Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Keutamaan Membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadan

Kompas.com - 04/04/2022, 16:00 WIB
Sumber Foto : Abdulmeilk Aldawsari dari Pexels
Rujukan artikel ini:
Iqro Qosbah Cara Cepat Membaca…
Pengarang: ALQOSBAH
Penulis Lika Purnama
|
Editor Almira Rahma Natasya

Ramadan adalah satu bulan penuh berkah yang hanya datang sekali setiap tahunnya.

Ketika bulan ini tiba, selama 29 atau 30 hari umat muslim diperintahkan untuk berpuasa dengan menahan lapar dan dahaga, sekaligus hawa nafsu lainnya.

Sebelum datangnya perintah untuk berpuasa Ramadan, Nabi Muhamamd SAW dan kaum Quraisy juga telah berpuasa pada hari Asyura, yaitu 10 Muharram, hingga turunlah surah Al-Baqarah ayat 183 tentang perintah berpuasa:

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Rasulullah SAW bersabda, bahwa Ramadan adalah bulan yang begitu istimewa karena seluruh kebaikan yang dilakukan umat muslim akan dilipatgandakan, rezeki akan banyak diberikan, dan terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Baca selengkapnya Pengertian dan Jenis Ibadah dalam Islam.

Oleh sebab itu, sudah selayaknya bulan Ramadan diisi dengan kegiatan yang penuh manfaat, seperti membaca Al-Qur’an.

4 Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadan

1. Membaca Al-Qur’an dan Berdzikir dapat Menenangkan Jiwa

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surah Al-Isra ayat 82, yang artinya:

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian.”

Selain itu, dalam QS. Ar-Ra'd ayat 28 disebutkan bahwa:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

Dari dua potongan ayat tersebut dapat diketahui bahwa Al-Qur’an bagaikan obat yang membawa kedamaian bagi orang beriman yang membacanya.

Selain itu, selalu mengingat Allah yang bisa dilakukan dengan berdzikir dan membaca Al-Qur’an juga dapat membuat hati tentram.


Baca juga: Doa Sehari-hari


2. Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari al-Qur’an maka baginya satu kebaikan, dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sepuluh kali. Aku tidak mengatakan bahwa ألم (alif laam mim) itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” - HR. Tirmidzi

Hadist tersebut menjelaskan betapa banyak pahala yang didapatkan umat muslim jika membaca Al-Qur’an.

Tak heran apabila ketika bulan Ramadhan yang juga sebagai bulan di mana Al-Qur’an turun, kita sangat dianjurkan untuk lebih banyak membacanya.

Namun sebagai umat muslim, sebaiknya tidak perlu menghitung berapa pahala yang didapatkan ketika membaca Al-Qur’an.

Ustadz Adi Hidayat, LC., MA dalam salah satu kajiannya tentang keutamaan Al-Qur’an pernah berkata, bahwa jika manusia membaca Al-Qur’an atau berbuat kebaikan dengan berhitung, maka Allah akan berikan berdasarkan hitungan, padahal hitungan manusia itu terbatas. Tapi jika manusia menjalankan segala sesuatunya tanpa menghitung seberapa banyak pahala yang ia dapatkan, maka Allah akan memberi tanpa batasan.

3. Memberikan Pertolongan di Hari Akhir

Al-Qur’an akan memberikan syafaat di hari akhir sesuai dengan Hadis Shahih yang diriwayatkan oleh imam Muslim:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

“Bacalah Al Quran, sesungguhnya Al Quran pada hari kiamat akan datang memberi syafaat kepada siapapun yang membacanya.”

Dikutip dari penjelasan yang ditulis oleh H. Subhan Nur, Lc, M.Ag dari Kementerian Agama dalam situsnya, perintah membaca Al-Qur'an juga terdapat pada hadist berikut ini:

“Barangsiapa yang membaca Al-Qur’an siang atau malam 50 ayat niscaya tidak tergolong orang-orang yang melalaikan (Al-Qur’an), dan barangsiapa yang membaca Al-Qur’an 100 ayat niscaya tergolong orang yang taat, dan barangsiapa yang membaca Al-Qur’an 200 ayat niscaya Al-Qur’an tidak akan menghujatnya pada hari kiamat.” (HR. Ibnu Sinni)

Lebih lanjut lagi, disebutkan bahwa Al-Qur'an kelak akan datang sebagai pertolongan yang menyelamatkan manusia agar tidak sampai jatuh ke api neraka meskipun ia telah diberikan “label” sebagai salah satu penghuninya.

4. Memberikan Petunjuk dan Cahaya dalam Kegelapan

Sebagai manusia, kita seringkali dilanda kebingungan, kecemasan, dan rasa sedih akan suatu hal.

Seringkali pula, tak ada siapapun manusia yang dapat diajak berbicara dan mencari penyelesaian.

Maka saat itulah Al-Qur'an datang sebagai petunjuk dan penerang bagi manusia yang berada dalam kegelapan.

Allah SWT berfirman dalam surah Ibrahim ayat 1, yang artinya:

“Alif Lam Ra. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu (Muhammad) agar engkau mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya terang-benderang dengan izin Tuhan, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Mahaperkasa, Maha Terpuji.”

Selain itu, ada pula disebutkan Al-Qur'an sebagai petunjuk dalam surah Al Baqarah ayat 2:

“Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa.”

Membaca Al-Qur'an dengan benar-benar memahami maknanya akan membuat siapapun akan kagum dengan kebesaran Allah SWT dan betapa segala petunjuk Allah berikan untuk manusia.

Itulah empat keutamaan membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadhan.

Meskipun Allah telah memberi kemudahan bahkan pahala yang tetap berlimpah meski membaca Al-Qur'an secara terbata-bata, namun tentu akan lebih baik apabila dapat lancar membacanya.

Selain mengaji pada Ustadz dan Ustadzah yang mumpuni, sumber lain yang dapat digunakan untuk belajar adalah buku.

Bagi anak-anak dan yang baru mulai membaca, buku Iqro Qosbah Cara Cepat Membaca Al-Qur'an dan Qanza : Iqra Belajar Membaca Al Qur'an mungkin dapat dicoba.

Di dalamnya lengkap berisi pengenalan huruf-huruf hijaiyah disertai latin sesuai bacaan sehingga semakin memudahkan untuk belajar.

Kemudian bagi yang sudah lancar membaca dan ingin menghafalkan Al-Qur’an, maka Al-Qur'an Hafalan Tahfiz A5 Per Juz bisa dijadikan pilihan.

Al-Qur'an ini dilengkapi dengan tajwid dan terjemahan, serta ada lima blok warna yang membagi ayat-ayat, dilengkapi dengan motivasi, tema ayat, kata kunci, dan tabel kontrol.

Nah, tunggu apa lagi? Iqro Qosbah Cara Cepat Membaca Al-Qur'an, Qanza : Iqra Belajar Membaca Al Qur'an, dan Al-Qur'an Hafalan Tahfiz A5 Per Juz kini tersedia dan dapat dibeli secara online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli semuanya dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com