Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Pelajar Pancasila? Ketahui Pengertiannya Di Sini!

Kompas.com - 17/02/2023, 09:30 WIB
profil pelajar pancasila Sumber: pixabay profil pelajar pancasila
Rujukan artikel ini:
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila…
Pengarang: Irim Rismi Hastyorini, Henny…
|
Editor Rahmad

Sebagai seorang pelajar Indonesia, tentunya kamu harus mengetahui dan memahami berbagai nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila. maka dari itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek) mempunyai sebuah visi dan misi untuk menciptakan profil pelajar Pancasila.

Profil pelajar Pancasila adalah satu di antara banyaknya program pemerintahan yang melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek). Program profil Pelajar Pancasila ini wajib diterapkan pada seluruh pelajar Indonesia.

Perlu untuk diketahui juga, pada Kurikulum Merdeka yang diluncurkan pada Kemendikbud Ristek, ada tiga struktur pada penerapan pembelajaran. Salah satu di antaranya adalah proyek untuk penguatan profil pelajar Pancasila.

Profil pelajar Pancasila ini dicetuskan sebagai sebuah pedoman untuk Pendidikan Indonesia. Profil pelajar Pancasila juga sekaligus menjadi sebuah karakter yang wajib dibangun oleh setiap warga negara Indonesia sejak usia dini.

Nah, agar kamu bisa lebih memahami lagi tentang, apa itu profil pelajar Pancasila secara lebih mendalam, maka simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Profil Pelajar Pancasila

profil pelajar pancasila profil pelajar pancasila

Pada dasarnya, profil pelajar Pancasila adalah sebuah proyek tentang penguatan nilai-nilai Pancasila yang dirancang oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan sasarannya adalah seluruh pelajar Indonesia.

Dalam konteks ini, nantinya profil Pelajar Pancasila akan mempunyai rumusan kompetensi yang mampu melengkapi fokus pada setiap pencapaian Standar Kompetensi Lulusan yang ada di masing-masing jenjang satuan pendidikan.

Tidak lupa juga dengan adanya usaha penanaman karakter yang tentunya diselaraskan pada nilai-nilai Pancasila.

Kompetensi itu tentu saja memperhatikan berbagai faktor internal dan juga faktor eksternal. Untuk faktor internal sendiri akan berkaitan dengan jati diri, ideologi, serta cita-cita bangsa Indonesia.

Sementara itu, untuk faktor eksternalnya, berkaitan dengan konteks kehidupan serta tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia, khususnya pada abad ke-21, di mana kita sedang menghadapi revolusi industri 4.0.

Sebagian dari kita tentu menyadari kalau para pelajar di Indonesia, khususnya pada zaman ini sangat memiliki kompetensi untuk bisa menjadi seorang manusia yang unggul. Itulah mengapa, para pelajar di Indonesia sangat diharapkan untuk bisa turut dalam berpartisipasi pada pembangunan global.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Nah, adanya proyek Profil Pelajar Pancasila ini, yang akan kebanyakan diterapkan di sekolah, baik melalui muatan pelajaran yang ada di dalam kelas, sampai kegiatan ekstrakurikuler (berkaitan dengan minat dan bakat dari pelajar).

Dengan adanya penguatan Profil Pelajar Pancasila, diharapkan bisa menjadi sarana yang optimal untuk mendorong para peserta didik untuk bisa menjadi pelajar sepanjang hayat yang berkarakter, kompeten, serta memiliki perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Latar Belakang Terbentuknya Profil Pelajar Pancasila

Apabila kita membicarakan tentang latar belakang terbentuknya Profil Pelajar Pancasila, maka akan menjadi lebih paham jika mengetahui juga visi Pendidikan di Indonesia, yaitu:

“Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila.”

Nah, dari visi tersebut kita sudah bisa melihat bahwa proyek Profil Pelajar Pancasila ini memang akan selaras dengan keberadaan visi yang sudah ada, yaitu dengan harapan bahwa pelajar di Indonesia bisa berkarakter, kompeten di bidangnya, dan berperilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila.

Sejak awal pembentukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Indonesia, mereka sudah mengemban sebuah amanat untuk bisa mengendalikan pembangunan SDM anak bangsa sekaligus meningkatkan mutu pendidikan dan juga kebudayaan.

Maka dari itu, yang menjadi latar belakang Kemdikbud dalam menciptakan proyek Profil Pelajar Pancasila yang kemudian dituliskan dalam RPJMN tahun 2020-2024.

Jika ingin mempelajari lebih dalam lagi tentang proyek Profil Pelajar Pancasila, kamu bisa mengetahuinya melalui buku Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/MI Kelas 1.

Buku ini memuat tentang Profil Pelajar Pancasila yang dibuat dengan sangat sederhana supaya lebih mudah untuk dilakukan oleh pelajar kelas 1 SD/MI.

Setiap proyek yang ada di dalam buku ini berisikan tiga tahapan. Di mana di awal proyek disajikan informasi tahap pengenalan, lalu selanjutnya anak diminta untuk menerapkannya melalui kegiatan nyata.

Bagian terakhir terdapat upaya tindak lanjut dalam usaha pembiasaan.

Tiga tahapan yang ada di dalam buku ini diharapkan bisa membentuk siswa tingkat SD menjadi seorang pribadi yang lebih baik, mandiri, bertanggung jawab, dan juga mempunyai daya berpikir serta kreatif yang baik.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com