salah satu solusi agar bisa terhindar dari segala perkara yang sulit adalah dengan meminta doa kedua orang tua serta restunya. Seperti yang dikatakan oleh Rasulullah SAW, yang artinya adalah sebagai berikut:

"Diantara doa yang mustajab adalah doa yang diucapkan oleh orang tua untuk anaknya, baik doa kebaikan maupun doa keburukan."

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Lalu, dari Anas bin Malik radhiallahu'anhu, Rasulullah bersabda:

"Ada tiga doa yang tidak tertolak: (1) doa orang tua (kepada anaknya) (2) orang orang yang berpuasa (3) doa orang yang sedang safar." (HR. Al Baihaqi dalam Sunan-nya no. 6619, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah).

4. Dipermudahkan rezeki

Bentuk rezeki yang berasal dari Allah tidaklah selalu berupa materi saja, tetapi juga orang tua yang masih ada serta sehat adalah rezeki yang luar biasa untuk disyukuri. Untuk itu memanjatkan doa kedua orang tua serta berbakti kepadanya dipercaya mampu mendatangkan ridha dari Allah serta bisa membuka pintu rezeki yang luas.

Hal ini dibuktikan dalam penjelasan yang ada di dalam al-quran, pada surat Luqman ayat 14, yang artinya:

"Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu."

5. Imbalan surga

Salah satu amalan yang mampu mengangkat derajat kedua orang tua di akhirat kelak adalah keikhlasan dalam memanjatkan doa kedua orang tua dari anak-anaknya.

Selain itu, sebaliknya sang anak yang kerap membaca doa kedua orang tua juga layak mendapatkan surga.

Itulah keutamaan bagi umat muslim jika memanjatkan doa kedua orang tua. Doa kedua orang tua menjadi salah satu amalan yang pahalanya akan terus mengalir dan bisa menjadi hadiah bagi orang tua yang sudah meninggal.

Seperti yang dijelaskan di dalam buku yang berjudul Surga untuk Kedua Orangtuaku karya Mastura El-Nur.

Buku ini menjabarkan tentang manfaat yang didapatkan jika kita sering memanjatkan doa kedua orang tua kita. Sebab, doa menjadi salah satu di antara rahmat yang Allah SWT berikan kepada setiap umatnya, meskipun telah berpisah di kehidupan dunia karena kematian.

Jadi, buku ini bisa dijadikan sebagai sumber referensi dalam menjawab pertanyaan, bagaimana cara kita sebagai anak untuk tetap bisa mengirimkan pahala kepada orang tua yang sudah meninggal.

Disebutkan di dalam buku berbagai amalan yang pahalanya akan terus mengalir dan bisa didapatkan oleh kedua orang tua yang sudah meninggal.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com