Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Buku Cerita Dongeng Terbaik Untuk Mengisi Aktivitas Bersama Si Kecil

Kompas.com - 09/02/2023, 10:30 WIB
buku cerita dongeng terbaik Sumber: pixabay buku cerita dongeng terbaik
Rujukan artikel ini:
Dongeng 100 Kota
Pengarang: Suprapti & Temu Penulis…
|
Editor Rahmad

Membaca buku cerita dongeng menjadi salah satu cara yang dapat digunakan oleh orang tua dalam membantu meningkatkan ide, kreativitas, imajinasi, daya ingat, serta kinerja otak anak.

Membaca buku cerita dongeng juga bisa membantu anak untuk belajar membaca, fasih dalam berbicara, serta mengenal banyak hal lain dari buku.

Pada saat anak kecil, membacakan buku cerita dongeng untuk anak menjadi pilihan yang tepat.

Cobalah dengan membacakan buku cerita dongeng yang memiliki cerita menarik, penuh dengan pesan moral, serta memiliki ilustrasi gambar yang menarik.

Jadi, berikut ini rekomendasi judul buku cerita dongeng yang bisa dijadikan pilihan untuk dibaca bersama si kecil.

Rekomendasi Buku Cerita Dongeng

1. Dongeng 100 Kota

Buku Dongeng 100 Kota ini berisikan cerita dongeng yang menarik dan memiliki teladan yang baik, tentang kota-kota yang ada di Indonesia.

Sesuai dengan judulnya, buku ini terdiri atas 100 dongeng yang diceritakan Kembali oleh penulis Temu Penulis Yogyakarta.

Cerita dongeng di dalam buku ini mulai dari dongeng ayam dan ikan tongkol yang berasal dari Pekanbaru, dongeng batu berdaun dari Ambon, dan dongeng lain yang terdapat di kota-kota di Indonesia.

Buku cerita dongeng ini sangat menari, sebab buku ini bisa sekaligus mengenalkan kota-kota di Indonesia beserta dengan dongeng yang ada di dalamnya.

2. Story Telling: Dongeng Dunia

story telling menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa pada anak. Sebab, pada saat melakukan story telling, hal itu akan membantu anak untuk mendengar, mengingat kata, memperlancar bahasanya serta memahami alur dari sebuah cerita.

Buku Story Telling: Dongeng Dunia ini berisikan berbagai macam dongeng, mulai dari cerita dongeng rakyat, kerajaan, serta cerita dongeng yang memiliki banyak nilai budi pekertinya.

Jadi, bisa sekaligus menanamkan berbagai nilai serta etika pada anak, seperti nilai kejujuran, suka menolong, rendah hati, dan sebagainya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Dongeng Pertamaku: Cinderella

Cerita dongeng adalah bentuk sastra lama yang bercerita mengenai suatu kejadian yang luar biasa dan penuh dengan khayalan, sehingga dianggap oleh para masyarakat sebagai cerita yang tidak benar-benar terjadi.

Akan tetapi, di dalam cerita dongeng biasanya berisikan berbagai nilai moral.

Buku cerita Dongeng Pertamaku Level 4 Cinderella ini memiliki judul yang berbeda-beda, salah satunya adalah Cinderella. Buku cerita dongeng ini ditulis khusus untuk anak yang gemar membaca buku cerita dongeng.

Di dalam buku ini, juga dilengkapi dengan berbagai aktivitas sederhana. Buku cerita dongeng ini memiliki ilustrasi yang sangat menarik dengan teks yang sangat sederhana dan tentunya buku ini akan mudah disukai oleh anak.

4. Dongeng Pertamaku: Tiga Permintaan

Dongeng Pertamaku Level 1: Tiga Permintaan adalah buku cerita dongeng yang cocok dijadikan sebagai buku bacaan cerita dongeng anak yang ditulis khusus untuk anak-anak yang akan mulai belajar untuk membaca.

Buku cerita Dongeng Pertamaku Level 1: Tiga Permintaan ini merupakan cerita tentang permintaan Ned dan Nat. ini merupakan kisah klasik eropa yang sangat mudah untuk dibaca bersama dengan anak, maupun anak membacanya secara mandiri.

Di dalam buku cerita dongeng ini dilengkapi dengan berbagai aktivitas sederhana serta memiliki ilustrasi gambar yang sangat menarik.

5. Dongeng Seru Dunia Binatang

Buku cerita dongeng karya Kak Alang ini berisi tentang cerita dongeng para hewan yang ada di hutan belantara. Kisah di dalamnya sangatlah menarik. Mulai dari cerita dongeng buaya dan lebah, bebek ikut lomba nyanyi, anak itik yang sombong, katak dan impiannya, dan masih banyak lagi cerita dongeng hewan di dalamnya.

Selain membaca cerita dongeng tentang hewan, terdapat hikmah yang dapat dipetik dalam setiap cerita dongeng yang disajikan. Maka dari itu, buku ini sangat cocok diceritakan kepada anak sebagai pengantar tidur atau dibaca bersama dengan anak.

Cerita di dalamnya sangat seru dan bisa membawa kita untuk mengetahui kehidupan mereka yang ada di dalam hutan belantara Indonesia.

Itulah beberapa buku cerita dongeng yang bisa dijadikan bacaan untuk mengisi aktivitas bersama dengan anak. Membaca buku untuk anak memiliki banyak sekali manfaat yang akan didapatkan.

Semua buku cerita dongeng di atas, bisa langsung dipesan dan dibeli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com