Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Siklus Air? Berikut Definisi dan Manfaatnya!

Kompas.com - 19/01/2023, 12:30 WIB
pengertian siklus air dan manfaatnya Sumber: freepik pengertian siklus air dan manfaatnya
Rujukan artikel ini:
Ada Apa di Bumi? Air
Pengarang: Isabel Thomas & Pau…
|
Editor Rahmad

Apakah kamu pernah bertanya-tanya, mengapa air tidak pernah habis? Padahal ada banyak sekali aktivitas yang kita lakukan dengan menggunakan air. Mulai dari menggosok gigi, mencuci pakaian, mandi, serta air untuk kita konsumsi setiap harinya.

Dapat kita bayangkan berapa banyak air bersih yang kita butuhkan. Padahal setiap aktivitas membutuhkan air dan tidak sedikit juga dari mereka yang sampai saat ini mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Lantas, dari mana datangnya air?

Air tidak akan pernah habis akibat dari adanya siklus air, atau dikenal juga dengan sebutan siklus hidrologi. Siklus air secara sederhana merupakan siklus daur ulang air yang terjadi secara terus menerus dalam beberapa proses. Untuk penjelasan lengkap tentang siklus air, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Siklus Air?

Siklus air atau siklus hidrologi merupakan sebuah tahapan peristiwa yang terjadi pada air dari lapisan atmosfer sampai kembali lagi ke bumi melalui beberapa tahapan. Tahapan siklus air ini terdiri dari tahapan kondensasi, presipitasi, evaporasi, transparansi, dan infiltrasi.

Siklus air ini terjadi secara terus-menerus tanpa memiliki akhir secara berulang. Proses daur air ini sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Mengutip dari buku Mengenal Alam Sekitar, yang disusun oleh Edi Tarwoko (2009), siklus air merupakan suatu rangkaian pendauran atau perputaran air dari bumi, ke atmosfer, lalu kembali lagi ke bumi.

Uniknya, pada siklus air ini kuantitas air pada dasarnya tetaplah sama. Jumlah air dalam sirkulasi tetap konstan, tetapi dalam penyebaran atau distribusinya berbagai proses yang mengalami perubahan.

Setelah memahami definisi tentang siklus air, lalu apakah kamu sudah mengetahui manfaat siklus air bagi kehidupan? Berikut ini adalah manfaat siklus air bagi kehidupan.

Manfaat Siklus Air

pengertian siklus air dan manfaatnya pengertian siklus air dan manfaatnya

1. Menjaga ketersediaan air

NASA Global Precipitation Measurement mengatakan bahwa siklus air adalah proses yang sangat penting karena menjaga ketersediaan air untuk semua organisme yang hidup. Siklus air bermanfaat untuk bisa menjaga ketersediaan air bersih dengan jumlah yang terbatas di bumi (kebanyakan air di bumi adalah air garam yang tidak bisa untuk diminum).

Siklus air mendaur ulang secara alami, sehingga air akan tetap tersedia di bumi. Tanpa adanya siklus air ini, maka bumi mungkin sudah tidak memiliki pasokan air bersih lagi dan bisa menjadi tempat yang sulit untuk ditinggali oleh makhluk hidup.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Mendistribusikan air ke seluruh bumi

Manfaat dari siklus air adalah untuk mendistribusikan air ke seluruh permukaan bumi walaupun tidak merata. Dengan adanya siklus air, maka hampir semua tempat yang ada di permukaan bumi ini mendapatkan air melalui hujan, limpasa, aliran sungai, serta mata air yang terisi melalui hujan.

Jadi, tanpa adanya siklus air, maka makhluk hidup yang hanya ada di permukaan rendah (dekat dengan laut) saja yang memiliki pasokan air. Sedangkan, permukaan bumi yang tinggi akan kesulitan untuk bisa mendapatkan air.

3. Membersihkan permukaan bumi

Manfaat siklus air yang selanjutnya adalah untuk membersihkan permukaan bumi. Hujan yang turun karena adanya siklus air, mampu membersihkan permukaan bumi yang dilewati dari berbagai debu, kotoran, serta partikel lainnya.

4. Mendinginkan bumi

Air mempunyai sifat pendinginan karena mampu menyerap panas. Siklus ai bisa memberikan efek pendinginan bumi dengan cara memerangkap panas dari sinar matahari. Jika tidak ada siklus air, maka bumi akan menjadi jauh lebih panas dan pemanasan global juga bisa semakin meningkat.

Tanpa adanya air, maka manusia, hewan, serta tumbuhan sulit untuk bertahan hidup di bumi. Untuk mempelajari lebih jauh lagi tentang siklus air, kamu bisa membaca buku Ada Apa di Bumi? Air. Buku karya Isabel Thomas & Pau Morgan ini berisi tentang siklus air serta cara memanfaatkan dan juga menghemat air.

Buku yang terdiri dari 64 halaman ini memuat fakta-fakta sains yang sangat menarik. Selain itu, buku ini juga mengajak kamu untuk menjelajah dunia dengan cara yang lebih menyenangkan, sehingga buku ini mudah untuk dipahami terutama untuk anak-anak.

Segera dapatkan bumu Ada Apa di Bumi? Air ini dengan memesannya secara online melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com