Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rekomendasi Buku Sholawat Terbaik dan Terlengkap

Kompas.com - 13/02/2023, 13:30 WIB
Rekomendasi Buku Sholawat Photo on Gramedia.com Rekomendasi Buku Sholawat
Rujukan artikel ini:
Kitab Shalawat Terbaik & Terlengkap
Pengarang: Ustadz Rusdianto
|
Editor Rahmad

Membaca Sholawat adalah salah satu bentuk ibadah pada Allah SWT dan memiliki banyak keutamaan. Itulah sebabnya, umat muslim dianjurkan untuk mengetahui dan mengamalkan sholawat. Kamu bisa menggunakan rekomendasi buku sholawat sebagai referensi belajar.

Dalam praktiknya, ada beberapa jenis bacaan sholawat yang bisa diamalkan, seperti sholawat nabi, sholawat jibril, sholawat nariyyah, dan banyak lagi. Pelajari berbagai sholawat serta hukum dan keutamaannya dalam rekomendasi buku sholawat terbaik berikut ini:

Rekomendasi Buku Sholawat

Berikut ini rekomendasi buku sholawat terbaik dan terlengkap yang cocok jadi rekomendasi belajar:

1. Kitab Shalawat Terbaik & Terlengkap

Tanda hati seseorang telah dipenuhi rasa cinta yang mendalam adalah dengan sering menyebut nama seseorang yang dicintainya tersebut. Termasuk rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Maka ia akan menyebutnya dalam setiap keadaan.

Baik dalam keadaan sepi, ramai, bahagia, ataupun sedih. Buku Kitab Sholawat Terbaik dan Terlengkap adalah salah satu rekomendasi buku sholawat terlengkap yang bisa jadi referensi.

Berbagai bacaan shalawat yang dimuat dalam buku ini antara lain bacaan sholawat Maulid Qasidah Burdah, Maulid Dhiyaul Lami, Maulid Barzanji, Maulid Simtudduror, dan sholawat Maulid Diba'i.

Lebih menariknya lagi dari buku ini adalah masing-masing bacaan sholawat dilengkapi transliterasi, terjemahan, dan fadhilahnya.

Jadi, sangat mudah dibaca dan dipahami makna bacaan sholawatnya. Maka dari itu, pembaca bisa mempelajari dan memahami sifat dan sikap (akhlak) Nabi Muhammad SAW dalam kegiatan sehari-hari.

2. 165 SHALAWAT NABI

Buku ini berisi 165 shalawat kepada baginda Rasulullah dengan fadhilah atau keutamaan masing-masing shalawat. Shalawat memiliki banyak makna, seperti cahaya penerang sanubari, kekuatan bagi hati, ketenangan bagi jiwa, kenikmatan bagi hidup, zakat bagi umur.

Selain itu juga jadi penghilang kesedihan dan kesusahan. Bacaan shalawat bisa mendatangkan kelapangan dada, kebahagiaan, dan kesempurnaan nikmat. Itulah sebabnya merugi bagi mereka yang tidak bersholawat.

Kamu bisa belajar berbagai bacaan sholawat dari buku 165 Shalawat Nabi yang berisi shalawat munjiyat, nariyah, syifa', husnul khatimah, lil hifzil Qur'an, taghfir, nuranniyah, dan lainnya.

3. Buku Jangan Pernah Lelah Ada Nikmat Di Setiap Shalawat

Cara paling mudah untuk meraih pertolongan Allah adalah dengan membaca shalawat. Bershalawat sebanyak mungkin dengan penuh kepasrahan dan konsisten memberi banyak manfaat. Itulah sebabnya Sholawat jadi kunci kemudahan segala hal.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Setiap shalawat yang kita baca, Allah akan membalasnya dengan 10 rahmat. Rahmat dari Allah SWT inilah yang akan membuka jalan pertolongan.

Menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti, sehingga buku Jangan Pernah Lelah Ada Nikmat Di Setiap Shalawat ini bisa jadi salah satu rekomendasi buku sholawat terbaik untuk kamu ingin mengetahui keutamaan yang ada dalam shalawat.

4. Shalawat Untuk Jiwa

Buku Shalawat untuk Jiwa ini berisi tentang manfaat psikologis bagi orang yang membaca shalawat secara rutin. Ada pula uraian mengenai bagaimana cara bershalawat yang baik dan benar menurut islam.

Pembaca akan menemukan istilah psikologi Shalawat dalam buku ini. Penulis buku ini mengurai dengan mengamati bahwa shalawat memiliki daya ubah yang luar biasa pada seseorang. Yakni mengubah sudut pandang, cara berpikir, perilaku dan perasaan seseorang.

5. The Miracle of Shalawat

Buku The Miracle of Shalawat mengajak pembaca senantiasa bershalawat dan mereguk kenikmatannya. Hal tersebut karena bersholawat membawa keselamatan. Selain itu, sholawat juga dapat mendatangkan kesuksesan.

Dengan sholawat, hidup jadi lebih bahagia. Perlu diingat bahwa keselamatan, kesuksesan, dan kebahagiaan itu bukan hanya kita peroleh di dunia, tetapi juga kelak di akhirat.

6. Shalawat untuk Sang Kekasih

Bukti cinta pada Allah dan Nabi adalah dengan sesering mungkin bershalawat kepada-Nya.. Bershalawat pada hakikatnya sedang menunjukan rasa cinta kita. Hal ini karena shalawat bisa bermakna doa.

Artinya saat bershalawat, berarti sedang mengingat, menyebut, dan mendoakan. Buku Shalawat untuk Sang Kekasih ini menjelaskan tentang pengertian shalawat menurut bahasa dan istilah, kaitan shalawat dengan rasa cinta, dan jenis-jenis shalawat.

Buku ini mengajarkan tentang agama, seberapa penting sholawat bagi umat islam dan untuk siapa pujian itu seharusnya dilafalkan.

7. Buku The Amazing Shalawat: 101 Kekuatan dan Manfaat Shalawat

Buku The Amazing Shalawat ini mengajak pembaca untuk mengingat dan mencintai Rasulullah sebagaimana beliau begitu mencintai umatnya. Penjelasan yang ada dalam buku ini disusun berdasarkan Al-Qur'anul Karim, berbagai hadits, dan argumentasi rasional.

Termasuk juga penjelasan yang didukung bukti-bukti rasional. Buku ini layak jadi rekomendasi bacaan tentang sholawat untuk siapapun yang ingin lebih mengenal Nabi Muhammad, sang Manusia Pilihan dengan bersholawat.

Nah, itulah rekomendasi buku sholawat terbaik dan terlengkap yang bisa kamu jadikan referensi belajar. Ada buku yang tertarik kamu baca? Belajar tentang sholawat tentu pengetahuan yang berharga.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com