Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Tentang Puasa dalam Agama Islam

Kompas.com - 16/02/2023, 11:30 WIB
Rekomendasi Buku Tentang Puasa Rekomendasi Buku Tentang Puasa
Rujukan artikel ini:
Risalah Puasa: Memahami Syariat, Menyemai…
Pengarang: Ali Abdullah
|
Editor Rahmad

Puasa adalah salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan umat muslim seperti dalam rukun islam, yakni Puasa Ramadhan. Itulah sebabnya, perlu memahami hukumnya dengan baik, termasuk bagaimana melakukannya dengan benar sesuai ajaran islam.

Kamu bisa menggunakan rekomendasi buku tentang puasa untuk jadi referensi belajar. Saat belajar soal agama kamu tentu perlu referensi yang tepat. Jadi, buku jadi salah satu sumber belajar terpercaya yang bisa kamu gunakan.

Rekomendasi Buku Tentang Puasa

Berikut ini rekomendasi buku tentang puasa yang bisa kamu jadikan referensi belajar yang tepat:

1. Risalah Puasa: Memahami Syariat, Menyemai Hakikat

Buku Risalah Puasa ini cocok jadi rekomendasi buku tentang puasa untuk kamu baca. Buku ini adalah usaha penulis untuk Intisyar al-'ilmi. Meskipun tetap masih dalam keadaan faqir al-'ilmi, tetapi setidaknya penulis berupaya untuk menyebarkan apa yang diketahuinya.

Penjelasan ini berisi tentang Puasa yang merupakan ajaran Islam, yakni salah satu rukun Islam. Puasa adalah ibadah sakral tetapi masih banyak yang menunaikannya tidak tampak kekhusukannya. Itulah sebabnya puasa jadi ibadah yang lain daripada yang lain.

Meski demikian, masih banyak dari kita yang menyimpan berbagai pertanyaan tentang puasa. Jadi, buku ini disusun guna memberikan keterangan tentang peribadatan puasa dengan sederhana dan mudah dimengerti.

Materi buku ini adalah fiqih puasa, qiyam Ramadhan, tadarus Ramadhan, hikmah dan ibrah, puasa Arafah, Puasa Asyura, puasa Sya'ban, puasa Senin-Kamis, puasa Daud, dan puasa pada Ayyam Al-Bidh.

2. Kitab Puasa Imam Al-Ghazali & Syekh Izzuddin Bin Abdussalam

Ini adalah rekomendasi buku tentang puasa yang cocok untuk menemani ibadah Ramadhan. Setiap terjadi peristiwa baru dalam kehidupan umat, pasti akan muncul masalah fikih baru. Itulah sebabnya, ilmu fiqih harus terus berkembang, termasuk tentang puasa.

Buku Kitab Puasa ini hadir sebagai tuntunan lengkap tentang berbagai masalah fiqih kontemporer tentang puasa. Yakni disusun berdasarkan rujukan karya para ulama.

Menariknya, buku ini juga tidak hanya membahas puasa dari aspek hukum Islam (fikih) saja, tetapi juga dapat dilihat aspek spiritualnya (tasawuf). Penulis banyak membedah sisi ruhani dibalik rahasia puasa tersebut. Termasuk membahas aspek hukum Islam puasa berlandaskan Al - Quran dan sunnah Nabi.

Buku ini adalah sebuah kolaborasi yang sangat dahsyat dari dua ulama hebat agar ibadah puasa kita diterima dan diridhai Allah.

3. The Secret of Puasa

Buku The Secret of Puasa karya Abdul Wahid ini berisi tentang berbagai pembahasan seputar puasa. Mulai dari pembahasan tata cara puasa, syarat, hikmah, hingga keutamaannya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Buku setebal 196 halaman ini jadi bacaan yang tepat bagi siapa pun yang ingin mulai istiqomah belajar memahami dan menjalankan puasa sunnah. Pembaca akan menemukan ulasan segala hal tentang puasa sunah secara ringkas, padat, dan terperinci.

Maka dari itu, pembaca bisa langsung memahami tata cara berpuasa, hukumnya, syarat-syaratnya, hikmah puasa, hingga apa saja keutamaan puasa tersebut.

4. Mukjizat Puasa

Buku Mukjizat Puasa berisi tentang keagungan, kemuliaan, dan keistimewaan puasa di bulan Ramadhan. Hikmah ini bukanlah hikmah puasa secara umum, melainkan hikmah puasa secara lebih spesifik lagi.

Yakni mengenai faedah puasa secara detail selama tiga puluh hari penuh. Ibadah puasa Ramadhan ini, bukan hanya mampu menyadarkan tentang keagungan bulan Ramadhan, namun juga bisa membawa makna hakikat persaudaraan.

Selain itu, bisa menumbuhkan kesadaran ketuhanan dalam relung-relung kalbu kita. Itulah sebabnya, ibadah puasa wajib kita lakukan karena banyak keutaman didalamnya. Bahkan, kita dianjurkan berpuasa qadha ramadhan jika berhalangan melakukannya.

Dalam niat puasa qadha ramadhan kita berniat untuk mengganti puasa yang sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat muslim.

5. Fadhilah 'Amal : Keutamaan Shalat, Puasa Ramadhan, dan Al-Quran

Buku Fadhilah Amal karya Maulana Muhammad Zakariya al-Kandahlawi rahmatullah ini jadi kumpulan tiga kitab yang mengupas tentang keutamaan shalat, puasa Ramadhan, serta Al-Qur’an.

Buku ini menjelaskan tiga keutamaan ibadah tersebut, yakni mengulas tentang keutamaan shalat, keutamaan puasa Ramadhan, dan keutamaan Al-Qur’an bagi umat islam.

Pertama, buku ini mengulas keuntungan mengerjakan shalat berdasarkan Al-Qur’an dan hadist. Selain itu, buku ini juga menjelaskan ancaman bagi orang yang meninggalkannya.

Kedua, menjabarkan tentang keutamaan Ramadhan berdasarkan pada Al-Qur’an dan hadist. Buku ini telah dialihbahasakan sehingga lebih mudah dipahami.

Itulah sebabnya buku ini cocok jadi rekomendasi buku tentang puasa dan ibadah wajib lain untuk memenuhi asupan gizi akal serta menambah pengetahuan dalam menjalankan setiap amalan sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Nah, itulah rekomendasi buku tentang puasa yang bisa jadi referensi belajar. Apakah ada buku yang tertarik kamu baca? Pengetahuan tentang puasa adalah hal penting, sehingga kamu butuh referensi yang tepat untuk memahaminya.

Semua buku di atas, bisa kamu dapatkan di gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com